Advertorial

Game Consign, Marketplace Gaming Gear Pertama di Indonesia

Kompas.com - 27/04/2023, 14:51 WIB

KOMPAS.com – Indonesia memiliki pasar gaming dan gadget yang besar dan terus berkembang pesat. Beragam perlengkapan (gear) gaming dan gadget bisa didapatkan atau dijual lewat berbagai cara, misalnya melalui platform online (marketplace). Platform ini dapat mempertemukan penjual dan pembeli secara mudah.

Salah satu marketplace yang menjualbelikan gaming gear dan gadget di Indonesia adalah Game Consign. Game Consign sendiri merupakan marketplace gaming gear pertama di Indonesia.

Game Consign didirikan pada akhir 2018 oleh Bryan Erwan Tanael dan William Dharmawan. Adapun Bryan berpengalaman di bidang ekspor impor serta jual beli sejak 2015.

Pada mulanya, Game Consign hadir sebagai consignment store di Instagram. Pembelian dan penjualan barang dapat dilakukan lewat admin Game Consign yang dapat dihubungi melalui WhatsApp atau Line.

Sejak didirikan, Game Consign berhasil mendapatkan kepercayaan dari ratusan ribu pelanggan. Sejumlah figur publik dan selebritas ternama juga memercayakan Game Consign sebagai platform jual atau beli produk gaming dan gadget mereka.

Pada 2020, Game Consign mulai mengembangkan aplikasi yang berhasil dirilis pada Januari 2023. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Play Store atau App Store.

Tak hanya produk baru, Game Consign juga menjualbelikan barang bekas dan koleksi langka (rare).

Selain itu, pengguna perorangan dapat menjual atau membeli barang kepada pengguna lain. Model bisnis ini dikenal dengan istilah consumer to consumer (C-to-C).

Tak hanya produk baru, di Game Consign juga dijualbelikan barang bekas dan koleksi langka. Dok. Game Consign Tak hanya produk baru, di Game Consign juga dijualbelikan barang bekas dan koleksi langka.

Model bisnis tersebut berbeda dengan marketplace lain yang umumnya berperan sebagai toko dan menjual produk kepada konsumen secara langsung. Model bisnis ini dikenal dengan sebutan business to consumer (B-to-C).

Hal menarik dari Game Consign adalah hasil penjualan dapat langsung diambil oleh pengguna jika transaksi penjualan selesai. Dengan model bisnis ini, pengguna dapat memperoleh hasil penjualan serta mengelola keuangan tersebut secara cepat.

Demi memberikan layanan terbaik bagi pelanggan, Game Consign menjamin produk yang dijualbelikan sesuai foto dan deskripsi yang tercantum. Deskripsi itu telah melalui persetujuan admin Game Consign.

Jika foto dan deskripsi tidak sesuai dengan barang yang diterima, dana transaksi akan dikembalikan kepada pembeli setelah komplain diajukan kepada penjual. Dengan demikian, pembeli terhindar dari pengalaman tidak menyenangkan.

Kemudian, Game Consign juga memastikan bahwa barang dijualbelikan dengan harga terbaik. Sebab, harga produk tidak boleh berada di atas harga pasaran.

Peraturan harga itu ditetapkan berdasarkan berbagai pertimbangan, seperti tren pasar, jenis barang, merek barang, serta penawaran dan permintaan (supply and demand).

Adapun Game Consign menyediakan berbagai metode pembayaran, seperti transfer melalui BCA, Mandiri, BNI, atau kartu kredit.

Sementara, untuk pengiriman, konsumen bisa memilih berbagai layanan, misalnya JNE, SiCepat, AnterAja, JNT, Cargo, dan Gosend.

Informasi selengkapnya mengenai Game Consign bisa kamu dapatkan melalui akun Instagram @gameconsign, laman www.game-consign.com, atau menghubungi customer service Game Consign melalui email cs@game-consign.com.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com