Advertorial

Peringatan Harkitnas Ke-115, Bupati Klaten Ingatkan Kembali 3 Cita-cita Budi Utomo

Kompas.com - 22/05/2023, 15:32 WIB


KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten melaksanakan upacara dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115 di Halaman Kantor Bupati Klaten, Senin (22/5/2023).

Hadir menjadi peserta upacara, yakni Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kepala organisasi perangkat daerah (OPD), Tentara Nasional Indonesia (TNI), Polri, Siswa sekolah menengah atas (SMA), aparatur sipil negara (ASN) Kabupaten Klaten, dan tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu,Bupati Klaten Sri Mulyani selaku inspektur upacara menyampaikan pidato pelaksana tugas (Plt) Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Menkominfo RI), Mahfud MD.

Dalam sambutannya, Sri Mulyani mengingatkan peserta upacara untuk berpedoman pada tiga cita-cita besar sebagai semangat kebangkitan bangsa yang diusung oleh Perkumpulan Budi Utomo.

“Budi Utomo juga melandaskan dirinya untuk mengejar tiga tujuan yang menjadi cita-cita utama kebangkitan nasional, yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia,” papar Sri Mulyani dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (22/5/2023).

Sri Mulyani juga menjelaskan bahwa barisan persatuan yang dibentuk oleh Budi Utomo merupakan pemantik bagi kekuatan Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan di masa yang sulit, baik pada masa pra-kemerdekaan maupun pasca-kemerdekaan.

“Di masa ini, di saat kemerdekaan telah diraih, barisan perjuangan kita harus tetap rapat, erat, dan terus maju bergerak mengobarkan api semangat untuk bangkit demi mewujudkan Indonesia Emas 2045,” jelas Sri Mulyani.

Sebagai informasi, rangkaian peringatan Harkitnas di Kabupaten Klaten berjalan lancar dan khidmat dengan adanya pengibaran sang saka merah putih, pembacaan teks Pancasila, dan pembacaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com