Advertorial

Siap-siap Terima Tamu, 3 Barang Berikut Wajib Dibersihkan Sebelum Lebaran

Kompas.com - 17/04/2023, 12:16 WIB

KOMPAS.com – Idul Fitri 1444 Hijriah tinggal menghitung hari. Momen ini akan menjadi waktu terbaik untuk berkumpul bersama keluarga atau kerabat di rumah.

Setelah menunaikan ibadah shalat Ied, para tamu biasanya mulai berkunjung ke rumah. Oleh sebab itu, kamu perlu bersiap menyambut mereka. Salah satunya, dengan membersihkan rumah menjelang Lebaran, terutama dari debu.

Selain membuat rumah kotor dan terkesan tak terawat, debu juga dapat mengganggu kesehatan. Hal ini membuat tamu yang hadir merasa tidak nyaman dan betah berkunjung.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa membersihkan keseluruhan rumah, mulai dari ruang tamu, ruang keluarga, kamar mandi, hingga dapur.

Kemudian, beberapa barang atau perabot rumah tangga juga perlu dibersihkan secara cermat. Berikut adalah tiga barang yang wajib dibersihkan sebelum Lebaran.

  1. Rak sepatu

Rak sepatu merupakan salah satu perabot rumah tangga yang kerap kotor serta menjadi sarang kuman dan penyakit. Selain itu, rak sepatu juga dapat berbau tak sedap.

Untuk membersihkan rak sepatu, kamu bisa menggunakan sedikit minyak siku atau pembersih kamar mandi.

Kemudian, kamu juga bisa memanfaatkan soda kue atau baking soda untuk menghilangkan bau tak sedap. Caranya, cukup taburkan soda kue ke setiap permukaan dan sudut rak sepatu. Lalu, biarkan selama 30 menit sebelum dibersihkan.

  1. Gorden

Gorden yang bersih serta rapi dapat memberikan kesan resik dan terawat pada ruangan. Untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan mesin cuci atau tangan.

Sebelum dicuci, bersihkan gorden dengan sikat penyedot debu. Jika menggunakan mesin, pastikan untuk tidak membebani mesin cuci dengan muatan berlebih.

Kemudian, jika mencuci dengan tangan, gunakan gerakan mencuci secara lembut. Kamu juga sebaiknya menghindari menggosok atau memeras agar tidak merusak kain gorden.

  1. Sofa bed

Kotoran tidak hanya memengaruhi penampilan furnitur, tetapi juga dapat mengikis serat pelapis. Jadi, langkah pertama untuk membersihkan sofa bed adalah sering menyedot debu menggunakan vakum.

Kemudian, kamu juga bisa membersihkan noda menggunakan tisu basah bayi. Tisu ini memiliki campuran air dan sabun yang lembut sehingga efektif membersihkan noda pada sofa bed, khususnya berbahan kulit, katun, atau poliester.

Saat membersihkan sofa bed, kamu juga perlu memperhatikan instruksi pabrik dan kode pembersihan kain.

Sebagai contoh, kode “W” berarti boleh menggunakan air. Sementara itu, kode “S” berarti tidak boleh menggunakan air. Jadi, kamu bisa menggunakan pelarut nonair, seperti alkohol.

Itulah tiga perabot rumah tangga yang perlu dibersihkan untuk menyambut tamu saat Idul Fitri. Agar rumah lebih nyaman, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk membeli perabot baru atau mendekorasi ulang rumah dengan desain minimalis.

Kamu dapat mendekorasi rumah dengan rak sepatu, gorden minimalis, dan sofa bed minimalis. Ketiga produk ini bisa kamu dapatkan secara mudah melalui marketplace atau lokapasar, seperti Tokopedia.

Melalui lokapasar tepercaya itu, kamu bisa membeli berbagai perlengkapan rumah tangga. Yuk, segera cek aplikasi Tokopedia kamu agar Lebaran semakin semarak!

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com