Advertorial

Masuk 75 Besar ADWI 2023, Menteri Sandiaga Kunjungi Desa Wisata Sidowarno

Kompas.com - 04/06/2023, 17:56 WIB

KOMPAS.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengunjungi Desa Wisata Sidowarno, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Minggu (4/6/2023). Desa Sidowarno merupakan desa wisata yang masuk dalam daftar 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Adapun kunjungan tersebut dilakukan Sandiaga dalam rangka menilai desa-desa wisata yang masuk dalam nominasi ADWI 2023 secara langsung.

Dalam kunjungan itu, dia didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Tengah Sumarno, Bupati Klaten Sri Mulyani, dan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Klaten.

Sandiaga mengapresiasi masyarakat setempat yang berperan aktif dalam pelestarian pembuatan wayang kulit yang merupakan warisan budaya Nusantara dan identitas bangsa.

Menurutnya, keberhasilan Desa Sidowarno masuk dalam nominasi 75 besar ADWI 2023 merupakan upaya masyarakat dalam menyokong kegiatan pariwisata di daerah tersebut. Hal ini terlihat dari jumlah kunjungan wisata edukatif yang terus bertambah setiap tahun.

“Warna pariwisata budaya begitu terasa di Desa Sidowarno. Semoga desa ini mampu menjadi wisata kelas dunia (world class tourism),” ujar Sandiaga dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (4/6/2023).

Selain rangkaian seremonial, Sandiaga juga menyempatkan diri mencoba proses penatahan lembaran kulit menjadi wayang sesuai motif.

“Semoga Desa Wisata Sidowarno masuk dalam nominasi berikutnya sehingga bisa mengangkat pariwisata yang ada di Kabupaten Klaten,” imbuhnya..

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com