Advertorial

Selama 60 Tahun, Taspen Tumbuh Makin Besar Bersama Sumber Daya Unggul

Kompas.com - 18/04/2023, 12:11 WIB

KOMPAS.com - PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) atau Taspen berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kepada peserta di seluruh Indonesia melalui sumber daya manusia (SDM) yang unggul.

Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jaminan sosial aparatur sipil negara (ASN), pensiunan ASN, dan pejabat negara, Taspen telah berhasil meningkatkan kontribusi kepada negara dan kian memberikan layanan inovatif seiring perkembangan teknologi berkat SDM yang unggul.

Taspen memahami bahwa kualitas pelayanan dan bisnis perusahaan bergantung pada kualitas SDM. Beragam kinerja positif dan pencapaian bisnis yang diraih hingga kini juga merupakan hasil kerja sama optimal dan dedikasi tinggi dari seluruh Insan Taspen-sebutan bagi karyawan Taspen-di Indonesia.

Maka dari itu, dalam perayaan ulang tahun ke-60 perusahaan, Taspen mengusung tema “Greater with The Great Team”. Adapun perayaan ini diselenggaraan di Kantor Pusat Taspen, Cempaka Putih, DKI Jakarta, Senin (17/4/2023).

Direktur Utama Taspen ANS Kosasih mengatakan bahwa Taspen semangat hari ulang tahun ke-60, terdapat tiga hal yang penting dilakukan sebagai Insan Taspen.

Pertama, harus bersyukur bahwa Taspen taspen telah berhasil melalui banyak tantangan dalam perjalanan panjang selama 60 tahun,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (18/4/2023).

Kedua, lanjutnya, Taspen harus berubah secara lebih cepat dan masif untuk dapat meningkatkan layanan bagi para peserta. Menurutnya, dengan berubahnya seluruh Insan Taspen, maka dengan bangga pihaknya dapat menyerukan moto “Satu Taspen untuk ASN”.

Ketiga, Insan Taspen harus bertindak nyata untuk mencapai tujuan perusahaan. Seluruh rencana dan strategi tanpa tindakan nyata, hanyalah mimpi semata,” kata Kosasih.

Ia menambahkan, untuk menciptakan SDM unggul, Taspen telah melakukan transformasi bisnis dan berupaya mengoptimalkan kinerja operasional perusahaan melalui digitalisasi, antara lain melalui pengelolaan SDM melalui Human Capital Information System (HCIS).

HCIS sendiri merupakan sistem terintegrasi yang berfungsi untuk menunjang dan mengukur produktivitas kinerja SDM Taspen secara real, valid, dan reliabel. Dengan demikian, diharapkan SDM Taspen akan memiliki nilai lebih dan berdaya saing tinggi dalam menghadapi seluruh tantangan kinerja perusahaan ataupun dalam dunia industri bisnis perusahaan.

Acara peringatan HUT ke-60 Taspen. Dok. Taspen Acara peringatan HUT ke-60 Taspen.

Selain itu, Taspen secara aktif telah meningkatkan emansipasi dan melindungi karyawan perempuan di lingkungan perusahaan melalui program Srikandi Taspen. Berdasarkan data kepegawaian pada April 2023, sebanyak 20 persen Insan Taspen merupakan perempuan yang menjabat sebagai pimpinan unit kerja, baik pimpinan di kantor pusat maupun di kantor cabang.

Program Srikandi Taspen merupakan wadah dan bentuk apresiasi bagi Insan Taspen perempuan untuk terus berkarya dan mengembangkan potensi diri. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan dukungan antar-rekan kerja, meningkatkan profesionalisme, serta membangun kepercayaan diri.

Selain itu, program tersebut juga ditujukan untuk dapat menyeimbangkan peran Srikandi Taspen sebagai ibu dan istri dalam keluarga.

Dalam hal inovasi, Taspen telah berupaya untuk mengikuti perkembangan teknologi agar tetap dekat dengan ASN muda. Saat ini, tercatat 80 persen dari total karyawan Taspen merupakan generasi milenial. Beberapa di antaranya bahkan telah dipercaya menempati berbagai posisi pimpinan strategis.

Selain itu, lebih dari 18 persen jabatan Pimpinan Unit Kerja Taspen di seluruh Indonesia dipimpin oleh generasi milenial.

Taspen senantiasa berupaya meningkatkan kapasitas dan kapabilitas seluruh karyawan, antara lain dengan menyelenggarakan berbagai pelatihan skill atau sertifikasi karyawan guna mendukung proses bisnis perusahaan.

Salah satu upaya pengembangan tersebut adalah program beasiswa Taspen Employee Achievement Scholarship Program (TEACH) yang dimulai pada 2020. TEACH merupakan program beasiswa bagi Insan Taspen untuk berbagai jenjang pendidikan. Program ini kini telah diikuti sebanyak 143 Insan Taspen dari seluruh Indonesia.

Seluruh perencanaan bisnis, strategi operasional, dan adaptasi sistem kepegawaian yang dilakukan Taspen tersebut sejalan dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir dan seluruh pemangku kepentingan yang mendorong lahirnya talenta digital savvy agar mampu bersaing di masa depan.

Adapun target digital talent ready sebanyak 20 persen dari total talenta BUMN pada 2024 dapat membuka ruang bagi kesetaraan gender dan kesempatan milenial untuk memimpin BUMN.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com