Advertorial

Pastikan Kesiapan Hotel Meruorah, Upaya ASDP Sukseskan KTT ASEAN 2023

Kompas.com - 28/04/2023, 15:45 WIB

KOMPAS.com - PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) siap menyukseskan penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Ke-42 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), mulai dari Selasa (9/5/2023) sampai Kamis (11/5/2023).

Upaya tersebut diwujudkan dengan memastikan kesiapan sarana dan prasarana, salah satunya adalah Hotel Meruorah Komodo. Penginapan bintang lima yang dikelola oleh PT Indonesia Ferry Properti (IFPRO) ini menjadi main venue KTT ASEAN 2023.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry Shelvy Arifin mengatakan, progres persiapan hotel itu sudah mencapai 97 persen dan ditargetkan akan selesai seluruhnya pada Minggu (30/4/2023).

"Hotel Meruorah Komodo akan digunakan untuk kegiatan meeting, incentive, convention, and exhibition (MICE), serta akomodasi bagi para delegasi. Hotel bintang lima dengan 145 kamar ini dilengkapi multifunction hall berkapasitas 1.000 orang dan area komersial Plaza Marina Labuan Bajo," imbuh Shelvy dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (28/4/2023).

Seperti diketahui, kawasan Labuan Bajo ditetapkan sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) oleh pemerintah. Pengembangannya sukses dilakukan ASDP sebagai bagian transformasi dan inovasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Shelvy melanjutkan, pihaknya sudah menyiapkan sumber daya manusia (SDM) profesional, baik dari internal maupun eksternal Hotel Meruorah, untuk melayani para kepala negara, kepala pemerintahan, dan delegasi KTT ASEAN 2023.

"Kami juga melibatkan sejumlah (pelaku) usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk memasok kebutuhan bahan baku dapur dan perlengkapan food and beverage (F&B) Hotel Meruorah Komodo, seperti placemate yang dipesan dari UMKM binaan Kementerian Sosial," ujarnya.

Sebelum itu, tim manajemen ASDP juga berkolaborasi secara intens dengan pihak terkait, seperti Kementerian Sekretariat Negara (Setneg), Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres), Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri), serta professional conference organizer (PCO) untuk mendukung seluruh kegiatan KTT ASEAN 2023.

Sementara itu, Direktur Utama IFPRO Ferry Snyders mengatakan, Presiden Joko Widodo juga telah mengecek langsung kesiapan Hotel Meruorah secara detail dan menyeluruh dalam menyambut kehadiran para kepala negara, pejabat pemerintahan, serta delegasi dari negara ASEAN.

Presiden Joko Widodo meninjau Hotel Meruorah untuk KTT ASEAN 2023Dok. ASDP Indonesia Ferry Presiden Joko Widodo meninjau Hotel Meruorah untuk KTT ASEAN 2023

"Hotel Meruorah Komodo Labuan Bajo telah berpengalaman sebagai main venue kegiatan berskala internasional sehingga dipastikan siap untuk mendukung KTT ASEAN 2023. Sekali lagi, terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada ASDP untuk penyelenggaraan event besar ini," tuturnya.

Adapun event berskala internasional yang pernah digelar di Hotel Meruorah di antaranya International Association Women Police (IAWP) pada 2021. Kemudian, enam site event Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Group of Twenty (G20) setingkat menteri, seperti Asia International Week Water (AIWW), 1st TWG Meeting, SAI20, 2nd ETWG Meeting, 2rd Sherpa Meeting, dan 3rd DEWG Meeting.

Menurut Ferry, penyelenggaraan KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo akan menjadi momen kebangkitan pariwisata Indonesia, khususnya di Labuan Bajo yang dikelilingi berbagai pulau menawan.

Selain Hotel Meruorah Komodo, terdapat fasilitas lain di Kawasan Marina Labuan Bajo, seperti area komersial untuk mempromosikan produk UMKM, dermaga feri dan marina berkapasitas sandar 134 berth, serta beach club yang mampu menampung 450 orang.

Keberadaan Kawasan Terpadu Marina Labuan Bajo dinilai mampu membuka lapangan kerja, termasuk bagi putra-putri daerah Manggarai Barat, NTT. Dengan demikian, pendapatan asli daerah (PAD) juga berpotensi naik. Selain itu, budaya lokal pun bisa semakin dikenal karena kawasan ini cocok dijadikan sebagai pegelaran budaya. Apalagi, area waterfront Hotel Meruorah dapat diakses publik sehingga keindahan Pantai Labuan Bajo dapat disaksikan oleh banyak orang.

Dengan segala fasilitas tersebut, Ferry berharap, Kawasan Terpadu Marina Labuan Bajo dapat mendongkrak kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com