Advertorial

Traceability Jadi Kunci Automasi Manufaktur di Sejumlah Industri

Kompas.com - 04/05/2023, 08:00 WIB

KOMPAS.com – Manufaktur merupakan salah satu proses penting dalam sejumlah industri. Pada industri otomotif, misalnya, manufaktur berperan dalam merangkai 10.000 komponen menjadi sebuah mobil yang siap dipasarkan.

Pada proses itu, industri ditantang untuk memperhatikan detail dan presisi sehingga mampu menghadirkan produk berkualitas kepada konsumen.

Jika abai dilakukan, kesalahan produksi dapat terjadi. Sebagai contoh, beberapa waktu lalu, dunia otomotif dikejutkan dengan penarikan beberapa produk mobil terkenal. Hal ini dilakukan akibat kesalahan produksi 67 juta kantong udara (airbag).

Meski jarang digunakan, airbag merupakan bagian vital dalam mobil yang dapat meminimalisasi potensi bahaya akibat kecelakaan.

Penarikan produk tersebut pun berdampak besar terhadap seluruh produk yang telah beredar di pasaran. Lebih dari itu, produsen mobil juga mengalami kerugian yang tak sedikit.

Kejadian tersebut menjadi pelajaran berharga bagi industri. Cacat produksi seyogianya dapat dicegah dengan menekankan sistem ketelusuran (traceability) pada proses manufaktur.

Sejumlah industri pun sudah menjadikan traceability sebagai pilar penting dalam proses manufaktur untuk meningkatkan kualitas akhir produk dan keselamatan konsumen.

Adapun industri yang berkaitan langsung dengan keselamatan konsumen dinilai paling membutuhkan sistem tersebut. Beberapa industri itu adalah farmasi, makanan, minuman, dan kecantikan.

Sebagai informasi, jenis industri tersebut membutuhkan proses ketelusuran terintegrasi untuk mempermudah kontrol kualitas dan kehigienisan.

Sebelumnya, sistem ketelusuran hanya mengandalkan keterlibatan manusia sehingga potensi terjadinya human error cenderung tinggi.

Seiring perkembangan teknologi, sistem ketelusuran pun bertransformasi menjadi sistem yang terautomasi dan terintegrasi.

Sistem ketelusuran tersebut pun dihadirkan oleh Beckhoff Automation. Beckhoff berperan langsung dalam perkembangan new automation technology di skala internasional dan mendapatkan pengakuan oleh pelaku industri di Indonesia.

Ilustrasi proses manufaktur otomatis. Dok. Beckhoff Ilustrasi proses manufaktur otomatis.

Sistem ketelusuran terautomasi dan terintegrasi milik Bechkoff dihadirkan melalui sejumlah produk. Salah satunya adalah industrial PC (IPC) dengan software TwinCAT Database Connectivity.

Alat tersebut terkoneksi dengan kamera sehingga produsen memiliki sistem ketelusuran terautomasi secara maksimal. Dengan demikian, proses manufaktur pun semakin efisien.

Beckhoff juga menjawab kebutuhan akurasi dalam proses manufaktur lewat Beckhoff Machine Vision. Alat ini dihadirkan untuk memastikan produsen mampu menghasilkan produk dengan kualitas terbaik.

Tak hanya menghadirkan teknologi terbaru, produk Beckhoff juga memiliki sistem database yang baik dan konektivitas antaralat yang sudah terbukti bersaing.

Rangkaian produk Beckhoff. Dok. Beckhoff Rangkaian produk Beckhoff.

Integrasi produk Beckhoff dinilai dapat mempermudah proses dan meningkatkan kualitas manufaktur secara keseluruhan. Berbagai kendala manufaktur pada era industri 4.0 pun dapat diatasi.

Untuk berkenalan dengan berbagai produk Beckhoff yang dapat menciptakan sistem ketelusuran terautomasi dan terintegrasi, Anda dapat mengikuti Automation UpDate 2023.

Daftarkan diri Anda untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai penggunaan, spesifikasi, dan inovasi terbaru di dunia automasi secara gratis pada linkberikut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com