Advertorial

Ilmupedia Try Out Akbar UTBK 2023 Diikuti Lebih dari 5.200 Pelajar, Ini Lima Peserta dengan Raihan Skor Tertinggi

Kompas.com - 03/06/2023, 19:16 WIB

KOMPAS.com – Telkomsel mengumumkan lima peserta dengan perolehan skor tertinggi dalam program Ilmupedia Try Out Akbar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2023.

Dalam program yang telah digelar sejak awal Mei 2023 tersebut, Telkomsel berkolaborasi bersama Quipper sebagai mitra penyedia platform layanan education and technology (edutech).

Sebanyak lebih dari 5.200 pelajar tingkat SMA sederajat yang juga pelanggan produk Telkomsel Prabayar dan by.U dari delapan kota di Indonesia berpartisipasi dengan bebas biaya dalam program tahunan itu.

Ilmupedia Try Out Akbar UTBK bertujuan mengasah kemampuan para pelajar menyelesaikan berbagai contoh soal Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) untuk masuk perguruan tinggi negeri (PTN) tahun ajaran 2023.

Pelaksanaan Ilmupedia Try Out Akbar UTBK 2023 digelar secara serentak di Kota Medan, Palembang, Tangerang, Bandung, Malang, Semarang, Banjarmasin, dan Makassar pada Sabtu (3/5/2023).

Lima peserta dengan raihan skor tertinggi nasional, yakni Gema Muhammad Hikmatyar dari SMAN 7 Banjarmasin, Andi Muhammad Bintang Rustan dari SMAN 5 Makassar, dan tiga pelajar dari SMA Ignatius Global School Palembang.

Ada juga peserta dengan nilai tertinggi di setiap kota penyelenggaraan. Seluruh peserta peraih top scorer, baik di tingkat nasional atau kota, berhak mendapatkan total hadiah puluhan juta rupiah.

Telkomsel dan Quipper juga menyediakan hadiah smartphone dan tablet sebagai bentuk dukungan memacu semangat belajar para peserta.

Vice President Prepaid Consumer Marketing Telkomsel Tuty Rahma Afriza mengatakan, program Ilmupedia Tryout Akbar UTBK 2023 merupakan implementasi nyata keberlanjutan komitmen Telkomsel di bidang pendidikan.

“Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia terus membuka peluang kemajuan sektor pendidikan di Indonesia, terutama potensi akademik pelajar calon mahasiswa,” ujarnya dalam siaran pers, Sabtu (3/6/2023).

Tuty menyebutkan, program tersebut juga menjadi upaya Telkomsel untuk melampaui ekspektasi dalam mengasah kemampuan dengan pemanfaatan akses teknologi berbasis digital.

“Kami berharap, inisiatif kolaborasi ini dapat mendukung penguatan dunia pendidikan nasional yang semakin mendorong pengembangan talenta anak muda yang berdedikasi, serta memiliki kapabilitas yang relevan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja di masa mendatang,” katanya.

Adapun UTBK merupakan tes seleksi masuk PTN yang harus dilalui pelajar/calon mahasiswa yang mendaftar jalur SNBT.

Jalur SNBT mengharuskan pelajar menjalani proses UTBK dengan mengerjakan sejumlah soal menggunakan perangkat komputer guna menentukan skor yang akan mempengaruhi penerimaan di PTN yang dipilih.

Program Try Out Akbar UTBK 2023 Ilmupedia bersama Telkomsel dan Quipper kali ini berfokus pada tes potensi skolastik yang mencakup penalaran umum, pemahaman bacaan dan menulis, pemahaman kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, penalaran matematika, serta tes literasi yang terdiri dalam dua bahasa, yakni Indonesia dan Inggris.

Pelajar yang ingin latihan ujian soal UTBK 2023 sekaligus pembahasan soal dengan bebas biaya dari Telkomsel dan Quipper, dapat mengakses tautan ilmupedia.co.id/utbk2023.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com