Advertorial

Dukung Green Environment di Indonesia, Menko Marves Jajal MGEV saat Peluncurannya

Kompas.com - 29/04/2023, 21:51 WIB

KOMPAS.com – Jenama otomotif asal Inggris, Morris Garages (MG) memperkenalkan dua kendaraan listrik terbarunya, yakni MG4 EV dan MG ZS EV untuk pasar Indonesia, Sabtu (29/4/2023).

Adapun kehadiran kedua kendaraan listrik itu merupakan bentuk komitmen MG untuk mendukung perkembangan green environment untuk masa depan Indonesia yang berkelanjutan.

Selain itu, keberadaan kendaraan itu juga sejalan dengan upaya Pemerintah Indonesia dalam mengurangi emisi karbon dan meningkatkan kualitas udara.

Pemerintah Indonesia saat ini telah menetapkan program untuk mempromosikan penggunaan kendaraan listrik di seluruh negeri.

Oleh karena itu, sebagai kendaraan listrik yang nol emisi, MG4 EV dirancang sebagai kendaraan yang ramah lingkungan.

Untuk diketahui, peluncuran dua kendaraan tersebut turut dihadiri oleh kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Pada kesempatan tersebut, Luhut meninjau dan melihat secara langsung mobil listrik crossover pertama MG yang ditawarkan untuk pasar Indonesia itu.

Ia juga memastikan bahwa fitur dan teknologi yang ada pada mobil tersebut sudah memenuhi syarat sebagai kendaraan yang ramah lingkungan

Luhut mengatakan, pemerintah selalu mendukung penggunaan kendaraan listrik ataupun kegiatan yang mempromosikan kendaraan listrik di seluruh negeri.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mencoba MG4 EV dengan fitur canggih Vehicle to Load (V2L). Dok. MG Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mencoba MG4 EV dengan fitur canggih Vehicle to Load (V2L).

“Kami dukung. Apalagi, bertujuan untuk meningkatkan kualitas udara dan mengurangi emisi karbon di Indonesia. Saya rasa MG dengan desainnya yang modern, stylish, teknologi canggih, dan harga yang kompetitif ini bisa menguasai pasar kendaraan listrik di Indonesia," ujar Luhut dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (29/4/2023).

Sementara itu, Marketing and Public Relation Director MG Motor Indonesia Arief mengaku gembira karena dapat memperkenalkan kendaraan listrik andalan MG kepada Luhut.

"Kami senang bahwa MG4 EV mendapatkan perhatian positif dari publik dan pemerintah. Kami berharap, kendaraan listrik ini dapat memberikan kontribusi positif, terutama untuk bersama menjaga lingkungan yang bersih dan sehat di Indonesia. Kami juga yakin bahwa produk kami yang stylish dan canggih dapat menjadi pilihan terbaik bagi masyarakat Indonesia," tutur Arief.

Arief menambahkan, salah satu teknologi unggulan terbaru yang ada di MG4 EV adalah baterai rubik’s cube yang merupakan teknologi penggerak listrik terpadu.

Berkat teknologi tersebut, MG4 EV diklaim oleh dapat mencapai kecepatan 100 kilometer (km) per jam hanya dalam waktu 7,7 detik.

Selain itu, MG4 EV juga menjadi mobil pertama yang dibangun pada Modular Scalable Platform untuk menghasilkan efisiensi listrik yang lebih tinggi. Teknologi ini merupakan produk MG.

Tidak hanya itu, MG4 EV juga dilengkapi dengan kemampuan vehicle to load (V2L) yang dapat memberikan tenaga listrik pada berbagai peralatan sehari-hari.

Dengan begitu, pemilik kendaraan dapat menggunakannya sebagai sumber tenaga untuk memenuhi berbagai kebutuhan alat elektronik lain di mana pun mereka berada.

“MG4 EV juga telah dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang dapat terintegrasi dengan Apple Carplay atau Android Auto system. Tak sampai di situ, nilai ada juga fitur-fitur keamanan terbaik kelas dunia dengan rating tertinggi bintang lima dari Euro NCAP, seperti Adaptive Cruise Control, Traffic Jam Assist, dan Traffic Sign Recognition untuk memastikan pengalaman berkendara tetap nyaman dan aman,” terang Arief.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan bertemu dengan Arief Syarifudin, Marketing and PR Director MG Motor Indonesia. Dok. MG Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan bertemu dengan Arief Syarifudin, Marketing and PR Director MG Motor Indonesia.

Melalui kehadiran kendaraan listrik terbarunya itu, kata Arief, menjadi bukti bahwa MG benar-benar serius dalam membantu mewujudkan sustainable green environment di Indonesia. Utamanya, dengan mempercepat peralihan dari mobil konvensional menuju mobil listrik.

Ke depan, Arief pun berharap bisa membawa lebih banyak produk-produk kendaraan berkelanjutan sebagai pilihan solusi masyarakat Indonesia.

“Animo masyarakat seputar mobil listrik semakin meningkat dari tahun ke tahun. Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil listrik pada 2022 mengalami peningkatan sebesar 383,46 persen dibandingkan 2021. Makanya, kami ingin membantu mengakomodasi animo tersebut,” katanya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com