Advertorial

Mau Diet Berhasil? Perhatikan 3 Aspek Psikologis Ini

Kompas.com - 01/06/2023, 11:00 WIB

KOMPAS.com – Memiliki berat badan ideal merupakan idaman banyak orang. Pasalnya, selain menyehatkan, berat badan ideal juga dapat menunjang penampilan seseorang.

Berdasarkan data dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes), sebanyak 13,5 persen orang dewasa pada usia 18 tahun ke atas mengalami kelebihan berat badan. Sementara itu, 28,7 persen di antaranya mengalami obesitas.

Seperti diketahui, obesitas merupakan ketidakseimbangan antara asupan energi dengan yang digunakan. Akibatnya, terjadi penumpukkan lemak abnormal pada tubuh.

Kondisi tersebut dapat memicu terjadinya berbagai penyakit kronis, seperti diabetes mellitus (kencing manis), darah tinggi (hipertensi) jantung koroner, serta stroke.

Terdapat berbagai faktor penyebab obesitas. Sebut saja, pola makan tidak sehat, jarang melakukan aktivitas fisik, kelainan bawaan, konsumsi obat-obatan tertentu, serta perubahan hormon.

Untuk mencegah obesitas, Anda dapat menjaga pola hidup sehat supaya berat badan tidak berlebih. Salah satunya dengan menjalani diet. Adapun faktor yang sering diabaikan dalam menjalani diet adalah faktor psikologis.

Dengan memiliki pemahaman yang baik tentang strategi psikologis, Anda dapat termotivasi dan fokus mencapai tujuan.

Supaya diet berjalan lancar, lakukan beberapa strategi berikut.

  1. Memiliki tujuan realistis

Mencanangkan target yang realistis dapat menjadi langkah awal dalam mencapai keberhasilan diet. Pasalnya, target yang Anda tuju dapat dicapai dalam kurun waktu tertentu.

Jangan menetapkan harapan yang terlalu tinggi atau tidak realistis. Hal ini dapat mengakibatkan frustasi dan kekecewaan yang berpotensi membuat Anda menyerah.

Sebagai permulaan, Anda dapat menyusun target jangka pendek untuk menurunkan berat badan secara bertahap.

Pertimbangkan berat badan yang sehat dan realistis yang ingin Anda capai, serta waktu yang diperlukan untuk mencapainya.

Selain itu, penting juga untuk mengelola stres dengan baik agar tidak mengganggu upaya penurunan berat badan Anda. Pasalnya, stres dapat menjadi penyebab seseorang cenderung makan berlebihan atau merasa kurang termotivasi dalam menjalani diet.

Anda dapat mencari metode relaksasi yang sesuai untuk mengurangi stres, seperti meditasi, yoga, atau olahraga ringan.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan produk pelangsing untuk mengurangi stres. Produk ini dapat memberikan harapan dan keyakinan dalam perjalanan diet Anda.

  1. Atur lingkungan supaya mendukung

Anda dapat mengatur lingkungan supaya dapat mendukung tujuan diet Anda. Misalnya, Anda dapat menyetok makanan sehat dan bergizi di rumah. Jadikan pola makan sehat dan olahraga teratur sebagai bagian dari rutinitas harian Anda.

Bila perlu, anda dapat mencari dukungan dari keluarga dan teman-teman Anda. Ini dapat membantu Anda untuk tetap termotivasi. Dengan demikian, Anda akan menciptakan kebiasaan yang berkelanjutan dan lebih mudah untuk dipertahankan dalam jangka panjang.

  1. Jaga motivasi dan fokus

Motivasi menjadi kunci untuk tetap berada pada jalur yang benar saat menjalani diet. Anda dapat menemukan alasan yang kuat untuk mencapai tujuan berat badan yang sehat. Gunakan motivasi itu untuk tetap fokus.

Selain itu, Anda juga bisa membuat papan visi atau daftar tujuan untuk membantu mempertahankan fokus Anda. Jangan terlalu keras pada diri sendiri jika terjadi kesalahan kecil. Ingat, usaha untuk menurunkan berat badan merupakan perjalanan panjang yang membutuhkan konsistensi. Jadi, Anda dapat belajar dari kegagalan dan terus maju.

Menurunkan berat badan membutuhkan waktu dan kesabaran. Dengan demikian, jangan mengharapkan hasil drastis dalam waktu singkat.

Guna memaksimalkan usaha, Anda dapat menggunakan produk pelangsing untuk mendukung program diet Anda. Salah satunya adalah iSlim. Sebagai informasi, iSlim mengandung 200 kalori yang dapat mencukupi kebutuhan nutrisi setara dengan satu kali makan berat.

Selain itu, iSlim juga merupakan produk pangan olahan makan pertama yang dilengkapi tiga fat blocker sekaligus, yaitu chia seed, chitosan, dan green coffee extract.

Produk penunjang diet iSlim.DOK. iSlim Produk penunjang diet iSlim.

Kombinasi dari ketiga bahan tersebut dapat memberikan efek kenyang sekaligus menghalau penyerapan lemak. Selanjutnya lemak dikeluarkan bersama kotoran sehingga pencernaan menjadi lebih sehat.

iSlim tersedia dengan pilihan rasa yang menyenangkan sehingga Anda dapat lebih nyaman dalam menjalani diet.

Dengan pola hidup sehat, kemampuan mengelola stres, serta mengonsumsi produk pelangsing, Anda memiliki peluang lebih baik untuk mencapai keberhasilan dalam diet. Dengan begitu, Anda selangkah lebih dekat dengan berat badan yang diimpikan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com