Advertorial

Ini 4 Hal yang Wajib Dipertimbangkan Sebelum Membeli TV LED Anyar

Kompas.com - 14/04/2023, 14:18 WIB

KOMPAS.com - Televisi (TV) merupakan salah satu perangkat elektronik yang dimiliki oleh sebagian besar orang. Selain berfungsi sebagai perangkat hiburan dan sumber informasi, TV juga dapat dioptimalkan sebagai dekorasi interior rumah.

Saat ini, terdapat berbagai jenis TV yang tersedia di pasaran. Teknologi tersemat pada perangkat ini pun semakin canggih dan beragam. Adapun jenis TV yang paling banyak diminati berbagai kalangan adalah TV pintar atau smart TV.

Namun, saking banyaknya pilihan yang tersedia, tak sedikit orang kerap kebingungan dalam memilih TV yang ideal. Agar tak bingung, berikut empat hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli TV anyar.

  1. Sesuaikan dengan bujet

Aspek pertama yang perlu dipertimbangkan adalah bujet atau kemampuan finansial. Hal ini penting karena akan menentukan kategori TV yang hendak dibeli.

Bila Anda memiliki anggaran besar, tak ada salahnya memilih TV yang ditawarkan oleh brand kenamaan. Biasanya, TV yang dibanderol dengan harga tinggi memiliki kualitas yang terjamin, berbagai fitur tambahan, ukuran layar besar, dan resolusi tinggi.

Namun, bagi Anda yang memiliki bujet terbatas, tak ada salahnya membeli TV kelas entry level yang relatif terjangkau. Pasalnya, tak sedikit pula TV kelas entry level yang memiliki kualitas mumpuni.

  1. Resolusi layar

Dilansir dari lifewire.com, Kamis (5/5/2022), aspek yang tak kalah penting untuk dipertimbangkan soal kualitas TV adalah resolusi layar.

Untuk diketahui, sebagian besar TV yang dijual di pasaran terdiri dari tiga resolusi, yaitu 1080p, 4K, dan 8K. Adapun TV 1080p memiliki resolusi 1920 x 1080 piksel, sedangkan TV 4K memiliki resolusi yang lebih besar, yaitu 3840 x 2160 piksel.

Sementara itu, TV 8K yang tergolong kelas high-end memiliki dimensi gambar yang jauh lebih tinggi, yaitu 7680 x 4320 piksel.

Dari ketiga kategori tersebut, TV yang paling banyak dilirik adalah TV dengan resolusi 4K. Berada di kategori menengah, TV 4K nyaman untuk dinikmati dengan jarak duduk sekitar 1 meter tanpa perlu khawatir kehilangan kualitas gambar.

Tidak hanya itu, sejumlah TV 4K juga telah dilengkapi dengan layanan streaming, aplikasi, dan konten menarik.

  1. Jenis layar

Hal berikutnya yang wajib dipertimbangkan adalah jenis layar. Sedikitnya, ada dua jenis layar TV yang tersedia di pasaran, yaitu liquid crystal display (LCD) dan light emitting diode (LED).

Untuk diketahui, TV dengan layar LCD memiliki kualitas yang baik, mulai dari jangkauan pandangan, kualitas gambar, hingga suara. Sementara, TV layar LED cocok digunakan di hampir semua ruangan, mulai dari yang kecil hingga besar, tergantung ukurannya.

Berdasarkan jenis layar tersebut, Anda bisa menentukan mana yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan.

  1. Pilih brand terpercaya

Memilih brand juga menjadi salah satu pertimbangan penting sebelum membeli TV idaman. Aspek ini bisa menjadi filter terakhir setelah Anda menentukan bujet dan kualitas resolusi TV yang dikehendaki.

Upayakan untuk memilih brand TV yang sudah besar dan terpercaya. Sebab, mereka umumnya menawarkan produk serta layanan purnajual yang telah teruji kualitasnya untuk menjamin kepuasan konsumen.

Itulah empat hal yang dapat Anda pertimbangkan sebelum membeli TV baru. Dengan pertimbangan tersebut, Anda tak perlu bingung lagi dalam memilih TV yang tepat sesuai kebutuhan.

Untuk mendapatkan perangkat TV berkualitas, kamu bisa berbelanja di Tokopedia. Pasalnya, lokapasar atau marketplace ini menawarkan berbagai pilihan perangkat TV, termasuk TV LED.

Soal harga pun Anda tak perlu khawatir. Pasalnya, Tokopedia menghadirkan beragam variasi TV LED berteknologi andal dengan harga terjangkau.

Sakura TV LED 24 inch, misalnya, dibanderol seharga Rp 849.000. Demikian pula TV LED 24 inch dari Sharp ditawarkan seharga Rp 1.425.000 dan TV LED 24 inch Polytron seharga Rp 1.599.000. Selain kedua jenama tersebut, tersedia pula TV dari Changhong, TCL, Samsung, dan Toshiba.

Ada pula TV LED 32 inch yang dibanderol mulai dari Rp 1.335.000, RP 1.799.000, hingga 2.439.000.

Sementara, TV LED 42 inch dapat dibeli mulai dari harga Rp 2.999.000 hingga Rp 3.899.000. Berbagai jenama kenamaan yang menawarkan TV LED 42 inch di Tokopedia, di antaranya Sharp, Akari, dan Aqua Japan.

Tunggu apa lagi? Segera kunjungi Tokopedia dan miliki perangkat TV idaman di rumah sekarang juga.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com