Advertorial

Terbukti Tangguh, 70 Unit Isuzu mu-X 4x4 Siap Terjang Area Milik Perhutani

Kompas.com - 07/06/2023, 14:47 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - PT Astra International Tbk - Isuzu Sales Operation atau biasa disebut Astra Isuzu, preferred dealer Isuzu dan Distributor LCV Isuzu di Indonesia, telah menyerahkan sebanyak 70 unit Isuzu mu-X 4x4 sebagai kendaraan operasional Perusahaan Umum Kehutanan Negara (Perhutani).

Proses serah terima kendaraan berlangsung di kantor Perhutani Divisi Regional Jawa Barat dan Banten, Bandung, Jawa Barat (Jawa Barat), Senin (5/6/2023).

Adapun acara serah terima dihadiri oleh Kepala Divisi Regional Perhutani Jabar dan Banten Asep Dedi Mulyadi, Kepala Departemen Umum Kantor Pusat Perhutani Arman Irawan, Branch Manager Astra Isuzu Cirebon Sri Hartanto, dan pihak PT Pesonna Optima Jasa selaku penyedia kendaraan operasional Perhutani.

Hartanto mengatakan bahwa pihaknya merasa bangga lantaran dipercaya Perhutani. Ia mengatakan, Isuzu mu-X 4x4 menjadi pilihan tepat untuk digunakan di segala medan, termasuk di wilayah operasional Perhutani.

Selain penyerahan unit, pihak Astra Isuzu juga memberikan pelatihan keselamatan berkendara dan panduan mengemudi Isuzu mu-X 4x4 kepada tim operasional Perhutani.

"Hari ini juga dilaksanakan training keselamatan berkendara dan panduan mengemudi untuk pengguna langsung Isuzu mu-X 4x4. Kegiatan ini sebagai komitmen Astra Isuzu untuk keselamatan para pengguna kendaraan Isuzu," kata Hartanto.

Dari total 70 unit tersebut, 18 unit di antaranya digunakan oleh Perhutani Divisi Jabar dan Banten. Kemudian, 24 unit untuk Perhutani wilayah Semarang dan 28 unit untuk wilayah Surabaya.

Isuzu mu-X 4x4 dipilih karena sesuai dengan standardisasi kendaraan operasional Perhutani.Dok. KOMPAS.com/Dendi Ramdhani Isuzu mu-X 4x4 dipilih karena sesuai dengan standardisasi kendaraan operasional Perhutani.

Asep menuturkan, 18 unit Isuzu mu-X 4x4 akan digunakan oleh pimpinan satuan kerja (satker) yang tersebar di wilayah Jabar dan Banten.

"Hari ini kami mendapatkan dropping kendaraan operasional, kendaraan dinas dari pusat, tahap I, yakni sebanyak 18 unit jenis Isuzu mu-X 4x4," tutur Asep.

Asep menjelaskan, Isuzu mu-X 4x4 dipilih karena sesuai dengan standardisasi kendaraan operasional Perhutani, yakni jenis four-wheel drive (4 WD), dan terbukti andal digunakan Perhutani selama tiga tahun terakhir.

“Kami memang ada standardisasi, yakni regulasi yang diatur direksi bahwa kendaraan yang digunakan satuan kerja harus menggunakan 4 WD. Tiga tahun lalu kami juga gunakan Isuzu mu-X 4x4 dan sampai sekarang tidak ada kendala," ungkapnya.

Selain itu, kata dia, Isuzu mu-X 4x4 bisa menunjang operasional kerja para pimpinan satker yang membutuhkan kendaraan operasional, terutama untuk melibas medan bergelombang hingga ekstrem.

"Kalau di daerah, dalam rangka pengelolaan hutan, tentunya kami mengharapkan pimpinan satuan kerja bisa sampai ke lokasi. Nah, medannya itu tidak datar, bervariasi dari mulai bergelombang hingga ekstrem, serta curam. Ada aspal makadam dan tanah. Kami mengharapkan semua medan bisa dijelajahi kendaraan operasional Isuzu mu-X 4x4 ini," tuturnya.

Keuntungan lainnya, kata Asep, Astra Isuzu punya jaringan after sales yang tersebar di seluruh wilayah. Hal ini memudahkan pengguna untuk melakukan perawatan rutin.

"Maintenance-kan yang utama karena menyangkut keselamatan. Kalau kami lihat, Astra (Isuzu) punya jaringan after sales yang luas. Harapan kami, kendaraan ini bisa dirawat di jaringan resmi yang tersebar di setiap wilayah satuan kerja kami. Jadi, kami tidak usah jauh-jauh karena di daerah satuan kerja juga sudah ada (layanan after sales)," jelasnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com