Advertorial

Baznas Sabet Dua Penghargaan Internasional Global Good Governance Awards 2023

Kompas.com - 09/05/2023, 14:12 WIB

KOMPAS.com - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyabet dua penghargaan di ajang Global Good Governance (3G) Awards 2023 di Dubai, Uni Emirat Arab, Senin (8/5/2023). 

Adapun kedua penghargaan tersebut adalah 3G Leadership Award in Community Development & Philanthropy 2023 dan 3G Championship Award in Capacity Building 2023.

Sebagai informasi, Global Good Governance (3G) Awards 2023 merupakan ajang apresiasi berskala internasional dari Cambridge International Financial Advisory (IFA) untuk lembaga yang memiliki tata kelola baik dan berkomitmen pada kesejahteraan sosial.

Dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (9/5/2023), penghargaan 3G Leadership Award in Community Development & Philanthropy 2023 didapat karena Baznas dinilai berhasil melakukan transformasi pada sejumlah aspek kehidupan masyarakat. Sebut saja, kesehatan, kesejahteraan, pendidikan, dan pemerintahan, serta menekan urgensi peran filantropi bagi pembangunan masyarakat. 

Sementara itu, penghargaan 3G Championship Award in Capacity Building 2023 diberikan lantaran Baznas diakui sebagai lembaga yang mampu berkontribusi terhadap pembangunan dan pengembangan infrastruktur untuk mendukung prinsip dan praktik perlindungan lingkungan dan ekosistem berkelanjutan.

Ketua Baznas Republik Indonesia (RI) Prof Dr KH Noor Achmad MA mengatakan, pihaknya merasa terhormat atas kedua penghargaan yang diberikan. Hal ini sekaligus menandakan bahwa kinerja lembaga filantropi dengan lebih dari 500 kantor di Tanah Air ini telah diakui di kancah internasional.


Ia melanjutkan, pencapaian itu merupakan buah dari berbagai inisiatif yang dilakukan Baznas, selain bantuan langsung. Sebut saja, Baznas Microfinance/Bank Zakat Mikro, ZMart, ZChicken, ZAuto, Z-Coffee, dan Santripreneur. 

"Program itu diinisiasi agar mustahik binaan dapat sejahtera secara berkelanjutan," ujarnya. 


Noor menambahkan, capaian tersebut akan memperkuat komitmen Baznas dalam meningkatkan kesejahteraan dan pengentasan kemiskinan di Indonesia lewat pengelolaan zakat sesuai prinsip Aman Syar'i, Aman Regulasi, dan Aman NKRI (3A). 

"Terima kasih atas kepercayaan masyarakat yang telah menyalurkan zakat, infak, dan sedekah (zis)-nya melalui Baznas. Semoga kebaikan yang ditanam dapat dipetik dan bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan," lanjut Noor.

Untuk diketahui, penghargaan bergengsi bukan kali ini saja diterima Baznas. Pada 2022, lembaga ini menyabet 3G Championship Award in Capacity Building 2022 dan 3G Leadership Award in Community Development & Philanthropy 2022 di ajang serupa. 

Kemudian, pada 2021, Baznas meraih dua penghargaan pada kategori Global Good Governance (3G) Humanitarian Award dan 3G SDGs Champion Award 2021. Sementara, pada 2020, Baznas menyabet penghargaan di kategori 3G SDGs Champion Award 2020.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com