Advertorial

5 Rekomendasi Menu Buka Puasa Menyehatkan khas Indonesia

Kompas.com - 15/04/2023, 22:13 WIB

KOMPAS.com - Menu buka puasa yang sehat dan lezat tidak selalu harus berasal dari luar negeri.

Sebagai negara dengan beragam rempah dan bahan makanan yang melimpah, Indonesia memiliki banyak pilihan menu buka puasa yang sehat dan dapat memenuhi kebutuhan gizi. 

Hidangan nusantara tersebut cocok untuk Anda yang #BeraniBanyakMau, terutama bagi yang seharian berpuasa dan tengah mencari santapan untuk melepas rasa lapar dan dahaga.

Selain menggugah selera, hendaknya makanan untuk buka puasa juga terdiri dari makanan dan minuman yang menyehatkan.

Ingin tahu apa saja? Berikut 5 rekomendasi menu buka puasa menyehatkan khas Indonesia.

  1. Gudeg

Gudeg merupakan makanan asli Indonesia, tepatnya khas Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda. Nangka ini dimasak dengan santan dan rempah-rempah, seperti daun salam, lengkuas, bawang merah, dan bawang putih. 

Selain rasanya yang lezat, gudeg juga diketahui sebagai makanan sehat karena kandungan nutrisi yang terdapat pada bahan-bahannya.

Nangka muda sebagai bahan dasar gudeg, kaya akan serat, vitamin, dan mineral, seperti kalium, magnesium, dan mangan yang penting bagi kesehatan tubuh.

Ditambah lagi, bahan-bahan rempah yang digunakan juga memiliki manfaat kesehatan, seperti daun salam yang dapat membantu melancarkan pencernaan.

Dengan banyak manfaat gudeg, makanan bercita rasa manis dan gurih ini bisa menjadi salah satu menu pilihan saat berbuka puasa.

  1. Urap jawa

Urap jawa menjadi salah satu makanan tradisional berbahan sayuran yang tak kalah gurih dan nikmat untuk menu buka puasa yang menyehatkan.

Anda bisa membuat urap jawa, yang terdiri dari bayam, wortel, toge, kol, kacang panjang, dengan campuran kelapa parut muda.

  1. Pecel sayur

Siapa yang tak kenal dengan pecel sayur? Makanan asli Indonesia ini terdiri dari berbagai macam sayuran ditambah bumbu kacang yang gurih, pastinya bisa jadi menu buka puasa yang sehat dan lezat.

  1. Pepes ayam

Kalau bosan dengan menu sayuran, Anda bisa jadikan pepes ayam sebagai menu buka puasa yang menyehatkan.

Jika biasanya hidangan ayam pada saat berbuka digoreng ataupun dibakar, pepes ayam lebih minim kolesterol jahat dan kaya akan nutrisi dari bumbu rempah. Pastikan Anda untuk mencobanya!

  1. Binte biluhuta

Binte biluhuta adalah sup tradisional yang berasal dari Provinsi Gorontalo. Arti harfiah dari binte adalah jagung, sedangkan biluhuta berarti disiram. Makanan yang juga dikenal dengan nama milu siram ini terdiri dari jagung yang disiram dengan kuah. 

Binte biluhuta memiliki kandungan gizi yang tinggi karena kombinasi antara jagung, kemangi, ikan cakalang asap, dan udang.

Namun, jika sulit mendapatkan ikan cakalang asap, Anda dapat menggantinya dengan ikan laut panggang, seperti ikan kuwe, ikan tongkol, atau ikan kembung.

Selain lima rekomendasi menu di atas, menu praktis dan sehat untuk buka puasa yang tak boleh ketinggalan adalah es buah. Es buah adalah minuman segar yang terdiri dari berbagai macam buah segar.

Jika aktivitas Anda terlalu padat hingga tidak punya waktu untuk memasak dan menyiapkan menu buka puasa sendiri, tak perlu khawatir. Ada banyak warung yang menyediakan berbagai menu makanan sehat di mana saja. 

Namun, jika Anda terlalu sibuk hingga kadang sampai lupa belum tarik tunai uang dari Anjungan Tunai Mandiri (ATM) jangnlah risau. Pasalnya, kini Anda bisa melakukan transaksi pembayaran menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Bagi yang sudah memiliki Tabungan BRI BRitAma, Anda bisa memakai QRIS karena sudah tersedia di BRImo. 

Belum punya Tabungan BRI BritAma? Langsung saja, unduh dan install BRImo untuk kemudian buat akun Tabungan BRI BritAma dari rumah, bisa sambil rebahan tak perlu repot datang ke bank.

Belanja apa saja lebih mudah pakai BRImo

Nasabah Tabungan BRI BritAma semakin dimanjakan dengan kemudahan transaksi untuk membeli berbagai kebutuhan berbuka puasa menggunakan QRIS via BRImo.

Jadi, jika Anda ingin mentraktir rekan kerja atau keluarga untuk buka bersama tidak perlu lagi repot-repot tarik tunai dulu ke ATM. Cukup siapkan BRImo dan langsung scan pembayaran QRIS, mudah bukan?

Transaksi menggunakan aplikasi BRImo juga lebih aman dibandingkan dengan transaksi secara tunai atau cash karena mengurangi kontak fisik.

Selain itu, proses transaksi juga lebih cepat dan mudah karena hanya perlu scan kode QR.

Tunggu apalagi? Segera unduh dan install aplikasi BRImo melalui link Playstore, AppStore atau AppGallery sekarang. Anda bisa langsung membuat rekening Tabungan BRI BritAma dan menggunakan berbagai fitur unggulannya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com