Advertorial

UAJY Ciptakan Platform Metaverse untuk Dorong Proses Pembelajaran Virtual

Kompas.com - 20/05/2023, 14:23 WIB

KOMPAS.com - Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) terus melakukan sejumlah inovasi untuk mendukung kualitas pendidikan dan pembelajaran mereka. Terbaru, universitas dengan akreditasi Unggul tersebut mengembangkan platform metaverse untuk mendukung proses pertemuan tatap muka.

Ketua Tim Inovasi Pembelajaran sekaligus Manajer Proyek Metaverse Brahma Putra Pratama mengatakan, platform yang diinisiasi oleh Fungsi I universitas ini dikembangkan untuk mendukung program pemerintah, khususnya dalam penguasaan teknologi digital.

“Diharapkan, metaverse dapat lebih menarik minat atau keinginan mahasiswa dan memotivasi mahasiswa untuk belajar. Seperti diketahui, (dalam) pembelajaran secara konvensional itu semangatnya (mahasiswa) sering menurun,” imbuh Brahma dikutip dari rilis resmi yang diterima Kompas.com, Sabtu (20/5/2023).

Kelebihan platform metaverse menurutnya terletak pada user interface yang lebih interaktif, layaknya berkomunikasi di dunia nyata. Selain itu, platform ini juga tergolong sustainable, sehingga dapat terus dikembangkan sesuai kebutuhan.

“Ketika menggunakan VR device, kita bisa mengangkat barang, melihat, sampai melempar barang. Kita juga bisa menulis langsung, jadi tidak perlu ngetik-ngetik,” lanjutnya.

Meski begitu, Brahma menegaskan bahwa konsep pembelajaran metaverse yang akan disiapkan oleh UAJY nantinya akan sama seperti pembelajaran online, yakni menggunakan Microsoft Teams atau Zoom.

“Ada ruangan virtual yang kemudian kita bisa merepresentasikan diri kita melalui avatar. Kalau di Ms Teams kita bisa off-cam, tapi di sini walaupun di metaverse kamera dimatikan, kehadiran kita tetap akan terlihat berkat adanya wujud avatar di situ. Akan ada ekspresi yang dapat diamati oleh dosen atau sesama teman,” terang Brahma.

Laman metaverse UAJY DOK. UAJY Laman metaverse UAJY

Terkait proses pembelajaran, UAJY telah menyiapkan empat ruang virtual yang terdiri dari empat gedung UAJY yaitu gedung 1, 2, 3, dan 4. Masing-masing gedung memiliki dua ruangan, yakni ruang diskusi dan ruang kelas.

Nantinya, setiap dosen akan memanfaatkan ruang tersebut sebagai host atau pemilik, lalu memanfaatkan ruangan tersebut untuk mengajar.

Ketua Tim Proyek Metaverse sekaligus Wakil Tim Inovasi Pembelajaran Yohanes Priadi Wibisono menambahkan, platform metaverse UAJY dapat diakses melalui tiga device, mulai dari VR devicehandphone, hingga laptop.

“Kalau ingin akses pakai browser, bisa diakses melalui metaverse.uajy.ac.idKedua, pakai handphone dengan menggunakan aplikasi VR. Ketiga bisa juga menggunakan VR device. Lewat VR device, kita bisa merasakan environment nyata secara virtual. Kita bisa berinteraksi secara langsung, pegang alat, juga bisa jalan-jalan seperti sedang di kehidupan real,” terang Priadi.

Senada, Wakil Rektor I UAJY Sushardjanti Felasari juga mengatakan bahwa metaverse UAJY akan terus berkembang seiring dengan berubahnya infrastruktur milik pemerintah. Ia berharap, karya-karya UAJY dapat menjawab tantangan pendidikan di era modern.

“Harapannya UAJY bisa menjadi semakin besar dan berkualitas, tidak hanya dari sisi akademik namun juga dari sisi masyarakat. Karya-karya UAJY juga bisa mendapat pengakuan baik di lingkungan akademis maupun masyarakat melalui penelitian, pengajaran, pengabdian, baik yang dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa dan menjawab permasalahan masyarakat,” tutur Felasari.

Bagi calon mahasiswa yang berminat dan tertarik untuk kuliah di UAJY, saat ini UAJY masih menyediakan berbagai program beasiswa yang terdiri dari UAJY Full Scholarship, Program OSC-Medcom, Beasiswa Program Internasional (BPI), Program KIP Kuliah, beasiswa disabilitas, dan Beasiswa Prestasi Akademik (BPA).

Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) UAJY dibuka hingga Juni 2023 dengan menyediakan enam pilihan fakultas, 13 pilihan Program Studi Sarjana, dan 7 Program Studi Magister.

PMB UAJY dapat dilakukan melalui beberapa jalur yaitu program seleksi tes, Penerimaan Seleksi Siswa Berpotensi (PSSB), Program Beasiswa, dan program jalur unggulan. Informasi selengkapnya dapat di lihat pada laman pmb.uajy.ac.id.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com