Advertorial

Handlekuy Basketball Development Mempersembahkan King of Ramadan Ketiga

Kompas.com - 20/04/2023, 21:05 WIB

KOMPAS.com – Handlekuy Basketball Development menggelar kompetisi bola basket King of Ramadan Volume 3 yang diselenggarakan di Gelanggang Olahraga Pajajaran Bogor, Jawa Barat (Jabar), selama tiga akhir pekan pada Ramadhan 2023.

Kompetisi bola basket lima lawan lima itu digelar untuk mendorong pembinaan bola basket Tanah Air. Kompetisi ini pun mendapat dukungan penuh dari Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) yang mengirimkan wasit terbaik wilayah untuk memimpin setiap pertandingan.

Ketua Pelaksana King of Ramadan Volume 3 Evrilia mengatakan, kompetisi bola basket lima lawan lima membuat setiap pertandingan memiliki durasi babak yang lebih singkat. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan tensi pertandingan di bulan puasa.

“Sistem lima lawan lima juga menuntut pemain untuk bermain secara cepat. Namun, hal yang terpenting adalah (setiap pemain) harus menjaga sportivitas,” ujar Evrilia dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (20/4/2023).

Sebagai informasi, King of Ramadan Volume 3 melangsungkan puluhan pertandingan yang terbagi ke dalam kategori putra dan putri. Adapun kompetisi ini diikuti oleh berbagai kelompok usia, mulai dari remaja berusia 16 tahun hingga eks-pro berusia di bawah 40 tahun.

Partisipan memiliki juga memiliki latar belakang berbeda, mulai dari siswa sekolah, klub pembinaan, hingga tim persiapan pemilihan daerah. Bahkan, sebagian permain pernah merasakan pengalaman seleksi tim nasional (timnas) sesuai kelompok umur.

King of Ramadan Volume 3 diikuti oleh berbagai kelompok usia, mulai dari remaja berusia 16 tahun hingga eks-pro berusia di bawah 40 tahun.Dok. Handlekuy King of Ramadan Volume 3 diikuti oleh berbagai kelompok usia, mulai dari remaja berusia 16 tahun hingga eks-pro berusia di bawah 40 tahun.

Founder Handlekuy Basketball Development Irvan Rizky mengatakan bahwa kompetisi tersebut digelar untuk mendukung perkembangan kemampuan (skill) bola basket individu, kerja tim (team work), dan sikap (attitude) pemain di lapangan, terutama talenta-talenta muda.

“Kami juga mengundang tim bola basket dewasa yang diharapkan dapat memberikan contoh bermain secara efektif,” ucap Irvan.

Untuk diketahui, kompetisi kategori umum putra dimenangkan oleh Elang Laut yang mendominasi sejak pertandingan pertama. Keunggulan ini juga menobatkan Raymond “The White Python” Sebastian sebagai pemain terbaik.

Di sisi lain, kategori Kelompok Umur (KU) 16 serta 18 berjalan dinamis dan kompetitif. Adapun kategori KU 16 dimenangkan oleh Jakarta Hustleboys dengan Damara Arfabien Natsir sebagai pemain terbaik.

Kategori KU 16 King of Ramadan Volume dimenangkan oleh Jakarta Hustleboys dengan Damara Arfabien Natsir sebagai pemain terbaik.Dok. Handlekuy Kategori KU 16 King of Ramadan Volume dimenangkan oleh Jakarta Hustleboys dengan Damara Arfabien Natsir sebagai pemain terbaik.

Sementara itu, perebutan juara pada kategori KU 18 antara Al Ma’ruf melawan Galaxy Star berjalan dramatis.

Pada awal pertandingan, Galaxy Stars sempat unggul. Namun, pada menit terakhir, skor terpaksa imbang. Situasi ini terjadi berkat tembakan tiga angka dari spot 45 derajat oleh shooter Al Ma’ruf.

Pertandingan dilanjutkan dengan penentuan tembakan bebas yang dilakukan Galaxy stars. Namun, dewi fortuna tidak berpihak pada tim ini. Al-Ma’ruf pun didapuk menjadi juara pertama. Siswa Al-Ma’ruf, Viki, dinobatkan sebagai Most Valuable Player (MVP) pada kategori KU 18.

Sebagai informasi, gelaran tersebut juga turut dimeriahkan oleh sejumlah usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Salah satunya adalah merchandise illustrator Samakame yang menampilkan sejumlah karya. Kemudian, ada pula clothing brand Elomelo, minuman segar Menantea, dan Urbain.inc.

Kepala Koordinator Teknis King of Ramadan Volume 3 Adindra Dira berharap, gelaran tersebut dapat memberikan dampak positif bagi seluruh pihak.

“Semoga masa depan generasi pencinta bola basket dapat lebih berkembang, baik dari segi pemain maupun industri,” imbuh Adindra.

Cuplikan kegiatan King of Ramadan Volume 3, dapat kamu saksikan melalui media sosial @handlekuy.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com