Advertorial

Bupati Kediri Pantau Langsung Arus Balik Mudik di Simpang Mengkreng

Kompas.com - 25/04/2023, 15:17 WIB

KOMPAS.com - Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana melakukan pemantauan arus balik Lebaran di pos pelayanan Simpang Mengkreng, Kecamatan Purwosari, Senin (24/4/2023).

Didampingi Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Kediri AKBP Agung Setyo Nugroho dan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Kediri Joko Suwono, Mas Dhito--sapaan akrab Bupati Kediri--memastikan arus balik mudik yang melintasi Kabupaten Kediri aman dan lancar.

Sebagai informasi, Simpang Mengkreng merupakan lokasi yang rawan terjadi kemacetan karena peningkatan volume kendaraan. Terlebih, di sana terdapat jalur perlintasan kereta api.

"Kami terus berkoordinasi. Tadi sore (Senin), kurang lebih (kepadatan arus terpantau sepanjang) 3 sampai 4 kilometer (km), tapi masih bisa terurai," ujar Mas Dhito dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (25/4/2023).

Mas Dhito berharap, pengemudi yang melintasi wilayahnya tetap dalam kondisi prima selama perjalanan, terlebih di puncak arus balik mudik yang diprediksi terjadi pada Selasa.

"Kami mendoakan dan mengimbau pemudik (untuk) istirahat kalau ngantuk, jangan dipaksakan," tegasnya.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri, lanjut Mas Dhito, bersinergi dengan pihak kepolisian dan Palang Merah Indonesia (PMI) untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Dalam pemantauannya, Mas Dhito pun membagikan bingkisan kepada petugas di pos pelayanan sebagai bentuk apresiasi. Harapannya, petugas tetap semangat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Pantauan Mas Dhito, selain pemudik, arus lalu lintas juga terlihat masih dipadati masyarakat yang ingin bersilaturahmi ke kerabat. Oleh sebab itu, pihaknya telah menyiapkan skema pengalihan arus dari simpang empat Papar.

Skema tersebut mengalihkan kendaraan dari arah Kediri menuju Jombang atau Surabaya di simpang empat Papar ke arah timur melalui Kunjang dan Pare. Kemudian, tujuan Madiun dan Nganjuk dialihkan ke arah barat langsung ke Nganjuk.

Kepala Kepolisian Resort Kediri AKBP Agung Setyo Nugroho menuturkan, demi kelancaran perjalanan saat arus balik Lebaran, selain upaya yang dilakukan petugas, masyarakat diharapkan dapat mencari informasi terkait kondisi jalur yang akan dilewati.

"Kami mengimbau kepada pengemudi agar mencari informasi melalui media sosial, media elektronik terkait arus lalu lintas jalur yang akan dilewati agar dapat menghindari jalur yang padat dan menggunakan jalur alternatif," ucap Agung.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com