Advertorial

Diakui 30 RS Besar di Indonesia, Makuku Jalin Kerja Sama dengan 1.300 Bidan di Indonesia

Kompas.com - 20/04/2023, 12:11 WIB

KOMPAS.com – Melahirkan dengan bantuan tenaga kesehatan (nakes) bidan masih menjadi alternatif opsi bagi ibu hamil di Indonesia.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) 2018, sekitar 34,5 persen kelahiran di Tanah Air dilakukan di fasilitas kesehatan (faskes) yang dikelola oleh bidan.

Bidan juga menjadi rujukan utama bagi wanita berusia 20-54 tahun untuk melakukan proses persalinan dengan proporsi mencapai 62,7 persen. Hasil survei Kemenkes juga menyebutkan bahwa tingkat pendidikan ibu bersalin turut memengaruhi pilihan dalam memanfaatkan tenaga kesehatan untuk melahirkan.

Ditinjau berdasarkan wilayah, jumlah ibu melahirkan dengan bantuan nakes di perkotaan lebih tinggi, yakni mencapai 96,7 persen dibandingkan perdesaan hanya sebesar 88,9 persen.

Terkait hal itu, Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Anak-anak (Unicef) juga melakukan riset yang sama dan mendapati 62 persen wanita di Indonesia memilih melahirkan dengan bantuan bidan.

Sementara, 21 persen wanita melahirkan dengan bantuan dokter, sedangkan 17 persen lainnya melahirkan melalui dukun atau tanpa bantuan nakes.

Adapun melahirkan di bidan mengalami peningkatan selama pandemi Covid-19 karena para ibu khawatir jika pergi ke rumah sakit (RS).

Seiring dengan peran krusial bidan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada ibu hamil dan bayi, MAKUKU sebagai brand produk yang menaungi kebutuhan ibu dan anak dalam mempelopori popok antigumpal di Indonesia berteknologi super absorbent polymer (SAP) menjalin relasi dengan DKT Internasional.

Untuk diketahui, DKT International merupakan organisasi nirlaba yang memiliki jaringan lebih dari 1.300 bidan di Indonesia.

Kerja sama yang terjalin antara MAKUKU dan DKT International pun diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan oleh bidan kepada ibu hamil dan bayi.

Terutama, dalam mengedukasi para ibu baru yang masih awam mengenai manfaat popok dengan teknologi SAP yang efektif mengurangi ruam popok.

Chief Executive Officer (CEO) MAKUKU Indonesia Jason Lee mengatakan, sejak pertama kali hadir di Tanah Air, MAKUKU berkomitmen dan konsisten berinovasi mengembangkan produk popok berkualitas untuk memenuhi kebutuhan bayi di Indonesia.

“Sejalan dengan hal tersebut, MAKUKU tak henti mengajak para orangtua untuk semakin menyadari pentingnya pemanfaatan popok antigumpal bagi si kecil. Sebab, popok jenis ini mampu membantu mengurangi keresahan akan masalah kulit, seperti ruam popok,” ujar Jason dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (20/4/2023).

Sementara itu, terkait dengan alternatif bidan sebagai pilihan ibu hamil saat melahirkan di Indonesia, Halo DKT Counsellor Bidan Afilsa Nashel turut angkat bicara. Ia menjelaskan bahwa meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan untuk ibu dan bayi merupakan tugas bidan.

Itu juga yang menjadi alasan DKT International menjalin kerja sama dengan MAKUKU, yakni popok yang terbukti efektif mengurangi ruam popok.

Ia pun meyakini bahwa kualitas tinggi, keterjangkauan, serta manfaat MAKUKU dapat memberikan dampak baik untuk bayi dan ibu di Indonesia.

“Edukasi mengenai pentingnya perawatan tali pusat bayi dan menjaga kesehatan kulit bayi dari risiko ruam popok sangat penting. Oleh karena itu, perlu ditunjang dengan pemilihan popok MAKUKU yang menggunakan inti struktur SAP, terbukti supertipis, super-nyerap, dan antigumpal,” kata Afilsa.

Teknologi SAP

Setelah sebelumnya diakui oleh 30 RS besar di Tanah Air, MAKUKU kini ingin memperluas manfaat baik popok berteknologi inti struktur SAP agar dapat dirasakan oleh para orangtua dan bayi di daerah-daerah terpencil atau sulit dijangkau.

Ha itu mengingat popok adalah salah satu perlengkapan bayi yang penting dan dibutuhkan sejak bayi lahir hingga beberapa tahun pertama kehidupannya.

MAKUKU SAP Diapers Slim Care memiliki fitur belly button u-shape khusus untuk newborn. Fitur belly button u-shape bermanfaat untuk bayi baru lahir yang tali pusatnya belum puput atau lepas. Dok. MAKUKU MAKUKU SAP Diapers Slim Care memiliki fitur belly button u-shape khusus untuk newborn. Fitur belly button u-shape bermanfaat untuk bayi baru lahir yang tali pusatnya belum puput atau lepas.

Adapun popok berkualitas sangat dibutuhkan karena dapat memengaruhi kesehatan dan kenyamanan bayi, serta membantu mencegah infeksi atau iritasi pada kulit bayi.

Adanya produk MAKUKU SAP Diapers Slim Care yang terbukti supertipis, super-nyerap, dan antigumpal bisa jadi solusinya. Desainnya yang tipis dapat membuat bayi yang mulai aktif bergerak, seperti berguling, duduk, merangkak, dan berjalan, lebih nyaman saat menggunakan popok.

Bahkan, saat si kecil aktif bergerak, cairan urine dapat terserap secara cepat dan merata. Artinya, penggunaan popok yang tepat mampu membuat urine menyebar ke seluruh permukaan tanpa menumpuk di satu sisi. Hal ini membuat popok tidak mudah menggumpal dan permukaannya menjadi lebih kering.

Dengan begitu, kondisi lembap antara popok dan kulit bayi dapat terjaga dengan lebih optimal sehingga mampu membantu mengurangi risiko ruam popok yang rentan dialami bayi berkulit sensitif.

Sebagai informasi, dengan kerja sama MAKUKU bersama DKT International, para bidan dapat merekomendasikan popok MAKUKU sebagai popok pilihan pertama bayi baru lahir. Hal ini karena MAKUKU SAP Diapers Slim Care memiliki fitur belly button u-shape khusus untuk newborn.

Fitur belly button u-shape bermanfaat untuk bayi baru lahir yang tali pusatnya belum puput atau lepas. Fitur iniberupa lengkungan berbentuk U pada bagian depan popok untuk mengurangi gesekan dengan tali pusat bayi serta melindungi tali pusar bayi yang baru lahir. Dengan begitu, fitur tersebut memudahkan para orangtua dalam menjaga kesehatan tali pusat si kecil.

Adapun tali pusat perlu dirawat dengan baik untuk mencegah infeksi dan memastikan penyembuhan yang cepat dan aman.

Untuk diketahui, tali pusat berisiko mengalami infeksi akibat adanya gesekan dengan popok dan kondisi lembap yang berpotensi menjadi tempat perkembangan bakteri.

Sebagai informasi, MAKUKU memiliki beberapa varian produk popok, di antaranya MAKUKU SAP Diapers Comfort, MAKUKU SAP Diapers Comfort plus, MAKUKU SAP DIapers Slim, dan MAKUKU SAP Diapers Slim.

Selain itu, ada pula MAKUKU SAP Diapers Slim Care, MAKUKU SAP Diapers Balance Care, dan MAKUKU SAP Diapers Pro Care.

Seluruh produk MAKUKU hadir dalam tipe perekat (tape) dan celana (pant) dengan ukuran NB, S, M, L, XL, dan XXL.

Kini, popok MAKUKU SAP Diapers Slim Care tersedia di berbagai supermarket di Tanah Air, mulai dari Superindo, Hypermart, Hero, Grand Lucky, AEON, Transmart, hingga Diamond Supermarket.

Bagi Anda yang lebih nyaman berbelanja secara online, popok MAKUKU bisa didapatkan dengan mengunjungi akun MAKUKU Indonesia Official di Lazada, Shopee, Tiktok Shop, dan Tokopedia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com