Advertorial

5 Marketplace Terbaik untuk Berbelanja Online, Mana Favorit Pengguna?

Kompas.com - 14/04/2023, 16:28 WIB

KOMPAS.com – Belanja telah menjadi kebiasaan bagi banyak orang. Lewat berbelanja, kamu bisa mendapatkan berbagai barang kebutuhan dan barang favorit, mulai dari perlengkapan rumah tangga, kecantikan, hingga olahraga.

Di tengah perkembangan teknologi, aktivitas berbelanja tak lagi hanya dilakukan secara langsung, misalnya di pusat perbelanjaan. Kini, masyarakat bisa dengan mudah berbelanja secara online lewat marketplace.

Kemudahan itu membuat masyarakat dapat berbelanja kapan dan di mana saja hanya menggunakan smartphone. Saat berbelanja di marketplace pun, kamu tidak perlu lagi pusing mencari tempat parkir, berjalan jauh, atau berpenampilan rapi hanya untuk berbelanja.

Namun, berbelanja di marketplace membutuhkan ketelitian. Kamu harus mengetahui setiap detail produk dan review pengguna untuk mengetahui kualitas dan keaslian produk tersebut.

Selain itu, pastikan juga untuk selalu berbelanja di marketplace terbaik. Berikut adalah 5 rekomendasi marketplace terbaik yang bisa kamu pilih untuk berbelanja online secara mudah dan aman.

  1. Shopee

Shopee merupakan marketplace asal Singapura dan memulai ekspansinya di Indonesia pada 2015. Saat ini, Shopee memiliki lebih dari 127 juta pengguna dari berbagai negara.

Kamu dapat menemukan banyak produk di marketplace terbaik itu, mulai dari produk rumah tangga, makanan, kecantikan, perkakas, hingga mainan. Semua produk ini tersedia di berbagai daerah di Indonesia dengan harga terjangkau. Pengguna pun dapat berbelanja di Shopee bahkan saat berada di daerah terpencil. Marketplace ini juga menyediakan pengiriman hingga ke luar negeri.

Kelebihan lain yang ditawarkan Shopee adalah metode pembayarannya yang beragam. Pengguna dapat berbelanja menggunakan kartu kredit, kartu debit, bayar di tempat atau cash on delivery (COD), SPayLater, dan ShopeePay.

Saat berbelanja, pengguna bisa mendapatkan voucer potongan harga, gratis ongkos kirim (ongkir), potongan dari Shopee Koin, dan voucer cashback.

Marketplace terbaik itu pun kerap mengadakan acara menarik setiap bulan. Lewat acara ini, pengguna berkesempatan mendapatkan hadiah mulai dari emas, motor, hingga smartphone.

Kemudian, Shopee juga menyediakan beragam permainan yang dapat dimainkan pengguna di waktu senggang.

Shopee juga merupakan marketplace terbaik pertama yang menyediakan fitur Shopee Tanam. Melalui fitur ini, pengguna dapat bermain menanam tumbuhan. Saat panen, pengguna akan mendapatkan Koin Shopee yang bisa digunakan saat berbelanja.

  1. Lazada

Marketplace yang didirikan oleh Rocket Internet dan Pierre Poignant pada 2012 ini mulai melakukan ekspansi ke seluruh Asia Tenggara, seperti Indonesia, Singapura, Thailand, Vietnam, Malaysia, dan Filipina, pada 2014.

Di Lazada, kamu dapat menemukan berbagai macam produk dengan harga terjangkau. Tampilan website Lazada pun cukup bersahabat dan mudah dipahami pengguna baru.

Untuk pembayaran, pengguna bisa memilih berbagai metode, seperti COD, kartu debit, dan kartu kredit. Pengguna juga bisa menikmati berbagai diskon yang tersedia.

  1. Blibli

Blibli merupakan marketplace yang didirikan oleh Djarum Group. Marketplace ini memiliki lebih dari 19 juta pengguna di seluruh Indonesia.

Kategori produk yang paling sering dicari di Blibli adalah elektronik, fesyen, makanan, dan kecantikan. Pengguna dapat berbelanja pada lebih dari 16.000 toko di 300 kota di Indonesia melalui marketplace ini.

Salah satu kelebihan Blibli adalah pengguna tidak akan menemukan toko atau penjual palsu. Pasalnya, Blibli menerapkan kebijakan ketat untuk menjamin keaslian dan kualitas barang yang dijual.

Marketplace tersebut pun selalu memperbarui fitur-fitur di aplikasinya sehingga pengguna dapat berbelanja dengan mudah.

  1. Tokopedia

Tokopedia disebut telah memiliki lebih dari 100 juta pengguna di seluruh Indonesia. Pengguna dapat berbelanja berbagai produk di marketplace ini, mulai dari fesyen, makanan, perkakas, hingga furnitur estetis.

Adapun penjual Tokopedia juga didominasi oleh pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang tengah mengembangkan usahanya.

Tokopedia pun telah bekerja sama dengan Gojek sehingga pengguna bisa menggunakan GoPay sebagai metode pembayaran. Kerja sama ini memungkinkan pengguna untuk dapat bertransaksi pada dua platform sekaligus menggunakan satu dompet digital.

  1. Bukalapak

Bukalapak memiliki lebih dari 34 juta pengguna di seluruh Indonesia. Marketplace ini berdiri pada 2010 dan memiliki lebih dari 6 juta merchant dengan berbagai produk terjangkau.

Marketplace itu juga menghadirkan berbagai metode pembayaran, seperti COD, kartu kredit, paylater, dan kartu debit. Dengan demikian, pengguna dapat berbelanja dengan mudah dan aman.

Selain itu, produk yang tersedia di Bukalapak pun telah melewati tahapan verifikasi yang ketat guna menjamin kualitas dan keaslian produk yang dijual.

Itulah lima marketplace terbaik untuk belanja online dengan mudah dan aman. Kamu dapat mengunduh berbagai aplikasi marketplace tersebut di PlayStore bagi pengguna Android atau AppStore bagi pengguna Apple.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com