Advertorial

9 Peserta Berhasil Lolos ke Babak Semifinal TPJC 2023

Kompas.com - 08/05/2023, 17:46 WIB

KOMPAS.com - The Papandayan International Online Jazz Competition (TPJC) 2023 memasuki babak semifinal.

Sembilan dari 22 peserta dinyatakan lolos untuk masuk ke tahap semifinal, yakni Sshhibuea and The Sshhocial Klabb, IJW Organ Trio, dan J4 yang berasal Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta.

Selanjutnya, Eventide, BV Utama, dan Jazzjus dari Bandung (Jawa Barat/Jabar), Up Front Jazz Collective dari Belanda, One Rhythm Surabaya dari Surabaya (Jawa Timur/Jatim), serta Social Call band dari Yogyakarta.

Kesembilan peserta itu berhasil masuk ke babak semifinal setelah melewati tahap seleksi dan penilaian yang cukup ketat dari sejumlah juri, seperti saksofonis asal Belanda Ben van Gelder, Dwiki Dharmawan, Venche Manuhutu yang merupakan seniman senior asal Bandung, Hari Pochang, dan Barry Likumahuwa.

Up Front Jazz Collective dari Belanda.Dok. TPJC Up Front Jazz Collective dari Belanda.

Pada babak semifinal, masing-masing peserta yang lolos diwajibkan untuk mengirimkan satu lagu apa saja yang telah diaransemen ke dalam genre jaz. Lagu dikirimkan dalam format video mulai Kamis (4/5/2023) hingga Rabu (17/5/2023).

Adapun penjurian babak semifinal dilaksanakan secara offline di The Papandayan pada Selasa (23/5/2023). Setelah melakukan penilaian, para juri akan menentukan lima peserta yang layak untuk melaju ke babak final.

Sebagai informasi, TPJC adalah kompetisi band jazz yang dilaksanakan secara virtual menggunakan platform Zoom dan media sosial.

Melalui TPJC, para musisi jaz dari seluruh dunia berkesempatan untuk menunjukkan bakat dan mengembangkan eksistensinya di industri musik jaz. Kompetisi ini terbuka untuk grup profesional dan amatir dari segala usia.

Adapun untuk memudahkan penilaian, TPJC dibagi ke dalam dua kategori usia, yakni kategori Youth Jazz untuk usia di bawah 23 tahun dan kategori Jazz Warrior untuk usia di atas 23 tahun.

Piala untuk pemenang TPJC. Dok. TPJC Piala untuk pemenang TPJC.

Selain untuk membantu mengembangkan eksistensi peserta, TPJC juga bertujuan untuk menemukan talenta dan membantu mengenalkan musisi jaz baru dari Indonesia.

Tak hanya berkesempatan tampil di final TPJF 2023, para peserta juga akan memperebutkan total hadiah senilai ratusan juta, piala berlapis emas dan sertifikat, serta kolaborasi dengan musisi jaz ternama.

Untuk informasi lebih lengkap terkait TPJC, silakan kunjungi situs www.tpjazzfest.com.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com