Advertorial

Kinerja Own Operation 2022 Bertumbuh, Tugu Insurance Gelar RUPST

Kompas.com - 29/04/2023, 14:26 WIB

KOMPAS.com – PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia (Tbk) atau Tugu Insurance berhasil mencatatkan peningkatan kinerja pada 2022. Tugu Insurance melaporkan adanya kenaikan laba secara konsolidasi sebesar 21 persen menjadi Rp 395,11 miliar dari Rp 327,23 miliar pada tahun sebelumnya.

Selain itu, perseroan juga mencatatkan adanya peningkatan sebanyak 60 persen, yaitu sebesar Rp 401,98 miliar dari Rp 251,48 miliar secara induk (own operation).

Presiden Direktur Tugu Insurance Tatang Nurhidayat mengatakan, peningkatan itu disertai dengan naiknya risk based capital (RBC) sebesar 470,02 persen. Angka ini yang berada jauh di atas ketentuan batas minimum Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yaitu sebesar 120 persen.

“Hingga periode 31 Desember 2022, premi bruto Tugu Insurance secara konsolidasi mencapai Rp 6,71 triliun, naik 12 persen dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya, yaitu sebesar Rp 5,99 triliun. Sedangkan, premi bruto secara induk perseroan naik menjadi Rp 4,06 triliun atau sebesar 6 persen persen dari periode yang sama pada tahun sebelumnya, yaitu sebesar Rp 3,83 triliun,” kata Tatang dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), seperti yang tertulis pada keterangan pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (29/4/2023).

Selain itu, Tatang juga melaporkan adanya peningkatan pendapatan underwriting konsolidasian yang naik 10 persen, yaitu mencapai Rp 2,34 triliun dibanding dari periode yang sama tahun sebelumnya yang jumlahnya sebesar Rp 2,12 triliun.

Sementara untuk pendapatan underwriting secara induk, Tugu Insurance mencatatkan peningkatan sebesar 18 persen dengan nilai Rp 1,05 triliun. Angka ini juga naik dibanding dari periode yang sama tahun sebelumnya, yaitu sebesar Rp 892 miliar.

“Untuk total aset secara konsolidasian, tercatat mencapai Rp 21,58 triliun atau naik dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 20,19 triliun. Sedangkan secara induk, total aset tercatat Rp 13,51 triliun, naik dari Rp 13,09 triliun,” lanjut Tatang.

Adapun ekuitas konsolidasian yang diraih Tugu Insurance turut meningkat, yaitu dari Rp 8,79 triliun menjadi Rp 9,17 triliun. Sementara itu, ekuitas induk mencapai Rp 5,65 triliun. Angka ini ikut naik menjadi Rp 5,4 triliun dibanding tahun sebelumnya.

Selan melaporkan pencapaian perusahaan, Tugu Insurance juga mengumumkan adanya perubahan susunan kepengurusan perseroan. Tatang berharap, perombakan ini dapat membuat Tugu Insurance semakin tumbuh berkelanjutan.

“Dengan perubahan ini, kami berharap Tugu Insurance dapat menunjukkan kemampuan yang lebih optimal dalam memberikan manfaat kepada segenap stakeholders dan shareholders,” jelas Tatang.

Adapun perubahan susunan Pengurus Perseroan Tugu Insurance meliputi Presiden Komisaris dan Komisaris Independen Dian Masyita, Komisaris Independen Poerwo Tjahjono, Presiden Direktur Tatang Nurhidayat, Direktur Keuangan dan Layanan Korporat Emil Hakim, dan Direktur Pemasaran Asuransi Ery Widiatmoko.

Sementara itu, beberapa posisi pengurus masih menunggu penetapan hasil penilaian Kemampuan dan Kepatutan dari OJK. Posisi ini meliputi Komisaris yang akan diisi oleh Samuel Lie dan Bagus Agung Rahadiansyah, Komisaris Independen Tajudin Noor, Direktur Teknik Sudarlin, serta Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko Edi Yoga Prasetyo.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com