Advertorial

Tiga Kali Berturut-turut, Kemendagri Kembali Raih Peringkat Pertama Kinerja Anggaran Terbaik

Kompas.com - 18/05/2023, 11:39 WIB

 


KOMPAS.com - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mendapatkan penghargaan peringkat pertama Kinerja Anggaran Terbaik Tahun 2022 untuk kategori pagu sedang. Penghargaan tersebut merupakan kali ketiga setelah pada 2020 dan 2021, Kemendagri mendapatkan penghargaan yang sama.

Mewakili Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Suhajar Diantoro menerima piagam penghargaan yang diserahkan oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati secara langsung.

Penghargaan diberikan dalam acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pelaksanaan Anggaran Tahun 2023 yang digelar secara hybrid dari Ballroom Dhanapala, Kompleks Kementerian Keuangan, Rabu (17/5/2023).

Sebagai informasi, kementerian/lembaga (K/L) yang memperoleh penghargaan dalam acara tersebut untuk kategori pagu besar dianugerahkan kepada Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Hukum dan Hak asasi Manusia (Kemenkum dan HAM), Kepolisian RI, Kejaksaan RI, dan Mahkamah Agung (MA).

Kemudian untuk pagu sedang, yaitu Kemendagri, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Kementerian Kelautan dan Perikanan, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), dan Badan Pusat Statistik (BPS).

Sementara untuk kategori pagu kecil, yaitu Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Lembaga Administrasi Negara (LAN), Sekretariat Kabinet, Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

“APBN harus bisa menjadi solusi kemakmuran rakyat dan peningkatan kualitas hidup masyarakat. Saat ini, perekonomian Indonesia yang meningkat patut disyukuri di tengah situasi dunia yang semakin tidak mudah. Pemerintah terus mempertahankan pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen,” ujar Menkeu dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (18/5/2023).

Sri Mulyani menyebut, meski kinerja anggaran K/L telah baik, tetapi kualitas belanja yang dilakukan masih perlu diakselerasi agar mampu memberikan manfaat yang lebih besar.

Dampak tersebut ditujukan, khususnya kepada kehidupan masyarakat sehari-hari serta perekonomian Indonesia yang semakin maju dan kuat.

“Fokus kami pada dampak dan impact-nya,” tambahnya.

Sebagai informasi, Rakornas tersebut mengusung tema “Belanja Berkualitas untuk Transformasi Ekonomi Indonesia”. Tema ini, kata Sri Mulyani, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo dalam menciptakan lapangan pekerjaan, menurunkan angka stunting dan kemiskinan ekstrem, menjaga ketahanan pangan, mengendalikan inflasi, serta mendorong investasi.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com