Advertorial

Luncurkan Kebijakan Subsidi Tiket Penerbangan, Susi Pudjiastuti Apresiasi Gubernur Sulsel

Kompas.com - 23/05/2023, 08:03 WIB

KOMPAS.com - Presiden Direktur PT ASI Pudjiastuti Aviation (Susi Air) Susi Pudjiastuti mengapresiasi kebijakan Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman yang memberikan subsidi penerbangan untuk 10 rute layanan Susi Air.

Program tersebut dihadirkan sebagai respons terhadap harga tiket yang mahal, penerbangan terhenti, dan bandara tidak terpakai atau tidak termanfaatkan secara optimal.

Dengan mengoptimalkan 10 rute tersebut, diharapkan mobilitas orang, barang, dan, jasa dapat meningkat sehingga perekonomian di wilayah yang dilalui rute tersebut turut meningkat.

"Saya lihat Pak Gubernur sangat responsif," kata Susi dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Selasa (23/5/2023).

Terdapat 10 rute penerbangan atau 5 rute pulang-pergi yang mendapatkan subsidi tersebut, yakni Makassar-Masamba, Masamba-Sorowako, Makassar-Bone, Makassar-Selayar, dan Bone-Kendari.

Susi pun berharap Sulsel menjadi pionir keterhubungan penerbangan di Sulsel, terutama dalam pelayanan penerbangan perintis.

"Kalau jarak itu bisa (terbang) menjadi 1 jam dari 12 jam (darat), itu kan lebih baik. Apalagi, pulau-pulau, kalau cuaca jelek, air laut sedang tinggi, itu mau pakai apa? Jadi, connectivity itu sangat penting dan saya pikir Pak Gubernur luar biasa," imbuhnya.

Ia menilai, pembangunan infrastruktur kebandaraan juga harus didukung dengan anggaran operasional. Fasilitas yang ada harus dimanfaatkan untuk dapat melayani penerbangan.

"Kalau kita mau membangun fasilitas infrastruktur itu harus dipastikan anggaran untuk operasionalnya. Kalau tidak, mangkrak dan rusak. Itu kan kehilangan besar untuk negara dan masyarakat. Pembangunan tidak jalan," ujarnya.

Susi Air sendiri menyambut baik kerja sama dengan Pemprov Sulsel. Sebab, kerja sama ini bertujuan menyambungkan seluruh wilayah di Indonesia agar lebih mudah dan tetap murah. Dengan begitu, tercipta peradaban Indonesia yang tumbuh dan berkembang lewat dukungan konektivitas penerbangan.

"Susi Air tidak pernah menolak kerja sama untuk membangun Indonesia lebih baik dan lebih terkoneksi. Peradaban datang karena connectivity. Sebetulnya untuk kami di daerah, dibuat murah, segalanya apa gampang, urusan juga gampang. Pasti investasi juga masuk," ujarnya.

Gubernur Sulsel Andi Sudirman SulaimanDok. Pemprov Sulsel Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com