Advertorial

Central Market PIK Jadi Eco-Lifestyle Hub Pertama yang Meraih EDGE Advanced Green Building Certificate

Kompas.com - 16/04/2023, 14:53 WIB

KOMPAS.com – Berlokasi di jantung kawasan Golf Island Pantai Indah Kapuk (PIK), Central Market PIK merupakan eco-lifestyle hub berkonsep ramah lingkungan yang menerapkan teknologi hijau.

Mengusung tema “everything for everyone at a central location”, destinasi one-stop shopping itu menawarkan pengalaman baru dalam berbelanja melalui berbagai fasilitasnya, seperti supermarket, edible garden, food and beverages (F&B), ritel, toko buku, area bermain anak, rooftop pet playground, kafe, hingga spot hangout.

Adapun setelah memenangkan penghargaan bergengsi sebagai Best Retail Architectural Design dari PropertyGuru Asia Property Awards pada 2021, kini Central Market PIK berhasil mendapatkan Green Building Certificate dari International Finance Corporation-World Bank Group dan Green Building Council Indonesia (GBCI).

Berkat capaian tersebut, Central Market PIK menjadi bangunan retail pertama di Indonesia yang bersertifikat EDGE Advanced Preliminary Certificate.

Central Market PIK sendiri di desain dengan menerapkan konsep berkelanjutan (sustainable living) dengan tenaga panel surya dan sistem ventilasi silang alami. Desain biofilik juga diterapkan untuk menciptakan perpaduan yang harmonis antara arsitektur bangunan, alam, pencahayaan natural, sirkulasi udara yang baik, dan kenyamanan pengunjung.

Penerapan teknologi hijau juga semakin dipertegas dengan tampilnya elemen ruang terbuka, kebun vertikal, dan kanopi hijau untuk memberikan suasana sejuk.

Disamping itu, PTI Architects, sebagai arsitek utama kawasan tersebut, menggunakan material berkelanjutan (sustainable materials) dalam pembangunannya, seperti bebatuan alami dan kayu reklamasi yang ramah lingkungan dari Milan Ecowood, teraso, terakota, komposit kayu-plastik (WPC), serta penggunaan warna earth-tone yang menciptakan suasana hangat.

Tak hanya itu, penggabungan aspek sustainable, seperti daur ulang, penampungan air hujan, dan langkah-langkah penghematan energi juga diterapkan. Dengan demikian, eco-lifestyle hub itu dapat menghemat sekitar 51 persen penggunaan energi, 44 persen embodied energy pada material bangunan, dan 23 persen penggunaan air.

Penyerahan EDGE Advanced Certificate dan plakat apresiasi bagi para kolaborator Central Market PIK. dok. Agung Sedayu Group Penyerahan EDGE Advanced Certificate dan plakat apresiasi bagi para kolaborator Central Market PIK.

Semua upaya itu dapat terwujud berkat kolaborasi yang solid antara Amantara dengan PTI Architects, Bitte Design Studio (interior designer), Eco Mantra (sustainability consultant), Grow Little Garden (landscape designer), dan SOSJ Design Bureau & Consultancy (branding consultant).

Director of Operating Units Amantara, Agung Sedayu Group Anwar Salim mengatakan, Central Market PIK sebagai one-stop shopping center memiliki lokasi strategis di tengah kawasan Golf Island PIK yang terintegrasi langsung dengan area hunian dan destinasi wisata lainnya.

Sesuai dengan konsepnya yang ramah lingkungan, kata Anwar, Central Market PIK turut mengedukasi pengunjung akan sustainability melalui aplikasi Environmentally Sustainable Design (ESD) termasuk Vertical & Edible Garden.

“Kami berharap seluruh pengunjung yang datang mendapatkan pengalaman menarik yang tak terlupakan dan (kami) mendapat tempat khusus di hati customer sehingga ketika berkunjung ke PIK, mereka teringat akan Central Market PIK,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (16/4/2023).

Untuk melengkapi elemen ruang terbuka, Central Market PIK turut menghadirkan pet park dan kids playground yang memungkinkan para pengunjung yang membawa anak kecil dan binatang peliharaan untuk bermain. Selain itu, amphitheater juga tersedia bagi para pengunjung untuk bersantai menikmati berbagai pilihan kuliner dari berbagai tenant F&B dan berfoto dengan berbagai dekorasi tematik yang menarik.

Director of Leasing and Commercial Amantara, Agung Sedayu Group, Sawitri Setiawan menjelaskan, para pengunjung dan residen PIK juga dapat melakukan berbagai aktivitas, mulai dari aktivitas sehari-hari hingga menyalurkan hobi mereka di Central Market PIK.

Sebab, berbagai variasi tenant turut dihadirkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan, seperti Grand Lucky, Bakerman, Gontran Cherrier, Sushi Tei, Hyde Park, Mandif Butcher, Salad Stop, Paradise Dynasty, Six Ounces Coffee, dan Super YumCha.

Kemudian, ada Ban Ban, Susuru, Demie Bakmie, Hello Seoul, Baby Dutch Pancake, Kool Kreme, Sour Sally, dan Kinokuniya Bookstore yang resmi dibuka pada Sabtu (15/4/2023).

Terkait pembukaan Kinokuniya Bookstore, CEO Commercial and Hotels Divisi 2 (Amantara), Agung Sedayu Group, Natalia Kusumo mengatakan bahwa pihaknya senang karena kehadiran toko buku tersebut semakin melengkapi Central Market PIK.

Natalia bercerita, sebagai pengunjung setia, Kinokuniya memiliki tempat spesial di hatinya. Sejak kecil, ia sering kali mengunjungi toko buku itu dan menemukan kenyamanan saat membaca buku di sana.

“Kebahagiaan kami juga semakin bertambah dengan diterimanya sertifikat EDGE Advanced karena destinasi ini menjadi sebuah neighborhood mall yang menyatukan konsep edukasi dan sustainability bagi para pengunjung dan berbagai komunitas,” ujar Natalia.

Untuk diketahui, Amantara sebagai subsidiari Agung Sedayu Group juga memfasilitasi para pengunjung yang datang ke kawasan PIK dengan aplikasi PIK Experience by Amantara. Aplikasi ini bertujuan untuk menjadi all-in-one app sehingga memudahkan pengguna saat berkunjung ke PIK.

PIK Experience sendiri merupakan sebuah aplikasi yang dihadirkan untuk menambah pengalaman baru dengan fitur-fitur unggulan, seperti loyalty program, informasi destinasi unit Amantara, hingga berita dan promo berbagai tenant yang tersedia pada unit Amantara.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com