Advertorial

Daikin Luncurkan AC Hemat Energi "Bintang Lima" dengan Teknologi Pendinginan Cepat dan Filter Gin-Ion

Kompas.com - 19/05/2023, 09:52 WIB

KOMPAS.com – PT Daikin Airconditioning Indonesia (Daikin) mengenalkan perangkat pendingin udara atau air conditioner (AC) single split terbaru, yakni AC EVO Inverter.

AC tersebut membawa sejumlah fitur unggulan khas perusahaan spesialis tata udara asal Jepang tersebut, yakni hemat energi, pendinginan cepat, serta filtrasi udara yang dapat meningkatkan efektivitas pembersihan udara di dalam ruangan.

Asisten General Manager Daikin Alexander Eko Wibowo menjelaskan, EVO Inverter merupakan jawaban Daikin atas peningkatan kebutuhan AC rumah di Indonesia.

“Tak hanya memiliki kemampuan unik dalam menghemat daya listrik, AC Daikin terbaru ini juga memungkinkan pengguna menikmati udara sejuk lebih cepat dengan lebih bersih,” tuturnya seperti dalam siaran pers Kompas.com, Rabu (17/5/2023).

Alexander melanjutkan, penghematan listrik pada EVO Inverter bukan sekadar klaim belaka. Teknologi inverter yang dikembangkan Daikin telah teruji dapat menghemat listrik.

Hal itu dibuktikan dengan label Tingkat Hemat Energi dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Adapun EVO Inverter mendapatkan bintang lima pada label Tingkat Hemat Energi.

Untuk diketahui, pelabelan Tingkat Hemat Energi dilakukan pemerintah agar masyarakat mengetahui kemampuan penghematan energi pada perangkat elektronik. Semakin banyak bintang yang didapat, maka perangkat elektronik tersebut memiliki kemampuan penghematan energi yang tinggi.

Alexander menambahkan, penghematan energi pada AC EVO Inverter juga dapat dioptimalkan melalui fitur Mode Econo. Berbekal pengalaman selama satu abad, Daikin mengembangkan inovasi fitur Mode Econo yang dapat menghemat konsumsi listrik hingga 30 persen dari kebutuhan operasional normal.

Mode tersebut bekerja dengan menyesuaikan konsumsi daya listrik dengan jumlah orang beraktivitas di dalam ruangan. Mode Econo juga bisa dimanfaatkan saat suhu di sekitar ruangan cenderung sejuk karena pengaruh cuaca atau beranjak malam.

“(Fitur Mode Econo) membuat peluang penghematan listrik lebih optimal pada genggaman pengguna. (Dengan demikian) memberi keuntungan lebih dari sisi biaya tanpa harus mengorbankan kenyamanan,” jelasnya.

Dingin lebih cepat dan udara lebih sehat

AC EVO Inverter dari Daikin bisa mendinginkan udara lebih cepat dan sehat.Dok. Daikin AC EVO Inverter dari Daikin bisa mendinginkan udara lebih cepat dan sehat.

Tak sekadar hemat energi, AC EVO Inverter juga dapat mendinginkan ruangan secara lebih cepat. Bahkan, kinerja pendinginannya diklaim 40 persen lebih cepat ketimbang produk serupa di pasaran.

Kinerja tersebut didapat berkat kolaborasi peningkatan kecepatan putaran kipas dan pengaturan suhu hingga titik tertentu pada beberapa saat. Dengan kolaborasi ini, udara sejuk dapat didorong lebih cepat memenuhi ruangan.

AC EVO Inverter juga sudah dibekali Filter Gin-Ion. Filter ini, jelas Alexander, memiliki kemampuan untuk mengeliminasi virus dan bakteri yang terjebak pada lapisan penyaringan melalui proses dekomposisi.

“Kerja unik yang tak hanya memerangkap, tetapi juga bisa mengeliminasi berbagai partikel yang membahayakan kesehatan di udara. Dengan Filter Gin-Ion, pengguna tak hanya bisa menikmati udara sejuk, tetapi juga lebih bersih,” jelasnya.

Inovasi lain yang membuat AC EVO Inverter menarik adalah Super PCB. Inovasi ini menempatkan pusat rangkaian kelistrikan AC pada unit outdoor. Dengan inovasi ini, AC EVO Inverter memiliki ketahanan yang lebih baik saat kondisi arus listrik tidak stabil.

Untuk diketahui, puncak beban listrik di beberapa daerah menyebabkan arus listrik tidak stabil. Hal ini bisa dirasakan dengan melihat lampu yang tiba-tiba meredup sejenak. Puncak beban listrik biasanya terjadi pada sore hingga malam hari.

Alexander menjelaskan, ketika terjadi lonjakan atau penurunan arus listrik, Super PCB pada AC EVO Inverter dapat tetap beroperasi tanpa menyebabkan kerusakan pada komponen di dalamnya.

Teknologi tersebut dapat membuat AC EVO Inverter tetap beroperasi di arus listrik serendah 130 volt dan setinggi 415 volt. Berkat inovasi Super PCB, AC EVO Inverter dari Daikin bisa memiliki usia pakai lebih panjang.

Alexander melanjutkan, AC EVO Inverter tersedia dengan pilihan kapasitas pendinginan mulai dari 1 PK hingga 2,5 PK. AC ini ditawarkan dengan harga di kisaran Rp 5 juta.

AC EVO Inverter mulai tersedia di berbagai toko elektronik berlabel Daikin AC Shop di kota-kota besar Indonesia pada pertengahan Mei 2023.

Informasi dan spesifikasi lengkap AC EVO Inverter bisa didapat dengan mengunjungi situs web resmi Daikin pada tautan berikut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com