Advertorial

10 Alasan Korea Selatan Cocok Jadi Destinasi Wisata MICE

Kompas.com - 24/05/2023, 12:38 WIB

KOMPAS.com – Sebagai salah satu negara paling dinamis di dunia, Korea Selatan memiliki infrastruktur yang relatif lengkap.

Tak heran, negara dengan julukan Negeri Ginseng itu kerap ditunjuk sebagai tuan rumah gelaran meetings, incentives, conferences, dan exhibitions (MICE) skala internasional.

Gelaran tersebut juga terasa semakin lengkap dengan keindangan pemandangan alam dan keunikan budaya tradisional yang dimiliki negara tersebut.

Secara umum, berikut 10 alasan Korea Selatan cocok dijadikan destinasi wisata MICE.

1. Tujuan konvensi yang disukai secara global

Berdasarkan UIA Global Meetings Statistics 2021, Korea Selatan menempati peringkat kedua sebagai tujuan utama acara internasional.

Berbagai agenda, mulai dari konvensi skala besar, rapat perusahaan, rapat tingkat tinggi, hingga perjalanan wisata insentif terselenggara dengan sukses di negara tersebut.

Korea Selatan mudah diakses dari berbagai kota besar di dunia.Dok. Korea Tourism Organization Korea Selatan mudah diakses dari berbagai kota besar di dunia.

2. Aksesibilitas nyaman

Korea Selatan mengoperasikan rute internasional terluas di Asia Timur Laut sehingga mudah diakses dari berbagai kota besar di dunia.

Adapun Bandara Internasional Incheon merupakan penghubung utama Korea Selatan yang melayani penerbangan ke 135 tujuan di sembilan negara di dunia.

Korea Selatan juga dikenal sebagai salah satu negara dengan jaringan transportasi umum internal kelas dunia. Semua kota besar dapat dicapai dengan mobil, kereta, ataupun pesawat dalam waktu tiga jam saja.

Aksesibilitas nyaman tersebut menjadikan Korea Selatan sebagai lokasi strategis bagi penyelenggaraan MICE.

3. Infrastruktur TI berkecepatan tinggi

Korea Selatan merupakan negara pertama yang memperkenalkan layanan jaringan 5G. Dengan konektivitas dan teknologi informasi (TI) kelas satu, wifi bisa diakses secara mudah di negara itu. Bahkan, internet bisa diakses secara gratis di berbagai tempat umum, seperti bandara serta kereta bawah tanah (subway) kapan pun dan di mana pun.

Selain acara bisnis berskala internasional, infrastrukturTI tersebut juga dapat mendukung program karantina, kebersihan, dan keselamatan.

4. Negara teraman di dunia

Korea Selatan merupakan salah satu negara dengan keamanan nasional yang relatif stabil. Tingkat kejahatan di negara ini pun terbilang rendah. Selain itu, Korea Selatan juga dinilai mampu menangani pandemi Covid-19 secara efektif.

Dengan keamanan tersebut, penyelenggara dapat menggelar agenda MICE, bahkan pada malam hari, tanpa mengkhawatirkan faktor kesehatan dan keselamatan.

Pengunjung Korea Selatan akan dibuat terpesona dengan perpaduan unik antara sejarah dan gedung pencakar langit yang modern.Dok. Korea Tourism Organization Pengunjung Korea Selatan akan dibuat terpesona dengan perpaduan unik antara sejarah dan gedung pencakar langit yang modern.

5. Tradisi dan K-Culture penuh warna

Dengan sejarah sepanjang lebih dari 5.000 tahun, Korea Selatan memiliki budaya dan tradisi yang penuh warna. Negara ini memiliki 15 situs warisan dunia yang diakui oleh The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Korea Selatan juga menampilkan modernitas pada sejumlah sudut kota. Di ibu kota Seoul, misalnya, pengunjung akan dibuat terpesona dengan perpaduan unik antara sejarah dan gedung pencakar langit yang modern.

Baru-baru ini, Korea Selatan juga mendapatkan pujian internasional untuk K-Culture, termasuk grup pop sensasi global BTS dan serial Netflix Squid Game.

6. Masakan yang lezat dan beragam

Meski makanan Korea Selatan semakin mudah ditemukan di seluruh dunia, keautentikan cita rasa kuliner tersebut akan lebih terasa saat dijajal di negara asalnya. Pelancong bisnis vegetarian pun bisa mendapatkan berbagai pilihan yang sesuai.

Selain itu, pelancong juga dapat mengikuti kelas memasak hidangan tradisional Korea Selatan, misalnya kimchi dan bulgogi.

Pelancong bisnis di Korea Selatan dapat mengikuti kelas memasak hidangan tradisional, misalnya kimchi dan bulgogi.Dok. Korea Tourism Organization Pelancong bisnis di Korea Selatan dapat mengikuti kelas memasak hidangan tradisional, misalnya kimchi dan bulgogi.

7. Beragam kegiatan eksklusif

Korea Selatan menyediakan berbagai pilihan program team building yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan peserta acara MICE.

Tak hanya itu, mereka juga dapat pengalaman budaya secara langsung, seperti menginap di kuil, mengikuti kursus kerajinan tradisional, dan berkeliling istana bersejarah menggunakan pakaian tradisional hanbok.

Kemudian, pelancong bisnis juga bisa berpartisipasi dalam permainan balapan serupa acara televisi (TV) Running Man yang populer serta program lain, seperti aktivitas interaktif dan olahraga air.

Peserta kegiatan MICE dapat berkeliling istana bersejarah menggunakan pakaian tradisional Korea, hanbok.Dok. Korea Tourism Organization Peserta kegiatan MICE dapat berkeliling istana bersejarah menggunakan pakaian tradisional Korea, hanbok.

8. Destinasi MICE menarik

Korea Selatan siap menggelar pertemuan dalam berbagai skala dengan 17 pusat konvensi internasional serta 17 biro konvensi regional atau convention and visitors bureau (CVB) berteknologi canggih dan fasilitas lengkap.

Adapun fasilitas konferensi tersebar di sejumlah wilayah dan terhubung dengan delapan bandara internasional.

Sebelum acara, penyelenggara dan pelancong bisnis juga dapat mengikuti tur virtual 360 derajat dari 11 pusat konvensi utama melalui situs MICE Korea Tourism Organization.

9. Korea Unique Venue

Korea Unique Venue merupakan area MICE yang menawarkan konsep unik sehingga cocok sebagai tuan rumah acara bertema budaya lokal.

Busan Cinema Center merupakan salah satu Korea Unique Venue yang dapat digunakan untuk berbagai acara MICE berskala internasional.Dok. Korea Tourism Organization Busan Cinema Center merupakan salah satu Korea Unique Venue yang dapat digunakan untuk berbagai acara MICE berskala internasional.

Tak hanya itu, Korea Tourism Organization juga terus menyiapkan Korea Unique Venue untuk berbagai acara, seperti seni, olahraga rekreasi, Korean Wave, dan keindahan alam.

10. Program dukungan

Saat menggelar konferensi internasional di Korea Selatan, penyelenggara dapat menerima dukungan khusus dari lembaga MICE resmi Korea Selatan, yakni Korea MICE Bureau (KMB).

Penyelenggara dapat menerima dukungan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari infrastruktur digital untuk pertemuan hibrida hingga produksi suvenir bagi peserta.

Penyelenggara acara dapat mengunjungi web www.koreaconvention.org untuk mendapatkan informasi lengkap, termasuk mengenai ketentuan dan kebijakan pendaftaran.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com