Advertorial

Bangkitkan Pariwisata dan Ekonomi Masyarakat, Pemprov Sulbar Luncurkan Plaza Karampuang

Kompas.com - 01/05/2023, 17:36 WIB

KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Barat (Sulbar) meluncurkan Plaza Karampuang untuk membangkitkan pariwisata dan ekonomi masyarakat di Pulau Karampuang.

Penjabat (Pj) Gubernur Sulbar Akmal Malik mengatakan, peluncuran itu merupakan upaya kecil dari Pemprov Sulbar karena pelaksanaan selanjutnya akan diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamuju.

"Ini hanya permulaan, selanjutnya akan ditangani Bupati Mamuju. Apalagi, Pulau Karampuang sebagai destinasi yang menjadi pilihan sebab indah sekali dan masyarakat ramah," kata Akmal, dikutip dari keterangan persnya, Senin (1/5/2023).

Hal tersebut dikatakan Akmal saat menghadiri peluncuran Plaza Karampuang, Senin. Acara ini turut dibarengi dengan pemukulan gendang dan penandatanganan prasasti oleh Akmal bersama Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulbar.

Akmal mengatakan, pihaknya juga berencana melaksanakan kegiatan bulanan sebagai pemantik untuk menggairahkan pariwisata yang ada.

Dia pun meminta Dinas Pariwisata Sulbar berkoordinasi dengan seluruh dinas di kabupaten untuk melaksanakan kegiatan di Pulau Karampuang.

Pria yang juga menjabat sebagai Direktur Jenderal Otonomi Daerah itu mengatakan, sektor pariwisata akan memicu perekonomian yang ada di pulau, termasuk ketersediaan listrik dan pengelolaan sampah.

"Ini adalah kolaborasi antara pemerintah kabupaten dan provinsi. Kami ingin spot ini bisa memberikan contoh untuk bagaimana memicu perkembangan sektor lain di Sulbar," ujarnya dalam siaran pers, Senin.

Adapun pembangunan Plaza Karampuang mendapat dukungan dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) Komando Resor Militer (Korem) 142 yang menyelesaikan pembangunan dalam waktu 39 hari.

"Saya juga berterima kasih karena di Pulau Karampuang juga dibangun Tugu Karampuang, termasuk 12 unit kios usaha mikro kecil menengah (UMKM),” katanya.

Akmal pun mengimbau agar unit-unit kios segera ditempati. Para warga yang dulunya memiliki warung di Plaza Karampuang akan diprioritaskan dan diberi akses gratis.

Sementara itu, Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi mengaku bahagia karena pulau Karampuang kini kembali ramai dikunjungi.

"Ini semua atas inisiasi Pj Gubernur yang membangun Pulau Karampuang. Pemkab juga ada aset di sini. Kami serahkan tanah pemkab ke Pemprov Sulbar. Ini adalah kolaborasi yang baik dan bisa kami nikmati bersama," ucapnya.

Sutinah berharap, pembangunan infrastruktur di Pulau Karampuang dapat dimanfaatkan masyarakat. Terlebih, Plaza Karampuang dapat meningkatkan perekonomian dan membantu para pelaku UMKM.

Dalam festival Karampuang tersebut, digelar pula serangkaian kegiatan, seperti festival dayung, jambore wisata bahari, tour sepeda Karampuang, fashion show, pameran UMKM, dan lainnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com