Advertorial

Kurangi Gejala Mual dan Muntah Selama Masa Kehamilan dengan 5 Cara Ini

Kompas.com - 27/04/2023, 18:00 WIB

KOMPAS.com - Mual dan muntah merupakan gejala umum yang dialami ibu hamil karena perubahan hormon. Biasanya, gejala ini dialami pada masa awal kehamilan atau trimester pertama dan berangsur-angsur mereda setelah melewati usia 14 minggu.

Diberitakan Kompas.com, Jumat (21/1/2020), sekitar 20 persen ibu hamil masih merasa mual dan muntah pada trimester kedua bahkan trimester ketiga sesaat sebelum melahirkan.

Adanya gejala mual dan muntah dapat saja mengganggu berbagai aktivitas. Terlebih, bagi ibu hamil yang pada momen Lebaran 2023 ini harus berjibaku dengan arus balik usai melakukan mudik.

Berikut Kompas.com rangkum lima cara mengurangi gejala mual dan muntah saat hamil agar tidak mengganggu berbagai aktivitas.

  1. Istirahat cukup

Perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan membuat ibu hamil lebih mudah lelah sehingga menimbulkan gejala mual dan muntah.

Oleh sebab itu, ibu hamil disarankan beristirahat dengan cukup, yakni tidur berkualitas dengan waktu sekitar 7 sampai 9 jam setiap hari.

  1. Cukupi kebutuhan cairan

Mual dan muntah membuat ibu hamil sering kali sulit mengonsumsi makanan dan minuman dengan nyaman. Cara mengatasi gejala ini bisa dilakukan dengan mencukupi cairan tubuh.

Jadi, pastikan ibu hamil selalu membawa minuman yang dapat mencukupi kebutuhan cairan pada tubuh. Jika kesulitan untuk mengonsumsi air putih, cobalah juga membawa buah yang banyak mengandung air, seperti semangka, melon, pir, serta apel.

  1. Makan dengan porsi sedikit tetapi sering

Pastikan perut tidak kosong untuk menghindari mual dan muntah. Usahakan Anda makan dengan porsi kecil, tapi sering.

Anda dapat membekali diri dengan makanan yang tidak memicu mual berlebihan, seperti makanan dan minuman dingin, bercita rasa gurih, bertekstur renyah, rendah lemak, serta tidak mengandung asam dan pedas. Contohnya adalah jus buah, biskuit, serta roti.

  1. Menggunakan minyak aromaterapi

Minyak aromaterapi, seperti lemon serta lavender, memiliki aroma segar dan memicu relaksasi bisa membantu ibu hamil untuk meredakan mual saat masa kehamilan.

Jika Anda berpergian atau sedang dalam perjalanan menuju ke rumah setelah mudik Lebaran, jangan lupa untuk membawanya di dalam tas ya.

  1. Mencukupi nutrisi kehamilan yang mengandung protein dan vitamin B6

Protein dan vitamin B6 merupakan nutrisi penting di masa kehamilan yang dapat membantu mengurangi gejala mual dan muntah. Nutrisi ini terkandung dalam berbagai asupan, seperti ayam, ikan, kacang-kacangan, dan susu.

Diberitakan Kompas.com, Kamis (15/7/2013), dokter spesialis gizi klinis Inge Permadhi menjelaskan bahwa ibu hamil membutuhkan 60 gram protein setiap hari. Nutrisi ini memiliki beragam manfaat, seperti sumber kalori, serta pembentukan jaringan dan sel pada janin.

Sementara, vitamin B6 tak hanya membantu mengurangi gejala mual dan muntah selama kehamilan. Namun, nutrisi ini memiliki beberapa manfaat, seperti menciptakan antibodi, mendukung perkembangan saraf dan otak janin, serta menjaga kadar gula darah. Untuk mengurangi gejala mual dan muntah, konsumsi vitamin B6 sekitar 10 sampai 25 miligram tiga kali sehari.

Sebelum melakukan perjalanan panjang ke kota asal nanti, Anda dapat mengonsumsi makanan-makanan tersebut agar tidak merasa mual. Jangan lupa juga untuk membawanya sebagai bekal di perjalanan.

Sebagai tambahan nutrisi kehamilan untuk mengurangi mual dan muntah, Ibu bisa mengonsumsi susu PRENAGEN emesis. Susu ini yang mengandung protein dan vitamin B6 yang sudah teruji klinis dapat mengurangi mual dan muntah pada masa kehamilan hingga 90 persen.

Tak hanya mengurangi mual dan muntah, PRENAGEN emesis juga mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Ada protein yang membantu pembentukan organ tubuh dan sistem imun ibu dan buah hati, serta zat besi untuk mencegah pendarahan saat melahirkan.

Kemudian, ada pula kandungan asam folat yang membantu mencegah cacat tabung saraf buah hati, serta tinggi kalsium yang mendukung kesehatan tulang ibu dan buah hati.

Konsumsi PRENAGEN emesis 2 gelas sehari setiap hari selama mengalami mual dan muntah untuk memenuhi asupan nutrisi serta mengurangi gejala mual dan muntah. Rasanya enak dan tidak membuat enek, serta nikmat disajikan hangat atau dingin.

Itulah lima cara mengurangi mual dan muntah agar aktivitas serta perjalanan kembali dari mudik tetap nyaman bagi ibu hamil. Yuk, terapkan cara-cara tersebut agar ibu tetap nyaman menjalani kehamilan tanpa rasa mual dan muntah.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com