Advertorial

Ingin Jadi TikTok Affiliate? Begini Cara Kerja dan Komisi yang Bisa Didapat

Kompas.com - 15/04/2023, 10:11 WIB

KOMPAS.com - Sebagai platform media sosial berbagi video pendek populer di dunia, TikTok terus berinovasi. Salah satunya adalah dengan program TikTok Affiliate.

Melalui program tersebut, influencer TikTok dapat membagikan link atau tautan yang mengarahkan ke suatu produk. Nah, produk ini dapat dibeli oleh seluruh pengikutnya.

Setiap pembelian produk melalui tautan yang dibagikan itu, influencer TikTok akan mendapatkan komisi. Tawaran menarik ini pun membuat program TikTok Affiliate diikuti oleh para influencer TikTok.

Lantas, apa itu influencer TikTok? Untuk diketahui, influencer TikTok adalah pengguna TikTok yang memiliki pengikut ratusan ribu hingga jutaan.

Karena punya pengikut besar, mereka bisa memengaruhi dan mengajak pengikutnya membeli produk yang direkomendasikan melalui tautan TikTok Affiliate.

Penasaran dengan program TikTok Affiliate? Anda pun bisa bergabung dengan program TikTok Affiliate sehingga bisa turut merasakan keuntungan komisi. Berikut adalah cara kerja dan komisi yang bisa didapatkan.

Cara Kerja TikTok Affiliate

Program tersebut memiliki cara kerja yang cukup sederhana, yakni membagikan tautan produk pada unggahan video pendek TikTok agar dapat menarik pengikut untuk mengklik serta membeli produk.

Pada dasarnya, terdapat empat pihak yang terlibat dalam program TikTok Affiliate. Pertama, merchant selaku pihak yang memiliki produk untuk dijual di platform TikTok.

Kedua, affiliate network sebagai pihak penghubung antara affiliate marketer dan merchant. Biasanya, ada beberapa merchant yang berkolaborasi dengan affiliate network untuk membentuk katalog produk. Katalog ini kemudian dibagikan kepada affiliate marketer.

Ketiga, affiliate marketer atau influencer. Pihak inilah yang memasarkan produk-produk merchant kepada pengikutnya melalui video yang diunggah di TikTok.

Keempat, consumer. Pihak ini adalah pengguna platform TikTok yang membeli produk merchant melalui tautan atau kode yang dibagikan affiliate marketer.

Untuk diketahui, tautan produk tidak hanya bisa disematkan pada video. Affiliate marketer bisa menautkannya pada bio profil di akun miliknya.

Agar maksimal dan sukses menjadi affiliate marketer di TikTok Affiliate, Anda bisa menerapkan beberapa cara berikut.

  1. Pasang link produk merchant di bio akun TikTok Anda
  1. Gunakan kode kupon yang tersedia
  1. Sematkan tautan di konten video TikTok yang Anda buat
  1. Gunakan media sosial lain untuk menyematkan link produk merchant TikTok Affiliate
  1. Memanfaatkan aplikasi Linktree
  1. Pakai iklan berbayar TikTok agar bisa dilihat banyak pengguna

Anda juga bisa melakukan beberapa metode agar konten yang dibuat bisa dibaca sebagai konten prioritas pada algoritma TikTok sehingga trending dan dilihat lebih banyak pengikut.

Pertama, fokus pada konten yang subkultur atau niche. Kedua, buat video berdurasi pendek dan klimaks pada beberapa detik di awal. Ketiga, gunakan tagar yang populer di TikTok. Keempat, pakai audio yang sedang trending di TikTok. Kelima, sematkan teks menarik yang relevan dengan video.

Komisi TikTok Affiliate

Besaran jumlah komisi yang didapatkan affiliate marketer tidak bisa diperkirakan. Sebab, hal ini ditentukan oleh para merchant. Biasanya, merchant memberikan komisi dalam bentuk persentase berdasarkan produk yang berhasil dijual lewat link afiliasi.

Umumnya, persentase komisi yang diberikan sekitar 5 sampai 10 persen dari harga produk yang terjual. Semakin besar persentase produk yang dijual, maka komisi TikTok Affiliate yang didapat akan semakin besar pula.

Untuk diketahui, para TikTok Affiliate dapat melihat besaran komisi yang didapatkan dalam bentuk rupiah. Berikut adalah cara untuk melihat besaran komisi yang telah didapatkan.

  1. Masuk ke aplikasi TikTok
  1. Pilih akun yang telah terdaftar dalam program TikTok Affiliate
  1. Ketuk menu profil
  1. Ketuk ikon keranjang dan tombol masuk
  1. Lalu, masuk ke dasbor TikTok Shop
  1. Ketuk “Tambahkan Produk Afiliasi”
  1. Ketuk kategori produk yang diinginkan
  1. Lalu produk yang telah ditambahkan akan menampilkan harga dan persentase komisi afiliasi

Selain langkah di atas, Anda juga bisa memilih metode lain, yaitu masuk di dasbor TikTok Shop, pilih Manage Products. Kemudian, produk yang telah ditambahkan akan menampilkan keterangan persentase perolehan komisi afiliasi dan harga produk.

Demikian penjelasan seputar TikTok Affiliate yang bisa Anda ketahui. Selain TikTok, terdapat banyak jenis afiliasi lain, seperti Shopee Affiliate dan Lazada Affiliate. Masing-masing jenis afiliasi ini memiliki keunggulan tersendiri. Afiliasi mana yang ini Anda coba?

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com