Advertorial

Gubernur Sulsel Berharap MNEK 2023 di Makassar Pacu Pertumbuhan Ekonomi dan Wisata

Kompas.com - 06/06/2023, 13:53 WIB

KOMPAS.com - Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menyambut baik penyelenggaraan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 yang digelar di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), mulai Senin (5/6/2023) hingga Kamis (8/6/2023).

Sebagai informasi, MNEK adalah latihan militer nonperang berskala internasional yang diadakan oleh Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL). Adapun MNEK 2023 dihadiri oleh satuan angkatan laut dari 36 negara.

Latihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan militer negara di sejumlah bidang, seperti kerja sama maritim di kawasan regional, penanggulangan bencana, dan operasi kemanusiaan guna mempererat kerja sama antara TNI AL dengan negara-negara sahabat.

Andi mengatakan, Makassar selaku tuan rumah MNEK 2023 sangat menyambut kehadiran negara-negara yang berpartisipasi pada ajang tersebut.

Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman ingin MNEK 2023 dapat tingatkan perekonomian masyarakat Sulsel. Dok. Pemprov Sulsel Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman ingin MNEK 2023 dapat tingatkan perekonomian masyarakat Sulsel.

Selain bagus untuk meningkatkan kerja sama, penyelenggaraan MNEK 2023 juga dinilai Andi dapat membuat perekonomian di Sulsel semakin menggeliat.

“Kami menyambut baik kehadiran negara-negara sahabat. Mereka bisa menikmati sejumlah wisata ataupun kuliner khas dari Sulsel. Kami harap, pelaksanaan MNEK dapat membantu menstimulasi perekonomian masyarakat Sulsel," ujar Andi dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (6/6/2023).

Sebagai informasi, pembukaan MNEK 2023 dilakukan di di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar.

Selain Andi, Pembukaan MNEK 2023 juga dihadiri oleh Laksamana TNI Yudo Margono SE MM dan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali SE MM MTrOpsla.

Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman. Dok. Pemprov Sulsel Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com