Advertorial

Ingin Bayar Zakat Fitrah secara Online? Pilih Platform Aman dan Tepercaya

Kompas.com - 18/04/2023, 19:11 WIB

KOMPAS.com – Mendekati akhir Ramadhan, umat Islam memiliki kewajiban untuk membayar zakat fitrah. Hal ini bertujuan untuk menyucikan jiwa setelah menunaikan ibadah puasa pada Ramadhan.

Sebagai salah satu rukun Islam, zakat fitrah juga bertujuan untuk berbagi kebahagiaan dan kemenangan di Hari Raya Idul Fitri kepada ssama muslim, terutama mereka yang kekurangan.

Zakat fitrah hukumnya wajib dibayarkan oleh orang Islam yang telah memenuhi syarat, baik laki-laki maupun perempuan, tua ataupun muda.

Adapun syarat zakat fitrah adalah beragama Islam, merdeka (bukan budak), mempunyai harta yang cukup untuk kebutuhan sehari-hari, tidak gila, serta lahir sebelum terbenam matahari pada hari terakhir Ramadhan.

Selain uang tunai, zakat fitrah dapat dibayarkan dalam bentuk makanan pokok. Lantaran makanan pokok di Indonesia adalah beras, masyarakat dapat membayar zakat fitrah berupa beras sebanyak 2,5 kg atau 3,5 liter.

Cara menghitung besaran zakat fitrah yang dibayarkan adalah 3,5 literdi kali harga beras per liter. Jadi, jika Anda biasa mengonsumsi beras seharga Rp 10.000 per liter, jumlah zakat yang harus dibayarkan adalah 3,5 liter x Rp 10.000, yaitu Rp 35.000.

Tak hanya zakat fitrah, seorang muslim juga wajib membayar mal. Zakat ini adalah zakat yang dikenakan atas segala jenis harta yang secara zat dan substansi perolehannya tidak bertentangan dengan ketentuan agama. 

Selain itu, beramal dengan berdonasi juga dapat menjadi cara untuk menambah pahala selama Ramadhan.

Saat ini, membayar zakat dan berdonasi dapat dilakukan secara online melalui berbagai platform digital. Salah satunya adalah melalui fitur donasi pada aplikasi BRImo dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) atau BRI. Fitur ini dapat membantu Anda membayar zakat dan berdonasi di mana saja dan kapan saja.

Bahkan, Anda dapat memilih lembaga untuk menyalurkan zakat, seperti Dompet Dhuafa atau Yayasan Baitul Mal.

Simpedes Bisa memberikan tiga keuntungan dalam satu tabungan. Dok. BRI Simpedes Bisa memberikan tiga keuntungan dalam satu tabungan.

Selain dapat digunakan untuk membayar zakat, Anda juga dapat membuka rekening Simpedes Bisa melalui BRImo.

Simpedes Bisa merupakan tabungan yang memiliki tiga fitur utama, yaitu tabungan untuk perencanaan keuangan, investasi untuk pertumbuhan aset, dan asuransi untuk perlindungan. Dengan setoran tetap minimal Rp 50.000 per bulan, Anda dapat mendapatkan tiga keuntungan dari Simpedes Bisa.

Nasabah Simpedes Bisa juga akan mendapatkan fasilitas layaknya nasabah Simpedes BRI. Salah satunya adalah berkesempatan mengikuti program Panen Hadiah Simpedes (PHS).

Untuk diketahui, PHS merupakan program untuk memperbanyak saldo tabungan BRI Simpedes dengan gimmick hadiah. Program ini dilaksanakan sebanyak dua periode dalam satu tahun di setiap kantor cabang Bank BRI.

Tidak hanya itu, nasabah Simpedes Bisa juga memiliki akses dan jangkauan yang luas dengan fasilitas transaksi dari beberapa pilihan channel, seperti BRImo, IBBIZ, EDC, ATM, dan Agen BRILink.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Simpedes Bisa, silakan klik tautan berikut ini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com