Advertorial

Gesit di Belokan dan Tanjakan, Mitsubishi Pajero Sport Tangguh Diajak Mudik lewat Jalur Pansela

Kompas.com - 28/04/2023, 15:00 WIB

KOMPAS.com – Kerap berseliweran di kota-kota besar, Mitsubishi Pajero Sport identik sebagai salah satu mobil mewah papan atas. Punya tampang keren dengan bodi jangkung, sport-utility vehicle (SUV) kelas menengah ini tak hanya andal di jalanan mulus, tetapi juga tangguh saat diajak “kotor-kotoran”.

Hal itu terbukti saat Kompas.com menggelar program tahunan ekspedisi Merapah lintas pantai selatan (Pansela) bertajuk "Merapah Trans Jawa 2023". Perjalanan dimulai sejak Selasa (11/4/2023) hingga Kamis (20/4/2023).

Mobil andalan Mitsubishi itu bahkan mampu diajak membelah jalur penuh kelokan di sepanjang rute Pansela, mulai dari Pelabuhan Ratu, Jawa Barat (Jabar), hingga Kabupaten Pacitan, Jawa Timur (Jatim).

Rute Pansela dipilih lantaran selama ini dianggap kurang populer di kalangan para pemudik. Dengan kontur jalan berkelok-kelok, rute Pansela kerap dihindari. Padahal, selain menantang, jalur Pansela menyimpan potensi kekayaan alam dan kuliner yang menarik untuk dijelajahi sembari mudik.

Pada ekspedisi Merapah kali ini, Kompas.com mengupas pengalaman berkendara dengan Pajero Sport Dakar 4x4. Ulasan dibagi menjadi tiga bagian, yakni dari aspek rasa berkendara, performa, kemampuan off-road, dan fitur.

Soal rasa berkendara, sebetulnya ini bukan kali pertama Kompas.com menjajal keandalan Pajero Sport.

Mitsubishi sendiri telah membekali Pajero Sport mesin diesel dengan kode 4N15 2.400 cc MIVEC Turbocharger dan Intercooler yang bersemayam di balik kap.

Adapun mesin tersebut diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 181 Hp atau 178,5 tk pada 3.500 rpm dan torsi yang cukup badak, yakni 430 Nm di 2.500 rpm.

Secara sensasi tarikan bawahnya pun tak banyak berbeda di samping tetap responsif. Dengan postur bongsor bukan berarti Pajero lemah di putaran bawah, justru sebaliknya.

Ditopang dengan mesin yang memiliki torsi cukup besar menjadikan Pajero mudah untuk melakukan akselerasi. Bahkan, mampu bergerak lincah saat melintas di daerah perbukitan yang memiliki jalur berkelok.

Pajero Sport dapat dengan mudah melewati jalan sempit dan jalur bergelombang yang cukup dalam. Kompas.com dan tim membawa mobil tersebut sampai bibir tebing untuk menikmati pemandangan spektakuler Pacitan di saat senja. Dok. Kompas.com Pajero Sport dapat dengan mudah melewati jalan sempit dan jalur bergelombang yang cukup dalam. Kompas.com dan tim membawa mobil tersebut sampai bibir tebing untuk menikmati pemandangan spektakuler Pacitan di saat senja.

Teruji diajak off-road

Kemampuan Pajero pun teruji saat diajak off-road. Pada etape kedua, Tim Kompas.com sempat menyambangi salah satu pantai di wilayah Pangandaran, yakni Pantai Karang Tirta.

Adapun garis Pantai Karang Tirta tergolong cukup panjang. Di lokasi wisata satu ini, mobil diperbolehkan masuk ke bibir pantai.

Kesempatan tersebut tentu tidak disia-siakan Kompas.com untuk menguji kapasitas mobil berpenggerak 4x4 itu.

Kala itu, Kamis (13/4/2023) pagi. Kondisi pasir pantai cukup padat dan agak basah bekas gerimis semalam, Rabu (12/4/2023). Namun, menjelang siang, tekstur pasir makin gembur.

Kompas.com leluasa menyusuri pantai hanya dengan memutar kenob di konsol tengah dan memindahkan penggerak dari 2H, 4H, 4HLC dan 4LLc.

Pabrikan Mitsubishi menyebut fitur tersebut sebagai Super Select 4W LI. Untuk mengganti menjadi 4H (penggerak empat roda), pengemudi bisa melakukannya saat kendaraan bergerak. Adapun mode penggerak lain (yang lebih rendah) dilakukan saat mobil dalam kondisi diam.

Berdasarkan pengalaman Kompas.com, tidak ada kendala berarti saat Pajero Sport melintasi pantai. Bahkan, di beberapa titik pantai yang gembur. Saat itu, mobil sempat terjerembab. Namun, akhirnya bisa keluar dengan sendirinya.

Pajero Sport pun dapat dengan mudah melewati beragam kontur pasir berkat kehadiran fitur Super Select 4x4. Tim Kompas.com pun bersenang-senang dengan menjajal tombol Traction Control di sisi kanan pengemudi.

Sejumlah fitur penting ditanamkan dalam Pajero Sport, baik dari aspek keamanan, kenyamanan, maupun keselamatan pengguna. Hal tersebut otomatis menjadi nilai jual bagi Pajero Sport. Dok. KOMPAS.com/Stanly Ravel Sejumlah fitur penting ditanamkan dalam Pajero Sport, baik dari aspek keamanan, kenyamanan, maupun keselamatan pengguna. Hal tersebut otomatis menjadi nilai jual bagi Pajero Sport.

Pengendalian Pajero Sport dan suspensi bekerja baik. Saat di Pantai Karang Tirta, misalnya, ada beberapa sampah bambu yang hanyut dari sungai. Pajero Sport mudah saja melewati sampah organik tersebut.

Kemampuan tersebut tak lepas dari jarak pijak tanah (ground clearance) Pajero Sport sebesar 218 millimeter (mm) sehingga memudahkan kendaraan melewati berbagai medan jalan, baik cekungan maupun gundukan pasir.

Kemampuan off-road Pajero Sport pun kembali teruji saat menanjak tebing di Pantai Karang Bolong di Pacitan, Jatim.

Tim ekspedisi Merapah Kompas.com pun memilih masuk ke bagian atas alias dari tebing dan bukan melihat dari pantai. Kondisi jalan pun cukup berliku untuk dapat masuk ke area tebing.

Berdasarkan pengamatan Kompas.com, jejak di tanah dan batu di daerah tersebut lebih sering dilintasi warga lokal menggunakan sepeda motor ketimbang mobil.

Keandalan Pajero Sport diuji Kompas.com dengan melakukan perjalanan lewat jalur Pantai Selatan (Pansela)KOMPAS.com/Fikria Hidayat Keandalan Pajero Sport diuji Kompas.com dengan melakukan perjalanan lewat jalur Pantai Selatan (Pansela)

Adapun mobil yang kami temui tidak sampai ujung tebing atau masih di area perumahan warga. Itu pun jenis mobil bak yang membawa hasil perkebunan warga sekitar.

Terbukti, Pajero Sport dapat dengan mudah melewati jalan sempit dan jalur bergelombang yang cukup dalam. Kompas.com dan tim membawa mobil tersebut sampai bibir tebing untuk menikmati pemandangan spektakuler Pacitan di saat senja.

Kompas.com mendapat kesempatan melihat lebih dekat ubahan pada Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x4 terbaru. SUV ini mendapat pembaruan di sisi eksterior dan interior. Dok. KOMPAS.com/Stanly Ravel Kompas.com mendapat kesempatan melihat lebih dekat ubahan pada Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x4 terbaru. SUV ini mendapat pembaruan di sisi eksterior dan interior.

Pajero Sport memiliki dimensi panjang 4.825 mm, lebar 1.815 mm dan tinggi 1.835 mm dengan wheelbase 2.800 mm. Kabin pun terasa cukup lega baik penumpang depan maupun penumpang di jok baris kedua.

Dari segi interior, kabin Pajero Sport terasa mewah berkat jok berlapis kulit. Klaster instrumen digital dengan layar 8 inci, head unit yang bisa terintegrasi dengan gawai, serta new auto dimming rear view mirror memudahkan pengemudi melihat ke belakang.

Kenyamanan penumpang pun ditunjang dengan adanya air conditioner (AC) dual zone automatic, lengkap dengan soket charger di bangku baris kedua untuk mengisi daya smartphone.

Pengalaman menjajal Pajero Sport membuat Kompas.com yakin kendaraan ini dapat dengan aman dan nyaman digunakan untuk berkendara jauh.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com