Advertorial

Lulusan UAJY Tebarkan Energi Positif dan Prestasi Gemilang dalam Momen Wisuda

Kompas.com - 31/05/2023, 19:31 WIB

KOMPAS.com - Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) menggelar Wisuda Periode III Tahun Akademik 2022/2023 di Gedung Slamet Rijadi UAJY, Yogyakarta, Sabtu (27/5/2023).

Wisuda tersebut diikuti oleh 330 mahasiswa dengan rincian 297 dari program sarjana dan 33 dari program magister. Sampai Periode III Tahun Akademik 2022/2023, UAJY telah meluluskan 53.280 mahasiswa. Rinciannya, 50.463 dari program sarjana dan 2.817 dari program magister.

Pada wisuda tersebut, Elisabeth Budianto dari Program Studi (Prodi) Arsitektur menjadi lulusan program sarjana dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) tertinggi, yakni 3,99.

Sementara itu, Kristian Ismartaya dari Prodi Teknik Industri menjadi lulusan dengan IPK tertinggi untuk program magister, yakni 4,00.

Pada wisuda kali ini, Yohanes Maharso Joharsoyo dari Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terpilih menjadi wakil wisudawan untuk memberikan sambutan. Maharso sendiri lulus sebagai sarjana Ilmu Komunikasi yang meraih predikat cum laude dengan IPK 3,93.

Selain memiliki nilai akademis yang baik, Maharso juga aktif di sejumlah organisasi, baik di dalam maupun luar kampus. Sebut saja, sebagai Managing Director Lembaga Pers Mahasiswa TERAS dan Sekretaris Jenderal Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia DK Yogyakarta.

Sementara pada ranah profesional, Maharso juga mempunyai pengalaman sebagai kreator konten dan penulis di salah satu televisi swasta. Ia juga menjadi digital trainers and mentor pada salah satu komunitas lokal yang bergerak pada bidang turisme.

Pada sambutannya, Maharso menyampaikan tiga poin penting yang ia banggakan dan syukuri. Pertama, apresiasi kepada orangtua dan seluruh pihak yang terlibat dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi.

Kedua, UAJY telah memberikan banyak peluang, baik di bangku perkuliahan maupun di luar.

Ketiga, nilai-nilai luar biasa yang ditanamkan UAJY. Ia menilai, ketiga poin tersebut berperan dalam pembentukan kepribadiannya yang kini menjadi lebih baik.

”Kemampuan wisudawan untuk meraih prestasi, baik di bidang akademik maupun nonakademik, merupakan aspek penting untuk meraih pekerjaan yang sesuai. Prestasi tersebut dapat menjadi nilai lebih sekaligus bahan pertimbangan dan penilaian bagi perusahaan,” ujar Maharso dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (31/5/2023).

Maharso juga menyampaikan rasa bangganya karena UAJY sangat apresiatif bagi mahasiswanya.

“Untuk teman-teman calon mahasiswa baru dan mahasiswa UAJY, aku pastikan banyak beasiswa prestasi dan beasiswa lainnya. Selain beasiswa, UAJY juga memiliki berbagai program untuk mendukung dan mengembangkan diri mahasiswa,” pesan Maharso.

Pada kesempatan tersebut, UAJY turut mewisuda mahasiswa yang berprestasi dalam ajang Koko Cici Jogja 2020, yakni Alfincent Aprilino dan Catherine Presilia Gunawan. Alfincent telah meraih segudang prestasi, seperti Koko Jogja 2020, Koko Indonesia 2022, Mahasiswa Berprestasi UAJY 2021, dan penerima Liem Family Scholarship Batch 3.

Mahasiswa berprestasi UAJY. DOK. UAJY Mahasiswa berprestasi UAJY.

“Selama berada di UAJY, saya merasa bangga dan bahagia karena banyak mendapatkan banyak bimbingan. Salah satu pengalaman yang paling luar biasa adalah ketika saya mewakili UAJY dan Indonesia di ASEACCU Conference ke-28 di Kamboja. Di sana, saya berkesempatan bertemu dengan mahasiswa dari berbagai negara dan memperkenalkan diabolo dan batik di sana,” ujar Alfincent.

Alfincent mengaku, UAJY memiliki andil besar dalam membentuk dirinya menjadi pribadi yang unggul dengan berbagai prestasi yang telah ia torehkan.

“Untuk sobat UAJY, pilihan kalian untuk bergabung ke kampus ini adalah sebuah keputusan yang tepat. Jaga terus nama baik almamater kita. Jadilah pribadi yang unggul, inklusif, berintegritas, dan humanis. Terima kasih untuk UAJY. Viva UAJY!” tambah Alfincent.

Sementara itu, Catherine yang merupakan mahasiswi cum laude Prodi Ilmu Komunikasi Angkatan 2018 dan juga Cici Jogja 2020 mengungkapkan bahwa kuliah di UAJY merupakan pilihan tepat dan tidak pernah ia sesali.

“Pada akhir masa studi, saya dapat mengatakan bahwa saya bangga menjadi alumni dari UAJY. Di sini, saya mendapatkan banyak pengalaman dan pembelajaran, baik secara akademik maupun nonakademik. Pembelajaran yang saya dapat di sini menjadikan saya sebagai pribadi yang unggul, inklusif, humanis, dan berintegritas sesuai nilai ke-Atmajaya-an,” tutur Catherine.

Menurut Catherine, pengalaman yang tidak terlupakan adalah ketika ia berkesempatan untuk mengharumkan nama UAJY lewat pemilihan Koko Cici Jogja 2020. Saat itu, UAJY selalu mendukung dirinya semaksimal mungkin selama ajang itu berlangsung. Hasilnya, ia pun menjadi juara Cici Jogja 2020. 

“Untuk Sobat UAJY, tetap semangat dan tekun menghadapi setiap proses yang ada. UAJY merupakan tempat yang tepat untuk mengembangkan potensi diri dan mencapai mimpi-mimpimu! Jayalah UAJY! UAJY di hati!” ujar Catherine.

Sementara itu, Rektor UAJY Dr G Sri Nurhartanto, SH, LLM menuturkan bahwa di luar sana, masih banyak kesempatan bagi mereka yang mau bekerja keras. UAJY sudah membekali mahasiswanya dengan berbagai macam pengetahuan agar dapat beradaptasi dalam dunia baru.

“Kini, kami hanya dapat mengamati dari jauh. Teriring doa agar Anda sukses karena tidak ada kebahagiaan yang lebih besar bagi seorang pendidik selain melihat anak didiknya sukses,” kata Nurhartanto.

UAJY menyediakan banyak beasiswa hingga Rp 1,3 miliar bagi calon mahasiswa dan mahasiswa UAJY. Tidak hanya beasiswa, UAJY juga memberikan fasilitas dan insentif untuk mendorong mahasiswa lebih aktif dan berprestasi.

“UAJY memberikan kesempatan kepada semua mahasiswa untuk mendapatkan apresiasi berupa insentif saat menjadi juara dari suatu perlombaan. UAJY juga memberikan apresiasi bagi mahasiswanya yang terlibat dalam kepengurusan UKM,” tuturnya.

Sebagai informasi, UAJY berhasil mendapat predikat akreditasi “Unggul” berdasarkan SK Nomor 335/SK/BAN-PT/Ak.KP/PT/V/2023. Hal ini menjadikan UAJY sebagai perguruan tinggi swasta yang layak diperhitungkan bagi calon mahasiswa yang ingin memperoleh pendidikan tinggi berkualitas.

Bagi calon mahasiswa, UAJY menyediakan banyak program Penerimaan Mahasiswa Baru melalui jalur prestasi, reguler, dan beasiswa. Untuk informasi lebih lanjut mengenai UAJY, Anda bisa mengunjungi laman pmb.uajy.ac.id/.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com