Advertorial

Lewat Program Wisata Ramadhan, Baznas Ajak Muzaki Membatik di Kampung Batik Cibuluh

Kompas.com - 16/04/2023, 16:54 WIB

KOMPAS.com – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengajak muzaki yang terdiri dari pelajar dan masyarakat umum untuk merasakan pengalaman membatik di Kampung Batik Cibuluh, Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (15/4/2023).

Kampung Batik Cibuluh merupakan salah satu kampung binaan Baznas yang mengembangkan potensi batik serta memberdayakan masyarakat sekitar. Guna mengembangkan potensi ini, Baznas memberikan bantuan berupa pendampingan, permodalan, dan pelatihan secara intensif agar para mustahik atau orang yang berhak menerima zakat agar bisa mencapai kemandirian ekonomi.

Pada acara Wisata Ramadhan Baznas itu, Baznas turut mengajak para muzaki untuk terjun langsung menyalurkan bantuan kepada penerima manfaat, serta mengeksplorasi kebudayaan setempat.

"Alhamdulillah Wisata Ramadhan di Cibuluh bisa berlangsung dan peserta yang mengikutinya cukup banyak. Tujuan (acara ini) adalah memperkenalkan cara membuat batik kepada masyarakat juga bagaimana cara mengelola, memasarkan, dan memperkenalkan Kampung Cibuluh sebagai kampung Batik ke seluruh masyarakat," ucap Pimpinan Baznas RI, Muhamad Nadratuzzaman Hosen dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (16/4/2023).

Lebih lanjut, kata Nadratuzzaman, program Wisata Ramadhan juga menjadi salah satu bentuk kegiatan memperkenalkan budaya asli Indonesia, yaitu batik. Sebab, menurutnya, batik harus dilestarikan dan punya pangsa pasar yang besar. Selain itu, batik juga sudah menjadi pakaian nasional.

"Saya bersyukur Kota Bogor punya Kampung Batik Cibuluh yang memproduksi batik khas Bogor. Ini adalah suatu kekayaan budaya dan sosial untuk masyarakat Kota Bogor. Saya merasa, peran Baznas yang ikut mengembangkan budaya batik agar terus berkembang, terutama dalam memberdayakan para perajin. Saya juga berharap (adanya) dukungan dari pemerintah daerah maupun swasta untuk membantu perkembangan Kampung Cibuluh ini," ujarnya.

Nadratuzzaman pun berharap Pemerintah Kota Bogor bersama pemerintah daerah (pemda) dan Baznas bisa terus memperhatikan Kampung Cibuluh melalui berbagai kegiatan sehingga suatu saat Bogor bisa terkenal dengan Batik Cibuluhnya. Dengan demikian, semakin banyak masyarakat berwisata di Bogor, khususnya di Kampung Cibuluh.

Baznas memberikan bantuan dana operasional untuk Masjid Jami Mardhotillah dan Masjid Al-Muttaqin di Kota Bogor, Jawa Barat. dok. Baznas Baznas memberikan bantuan dana operasional untuk Masjid Jami Mardhotillah dan Masjid Al-Muttaqin di Kota Bogor, Jawa Barat.

Salah satu pelajar yang mengikuti acara membatik, Nazwa Amalia, mengatakan bahwa acara tersebut sangat seru dan merupakan pengalaman membatik pertama baginya. Menurutnya, kegiatan itu bagaikan refreshing di tengah kepadatan aktivitas belajar.

"Semoga kampung batik ini makin terkenal dan bisa menjadi wisata edukasi untuk pelajar. Semoga Baznas juga lebih banyak mengadakan kegiatan semacam ini karena sangat bermanfaat," kata Nazwa.

Hal senada diungkapkan Faiz Firzatulloh Firmansyah, pelajar asal Bogor. Dia mengaku takjub dengan berbagai proses membatik dan juga senang karena berkesempatan mengunjungi galeri yang ada di Kampung Batik Cibuluh.

Faiz pun berharap, ke depan, Baznas bisa terus menyelenggarakan acara serupa sehingga bisa menjadi wadah pembelajaran untuk anak-anak. Pasalnya, menurut Faiz, pengalaman dan pelajaran seperti itu belum tentu ia dapatkan di sekolah.

"Baznas memfasilitasi saya untuk mendapatkan ini semua. Semoga pada 2024, Baznas bisa mengadakan ekspedisi yang lebih seru lagi. Terima kasih banget untuk Baznas, semoga acara ini berkah," katanya.

Sebagai informasi, selain tur Wisata Ramadhan, Baznas juga memberikan bantuan dana operasional untuk Masjid Jami Mardhotillah dan Masjid Al-Muttaqin di Kota Bogor.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com