Advertorial

3 Model Topi Kekinian Ini Cocok untuk Menghalau Cuaca Panas

Kompas.com - 17/05/2023, 19:32 WIB

KOMPAS.com – Cuaca panas serta terik sinar matahari yang terjadi belakangan ini dapat membuat tubuh mudah lelah dan rentan memicu gangguan kesehatan. Sebut saja, dehidrasi, iritasi kulit, gangguan penglihatan, sakit kepala, dan heat stroke.

Dilansir dari laman yankes.kemkes.go.id, Jumat (23/9/2022), gangguan kesehatan tersebut terjadi lantaran kemampuan tubuh untuk mengatur suhu berkurang akibat cuaca panas ekstrem.

Untuk meminimalkan risiko tersebut, pastikan tubuh terlindungi dari sengatan sinar matahari hari sebelum beraktivitas di luar ruangan. Selain mengenakan pakaian yang nyaman dan mampu menyerap keringat dengan baik, jangan lupa juga melindungi kepala dan wajah dengan mengenakan topi.

Berikut adalah tiga rekomendasi model topi yang bisa melindungi kepala dari cuaca panas dan sengatan sinar matahari.

  1. Topi outdoor

Model topi kekinian pertama yang bisa jadi opsi adalah topi outdoor. Sesuai namanya, topi ini cocok dikenakan saat beraktivitas di luar ruangan. Topi outdoor biasanya terbuat dari bahan nilon yang memiliki bobot ringan dan punya fitur antiair.

Selain itu, topi model tersebut juga dilengkapi dengan sistem ventilasi pada beberapa sisi agar sirkulasi udara berjalan dengan lebih baik. Dengan begitu, topi outdoor tetap nyaman dan sejuk ketika dipakai di cuaca panas dan terik matahari.

Salah satu merek topi outdoor yang bisa jadi pilihan adalah topi Eiger. Jenama penyedia perlengkapan kegiatan luar ruangan itu memiliki beragam pilihan topi outdoor untuk berbagai peruntukan. Sebut saja, topi untuk hiking, mendaki gunung, berkendara, dan aktivitas sehari-hari.

  1. Bucket hat

Bucket hat kembali menjadi tren pada beberapa tahun terakhir. Topi ini memiliki desain sederhana, yakni bagian penutup kepala berbentuk lingkaran dengan bentuk pinggiran yang lebar dan miring. Desain ini bertujuan untuk melindungi wajah dari terik sinar matahari dan rintik hujan.

Bucket hat terbuat dari berbagai bahan yang dapat digunakan untuk beragam kondisi. Contohnya, bucket hat berbahan katun cocok digunakan pada cuaca hangat. Kemudian, bucket hat berbahan denim atau wol cocok dikenakan saat cuaca dingin.

  1. Topi baseball

Model topi selanjutnya yang mampu menghalau sinar matahari adalah topi baseball. Seperti namanya, topi ini dahulu hanya digunakan oleh anggota tim baseball untuk melindungi mata dari sinar matahari saat bertanding.

Topi baseball sendiri memiliki desain bagian atas kepala yang tidak kaku. Kemudian, di bagian depan terdapat bill atau brim kokoh yang berfungsi melindungi mata dan wajah dari paparan sinar matahari.

Topi baseball hadir dengan warna dan desain yang beragam. Jadi, selain melindungi kepala dari cuaca panas, topi ini juga cocok dijadikan fashion item untuk melengkapi gaya kamu.

Sebagai informasi, kamu yang ingin membeli topi untuk dikenakan sehari-hari bisa mendapatkannya di Tokopedia. Platform e-commerce ini menawarkan berbagai pilihan topi dengan berbagai model dan merek yang bisa dipilih sesuai preferensi.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com