Advertorial

FIL 2023 Ajak Pelaku UMKM Bertumbuh Bersama dan Memberi Makna Bagi Indonesia

Kompas.com - 01/06/2023, 17:32 WIB

KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) atau BRI bekerja sama dengan Universitas Islam Indonesia (UII) melalui Inkubasi Bisnis dan Inovasi Bersama (IBISMA) Direktorat Pembinaan dan Pengembangan Kewirausahaan/Simpul Tumbuh (DPPK/ST) menggelar kick off program Figur Inspirasi Lokal (FIL) 2023 secara daring pada Rabu (17/5/2023).

Sebagai informasi, FIL merupakan program pemberdayaan berupa pelatihan kepada sosok inspiratif lokal yang memiliki inisiatif murni untuk memberikan dampak dan pengaruh positif bagi masyarakat serta lingkungan sekitar.

Program itu bertujuan untuk memberdayakan figur-figur inspiratif lokal yang dapat menjadi pendamping dan penggerak pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk peningkatan produktivitas, partner Mantri Bank BRI dalam melakukan kegiatan pemberdayaan bisnis BRI, serta narasumber pelatihan atau pemberdayaan kepada pelaku UMKM.

Adapun peserta program FIL terdiri dari tokoh masyarakat, direktur dan pengurus Badan Usaha Milik Desa (BumDes), pelaku UMKM, pelaku usaha binaan, lembaga, kementerian, nasabah BRI, Agen BRlink, serta mitra Ultra Mikro (UMi).

Peserta yang mengikuti program FIL juga harus memenuhi sejumlah kriteria, yakni memiliki inisiatif murni dan memberikan dampak positif dalam pemberdayaan kepada pelaku UMKM, menginspirasi pelaku UMKM dalam pengembangan usaha, serta memiliki karakter baik dan bebas dari kepentingan politik.

Kick off program Figur Inspirasi Lokal 2023. DOK. UII Kick off program Figur Inspirasi Lokal 2023.

FIL 2023 memiliki berbagai topik pembekalan daring, seperti kepemimpinan kolaboratif, keterampilan, strategi, dan praktik komunikasi; konsep dan praktik membangun personal branding; kewirausahaan sosial (socioentrepreneurship); serta pemasaran digital.

Pada acara tersebut, Wakil Rektor Bidang Kemitraan dan Kewirausahaan UII Ir Wiryono Raharjo MArch, PhD dan Division Head Social Entrepreneurship and Incubation Bank BRI Dani Wildan, SE, MBA memberikan pidato kunci. 

Sementara itu, narasumber perdana program tersebut adalah Direktur DPPK/ST UII Dr Ir Arif Wismadi, MSc. Ia membawakan materi tentang kepemimpinan kolaboratif.

Assistant Vice President Social Entrepreneurship & Incubation Division Bank BRI Andika A Rahmansyah, SE, MA. DOK. UII Assistant Vice President Social Entrepreneurship & Incubation Division Bank BRI Andika A Rahmansyah, SE, MA.

Acara tersebut diikuti kurang lebih 300 peserta yang berasal dari berbagai kalangan serta masyarakat umum. Penyelenggara berharap program FIL dapat memberikan dampak positif dan bermanfaat bagi pemberdayaan UMKM di Indonesia.

Sebagai informasi, jadwal pelatihan dimulai pada saat kick-off dimulai. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan materi kepemimpinan kolaboratif. Dalam 1 minggu, pelatihan diadakan dua kali pertemuan. Batch ke 2 FIL 2023 dimulai pada Rabu (17/5/2023) hingga Selasa (6/6/2023).

Berbagai materi yang diberikan untuk peserta FIL 2023 diharapkan menjadikan wadah untuk selalu bertumbuh dan memberi makna bagi Indonesia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com