Advertorial

Belajar dari Poso, Mendagri Ingatkan Pemkab Banggai Urgensi Menjaga Keamanan dan Ketertiban

Kompas.com - 02/06/2023, 10:51 WIB

KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengingatkan jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayahnya.

Pesan tersebut disampaikan Mendagri saat memberi sambutan pada acara Panen Raya Padi di Desa Mantawa, Kecamatan Toili Barat, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah (Sulteng), Kamis (1/6/2023).

Mendagri mengatakan, situasi yang aman dan damai merupakan modal terbesar dalam mendukung upaya pembangunan.

“Bukan sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM), melainkan situasi aman dan damai. Kalau situasi sudah aman dan damai, pemerintah pusat dan pemerintah daerah (pemda) bisa bekerja secara maksimal,” ujar Mendagri dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (2/6/2023).

Mendagri melanjutkan bahwa ikhtiar tersebut perlu dilakukan karena belajar dari Kabupaten Poso. Untuk diketahui, Poso sempat mengalami konflik yang membuat situasi tidak aman.

Kondisi tersebut membuat Kabupaten Poso kurang berkembang, meski memiliki SDA yang subur, seperti Kabupaten Banggai.

“Sekarang, situasinya sudah jauh membaik dan aman. Saya menganggap, pengalaman kasus di Poso menjadi modal penting supaya Kabupaten Banggai dapat menjaga keamanan dan ketertiban,” ujarnya.

Apabila muncul benih-benih potensi konflik karena masalah ekonomi, tanah, atau keagamaan, lanjut Mendagri, Pemkab Banggai harus cepat mengatasinya. Sebab, keamanan dan ketertiban harus terus dirawat. Konflik juga tidak boleh dianggap sebagai sesuatu yang biasa terjadi.

“Kita bisa melihat sawah dan masyarakat yang bisa berjalan dengan bebas di sini tanpa gangguan. Kondisi ini hanya bisa terjadi karena situasi aman,” ujarnya.

Mendagri pun mengimbau jajaran Kepala Polres (Kapolres), Kejaksaan Negeri (Kejari), Kejaksaan Tinggi (Kejati), serta Komandan Distrik Militer (Dandim) yang hadir dalam pertemuan tersebut untuk membantu Bupati Banggai dalam mengawasi daerah tersebut agar lebih maju.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com