Advertorial

Ini 8 Kawasan Seru yang Wajib Dikunjungi saat Melancong ke Australia

Kompas.com - 26/05/2023, 13:27 WIB

KOMPAS.com – Australia merupakan salah satu negara destinasi liburan favorit masyarakat Indonesia. Lokasinya yang dekat menjadi alasan utama masyarakat Tanah air gemar berlibur ke Negeri Kangguru.

Selain itu, Australia juga memiliki beragam destinasi wisata yang berbeda di setiap kawasannya. Hal ini membuat pengalaman liburan menjadi tak terlupakan.

Berikut adalah delapan wilayah yang bisa dijadikan tujuan liburan saat Anda melancong ke Australia.

Sydney, New South Wales. Dok. Tourism Australia Sydney, New South Wales.
1. New South Wales (NSW)

Negara bagian dengan ibu kota Sydney ini memiliki kawasan kebun anggur yang patut dikunjungi. Suasana pedesaan pinggir laut dengan air yang jernih beserta hutan belantara pegunungan menjadikan kawasan ini sangat menarik untuk disambangi

Anda yang berjiwa petualangan atau ingin bersantai di pantai wajib mengunjungi kawasan ini. Sebab, NSW yang dikelilingi oleh Sapphire Coast di sisi selatan, Central Coast di sisi utara dan Blue Mountains yang terkenal di sisi baratnya merupakan tujuan wisata yang seru dan lengkap.

Uluru, Northern Territory. Dok. Dwidayatour Uluru, Northern Territory.

2. Northern Territory

Northern Territory atau wilayah utara Australia wajib Anda sambangi saat berlibur ke Australia. Negara bagian dengan ibu kota Darwin ini akan memberikan pengalaman yang berbeda.

Pasalnya, Anda dapat mengeksplorasi berbagai taman nasional di Australia, seperti Kakadu National Park, King’s Canyon, dan Litchfield National Park. Bahkan, Anda akan menemukan tempat ikonik, seperti Uluru, di negara bagian tersebut.

Tidak hanya itu, pengalaman klasik Australia berupa bentang alam yang memukau, margasatwa, dan budaya Aborigin yang autentik menanti Anda di Northern Territory.

 

Brisbane, Queensland. Dok. Dwidayatour Brisbane, Queensland.

3. Queensland

Terkenal sebagai Sunshine State, Queensland memiliki hamparan lahan subtropis di timur laut Australia. Anda dapat menemukan Great Barrier Reef yang masuk dalam daftar Warisan Dunia, Daintree Rainforest yang kuno, dan Whitsunday Islands yang begitu indah di kawasan ini.

Negara bagian dengan ibukota Brisbane ini memiliki sinar matahari dan cuaca hangat pada musim dingin. Anda pun dapat menikmatinya lebih lama ketimbang hampir semua tempat lain di Australia.

Hal tersebut menjadikan Brisbane cocok dijadikan tempat untuk kegiatan di luar ruangan dan olahraga air.

Adelaide, South Australia. Dok. Dwidayatour Adelaide, South Australia.

4. South Australia

Terletak di bawah bagian tengah Australia, South Australia merupakan salah satu tujuan wisata paling santai untuk dikunjungi.

Ibu kota negara bagian tersebut, Adelaide, merupakan tempat yang tepat untuk menjelajahi kilang anggur Barossa Valley, Flinders Ranges, dan Kangaroo Island.

Tidak hanya itu, kesenian di South Australia juga dapat dijadikan hiburan tersendiri. Dengan julukan Festival State, negara bagian ini memiliki 500 acara dan festival yang digelar setiap tahun.

The Bay of Fires, Tasmania. Dok. Dwidayatour The Bay of Fires, Tasmania.

5. Tasmania

Pulau Tasmania memiliki pantai yang memukau, pegunungan berbatu, dan sungai dengan ngarai yang berliku. Dipisahkan dari daratan utama Australia oleh Bass Strait, Anda akan menemukan liburan seru di lokasi ini.

Tasmania juga memiliki bentang alam dan hutan belantara yang luas sehingga memberikan pengalaman jelajah alam dengan berjalan kaki paling memukau di benua tersebut.

Ibu kota Hobart merupakan kota kosmopolitan yang indah dan dekat dengan berbagai kota kecil yang unik. Anda juga tak akan melewatkan tempat wisata kuliner dan wisata anggur yang bisa dinikmati bersama keluarga atau orang terdekat.

Melbourne, Victoria. Dok. Dwidayatour Melbourne, Victoria.

6. Victoria

Victoria merupakan pusat yang dinamis dari semua yang berkaitan dengan budaya di Australia. Melbourne adalah salah satu kota yang tidak asing sekaligus menjadi ibu kota dari negara bagian ini.

Kota bergelar Most Liveable City in The World tersebut memiliki keragaman budaya, pemandangan kota yang modern, dan suasananya yang ramah.

Di Victoria, Anda akan menemukan banyak objek wisata yang patut dikunjungi, mulai dari museum dan galeri, Grampians National Park yang agung, hingga Great Ocean Road yang termasuk dalam Warisan Nasional.

Perth, Western Australia. Dok. Dwidayatour Perth, Western Australia.

7. Western Australia

Terletak di pesisir barat negeri, Western Australia adalah negara bagian terbesar yang memiliki berbagai pilihan untuk wisata Anda, seperti Kimberley Region yang dramatis, Rottnest Island yang menawan dan satu-satunya tempat untuk bertemu Quokka yang suka berswafoto, serta kawasan selancar dan anggur premium Margaret River.

Beribukota di Perth, negara bagian tersebut terkenal dengan pantai-pantai yang lengang dan penuh kedamaian, taman-taman, serta makanan laut yang segar.

Hal tersebut menjadikan Perth sebagai salah satu destinasi wajib untuk kamu kunjungi ketika berencana ke Australia.

Canberra, Australian Capital Territory. Dok. Dwidayatour Canberra, Australian Capital Territory.

8. Australian Capital Territory

Negara bagian dengan ibu kota Canberra ini memadukan alam dan budaya, seperti monumen dan museum dengan danau yang berkilau serta lahan basah liar.

Kota kosmopolitan yang terkenal dengan kecanggihannya itu memiliki National Gallery of Australia, National Museum of Australia, dan Parliament House yang patut dikunjungi.

Tidak hanya itu, kawasan tersebut juga memiliki wisata kuliner yang berkembang pesat, kawasan kebun anggur, sederet taman, dan kebun yang indah.

Itulah delapan kawasan di Australia yang unik dan dapat Anda kunjungi.

Australia juga memiliki berbagai wilayah lain yang bisa dijadikan pilihan, seperti Ashmore and Cartier Islands, Christmas Island, Cocos (Keeling) Islands, Jervis Bay Territory, Coral Sea Islands, Heard dan McDonald Islands, Norfolk Island, serta Australian Antarctic Territory.

Selain itu, sebanyak 42 persen dari total wilayah benua Antartika menjadi wilayah lain atau luar dari Australia.

Nah, jika Anda sudah siap menjelajah Australia, rencanakan perjalanan, mulai dari tiket, hotel, hingga tur Australia hanya bersama Dwidayatour.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com