Advertorial

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PNM Gelar Edukasi Pemilahan Sampah di 10 Kampung Madani

Kompas.com - 07/06/2023, 14:23 WIB

KOMPAS.com - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) menggelar edukasi pemilahan sampah bertajuk “MengEMASkan Kampung Madani” kepada 1.000 nasabah ultramikro binaan di 10 kampung madani di Indonesia, sejak Senin (5/6/2023) hingga Rabu (7/6/2023).

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Sedunia serta bertujuan untuk menumbuhkan partisipasi masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Adapun kesepuluh kampung madani itu meliputi Kampung Madani Desa Negeri Katon, Lampung; Kampung Madani Desa Cinta Rakyat, Kabanjahe; Kampung Madani Desa Waru, Balikpapan; Kampung Madani Desa Koronua, Kendari; dan Kampung Madani Desa Tambalang, Blitar.

Kemudian, Kampung Madani Desa Kopeng, Semarang; Kampung Madani Desa Guntur, Wonogiri; Kampung Madani Terusan, Pontianak; Kampung Madani Cibodas, Cimahi; serta Kampung Madani Desa Tumpuk, Pacitan.

Materi edukasi sendiri disampaikan oleh pemateri dari bank sampah binaan Pegadaian, Forum Sahabat Emas Peduli Sampah Indonesia (Forsepsi). Mereka menyampaikan manfaat ekonomi dari pemilahan sampah kepada seluruh peserta.

Direktur Bisnis PNM Tjatur H Priyono mengatakan, kegiatan MengEMASkan Kampung Madani merupakan implementasi dari Sustainable Development Goals (SDGs).

Selain itu, kegiatan tersebut juga menjadi wujud komitmen PNM dalam meningkatkan intelektual para nasabah di samping memberikan modal ekonomi.

“PNM akan terus meningkatkan integrasi dan kolaborasi dalam peningkatan ekonomi dari dampak pengelolaan sampah. Jadi, nasabah tidak hanya mendapatkan modal usaha, tetapi juga literasi yang bisa menambah value mereka,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu.

Ia menambahkan, kampung madani sendiri dipilih karena kampung tersebut mengintegrasikan aspek sosial, ekonomi, dan pendidikan.

“Lewat kegiatan ini, kami mengajak nasabah serta masyarakat lokal berperan aktif dalam mengelola desanya,” imbuhnya.

Sebagai informasi, sepanjang Januari-April 2023, PNM telah menyalurkan pembiayaan lebih dari Rp 24 triliun kepada nasabah. Perusahaan juga terus berkomitmen untuk bertumbuh dan menginspirasi dengan memberikan kontribusi mendukung pencapaian SDG’s.

Selain membangun kepedulian atas lingkungan yang bersih dan sehat, peningkatan ekonomi atas dampak pemilahan sampah juga mendukung pencapaian tujuan SDGs dalam aspek konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com