Advertorial

Rawat Kebinekaan, Ribuan Pemuda Kabupaten Kediri Ikuti Kirab Kebangsaan

Kompas.com - 13/05/2023, 13:01 WIB

KOMPAS.com - Sebanyak 4.539 peserta mengikuti kirab kebangsaan yang diadakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri pada Jumat (12/5/2023). Peserta kirab yang melewati rute monumen Simpang Lima Gumul itu membawa bendera Merah Putih berukuran besar.

Bendera sepanjang 77 meter itu dibawa oleh peserta dari Pramuka dan didampingi anggota TNI-Polri. Adapun peserta kirab lain berasal dari unsur pelajar, Paskibraka, ormas, sayap parpol, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), dan 17 organisasi kepemudaan.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana melalui Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Yuli Marwanto menyampaikan bahwa kirab kebangsaan yang diikuti ribuan peserta itu menjadi momen menyatukan semua elemen, terutama para pemuda untuk bersama membangkitkan semangat cinta Tanah Air atau nasionalisme.

Bendera Merah Putih dibawa keliling pada Kirab Kebangsaan Pemkab Kediri.Dok. Pemkab Kediri Bendera Merah Putih dibawa keliling pada Kirab Kebangsaan Pemkab Kediri.

"Harapannya, kirab kebangsaan dapat memupuk rasa cinta Tanah Air dan wawasan kebangsaan, khususnya bagi kaum milenial," katanya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (13/5/2023).

Sebagai informasi, kirab kebangsaan dimulai pukul 08.00 WIB dari depan Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri dengan garis akhir di lapangan sekitar Monumen Simpang Lima Gumul. Setelah semua peserta sampai, acara dilanjutkan dengan pembacaan Ikrar Pemuda Kabupaten Kediri yang diikuti seluruh peserta kirab.

Menurut Yuli, perkembangan zaman dengan teknologi yang begitu pesat saat ini, harus disikapi dengan baik supaya terhindar dari upaya-upaya adu domba yang memecah persatuan bangsa.

Untuk memperkuat rasa persatuan bangsa, kegiatan dilanjutkan dengan tausiah kebangsaan pada pukul 18.00 WIB.

"Acara yang dipusatkan di kawasan Simpang Lima Gumul itu menjadi rangkaian kegiatan Hari Jadi Ke-1.219 Kabupaten Kediri," kata Yuli.

Paskibraka turut berpartisipasi dalam acara kirab kebangsaan Pemkab Kediri.Dok. Pemkab Kediri Paskibraka turut berpartisipasi dalam acara kirab kebangsaan Pemkab Kediri.

Ketua KNPI Kabupaten Kediri Kabupaten Kediri Muhammad Ghupron secara terpisah menyebut bahwa kegiatan kirab kebangsaan yang diikuti oleh ribuan peserta itu menjadi tonggak fondasi awal untuk merawat kebinekaan yang ada di Kabupaten Kediri.

"Harapannya, seluruh elemen masyarakat yang ada di Kabupaten Kediri, terutama pemuda, dapat bersinergi dengan pemerintah daerah dan berkontribusi bagi kemajuan Kabupaten Kediri," ujar Ghupron.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com