Advertorial

Dukung Sustainable Fashion, Stylo Indonesia bersama YOU Beauty Gelar Kampanye #AmanahHijab

Kompas.com - 14/04/2023, 10:34 WIB

KOMPAS.com – Menyemarakkan semangat berbagi Ramadhan, Stylo Indonesia bersama YOU Beauty mengadakan kampanye #AmanahHijab sebagai dukungan terhadap fesyen berkelanjutan atau sustainable fashion.

Mengusung tema "Berbagi Hijab, Merajut Harap", kampanye tersebut terdiri dari dua pilar utama, yaitu Fashion Charity dan Fashion Sustainability.

Pada pilar Fashion Charity, Stylo Indonesia mengajak masyarakat untuk memilah produk bekas layak pakai untuk didonasikan ke perempuan yang membutuhkan.

Sementara itu, pilar Fashion Sustainability yang telah fokus digaungkan Stylo Indonesia selama satu tahun terakhir mengajak seluruh perempuan mendukung eco-fashion dan zero waste demi mengurangi limbah fesyen.

Founder dan Head of Stylo Indonesia sekaligus Head of Fashion Beauty Grid Network Idho Nugroho mengatakan bahwa kampanye tersebut mengacu pada data dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Republik Indonesia (RI).

Berdasarkan data tersebut, sedikitnya terdapat 20 juta penduduk Indonesia yang menggunakan hijab. Angka ini termasuk audiens Stylo Indonesia yang 85 persen di antaranya menggunakan hijab.

Pria yang juga menjadi penggagas gerakan #AmanahHijab itu juga menuturkan bahwa minat masyarakat yang tinggi terhadap busana muslim mendorong perkembangan industri fast fashion.

Sebagai informasi, fast fashion merupakan model pakaian trendi yang diproduksi secara cepat untuk menyesuaikan konsep mode yang terus berganti.

Sayangnya, industri tersebut memberikan efek buruk bagi lingkungan. Sebut saja, pencemaran dari limbah pewarna, pemanasan global karena dampak penggunaan poliester, dan penurunan kualitas tanah akibat penggunaan pestisida kapas.

“Sejatinya, gerakan #AmanahHijab merupakan pelengkap dari kampanye utama Stylo Indonesia, yaitu #SemuaBisaCantik, #StopBeautyShaming, serta konten kreatif #PertamaKaliBerhijab yang telah digaungkan sejak 2018,” tuturnya dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Kamis (14/4/2023).

Adapun gerakan tersebut bertujuan untuk memberikan kesempatan yang sama bagi seluruh perempuan Indonesia, khususnya yang berkekurangan, untuk dapat mengenakan hijab dari berbagai brand dalam kondisi bagus dan layak pakai

Idho pun berterima kasih kepada berbagai pihak yang telah mendukung kampanye #AmanahHijab, yakni YOU Beauty, QnC Laundry serta partner media nasional lainnya, yaitu Kompas TV, Kompas.com, Tribunnews.com, Grid.ID, dan CewekBanget.ID.

Ia berharap, gerakan tersebut tak hanya berlangsung saat Ramadhan, tetapi juga terus dilakukan secara berkala sebagai flagship branding movement eksternal Stylo Indonesia.

Pada kesempatan sama, Public Relation (PR) dan Marketing Communication YOU Beauty Nurul Fajrini mengatakan bahwa YOU Beauty sebagai jenama kecantikan di Indonesia yang memiliki kedekatan dengan perempuan, pihaknya berkomitmen untuk hadir dalam segala momen, termasuk saat Ramadan.

Dukungan YOU Beauty pada kampanye #AmanahHijab diharapkan dapat mendorong jenama kecantikan lain untuk ikut serta berbagi kebahagiaan kepada masyarakat Indonesia yang membutuhkan.

“Senada dengan kampanye Ramadan YOU Beauty, yakni #WouldYouLoveYou, kami mendukung Stylo dalam memberikan kebahagiaan bagi perempuan lain untuk dapat mengenakan hijab layak pakai di Hari Raya Idul Fitri," ujar Nurul.

Ajak masyarakat ikut berdonasi hijab layak pakai

Lini masa pengumpulan donasi hijab kampanye #AmanahHijab. Dok. Stylo Indonesia Lini masa pengumpulan donasi hijab kampanye #AmanahHijab.

Stylo Indonesia dan YOU Beauty mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk turut berdonasi hijab bekas layak pakai. Adapun periode donasi dimulai sejak Senin (20/3/2023) hingga Kamis (20/4/2023).

Sebelum didistribusikan kepada masyarakat sasaran, seluruh donasi hijab yang diterima akan melalui proses cleaning dan packaging yang didukung oleh QnC Laundry. Langkah ini dilakukan agar hijab yang diterima higienis dan layak pakai.

Adapun proses distribusi hijab layak akan dilakukan pada Mei 2023. Donasi ini akan ditujukan kepada Sekolah Dasar (SD) Yayasan Beribu, Bandung, Jawa Barat; Yayasan Amal Khair Yasmin, Jakarta; dan sejumlah madrasah di bilangan Jakarta Barat.

Apabila Anda ingin turut serta dalam kampanye tersebut, silakan kirimkan hijab layak pakai ke Studio Green KompasTV di Jalan Palmerah Selatan, Nomor 1, RT002/RW002, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, 10270.

Lalu, sertakan Stylo Indonesia Amanah Hijab sebagai nama penerima paket dan cantumkan info kontak dengan nomor 081321766307. Pastikan hijab yang kamu kirim terbungkus rapi, ya.

Alamat pengumpulan donasi hijab. Dok. Stylo Indonesia Alamat pengumpulan donasi hijab.

Bagi Anda yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya, paket donasi hijab juga dapat diantarkan langsung ke beberapa titik dropbox #AmanahHijab.

Adapun sejumlah titik tersebut meliputi Lobby Menara Kompas, Palmerah, Jakarta Barat; Lobby Studio Green KompasTV, Gedung KG Media Palmerah Barat, Jakarta Barat; dan Lobby Gedung KG Media Palmerah Selatan, Jakarta Barat.

Anda juga bisa menyalurkan produk pada acara Event Fashion Day yang tengah digelar hingga Rabu (19/4/2023) di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

Idho berharap, gerakan #AmanahHijab bisa membuat jiwa berbagi perempuan Indonesia dapat terdorong, walaupun hanya lewat sehelai hijab.

"Dengan niat yang tulus, kami yakin bahwa semua perbuatan baik bisa dimulai dari hal kecil. Semoga gerakan ini dapat menginspirasi sekaligus memotivasi perempuan Indonesia untuk bisa berbagi sekaligus menjaga lingkungan sekitar," ujarnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com