Advertorial

Entrasol Master Run 2023, Ajang Lari Maraton yang Bantu Tingkatkan Kekuatan Otot, Tulang, dan Jantung

Kompas.com - 07/06/2023, 15:00 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Sanghiang Perkasa (Kalbe Nutritionals) melalui brand nutrisi untuk orang dewasa, Entrasol, mengadakan Entrasol Master Run 2023 di Greenbelt Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, Tangerang, Banten, Sabtu (03/6/2023). Acara ini diselenggarakan dalam rangka Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang diperingati setiap tanggal 29 Mei.

Acara lari khusus kategori master atau di atas 40 tahun itu digelar dengan tiga kategori, yakni 3K (Run with Parents), 5K dan 10K. Acara ini pun sukses diikuti ribuan peserta berusia di atas 40 tahun.

Atas pencapaian itu, Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) menganugerahkan Entrasol Master Run 2023 sebagai “Perlombaan Lari Pertama Khusus Kategori Master di Indonesia”.

Presiden Direktur PT Sanghiang Perkasa, Rivanda Idiyanto mengatakan, Kalbe Nutritionals menaruh perhatian bahwa jumlah populasi lansia semakin meningkat dalam 5 sampai 10 tahun ke depan. "Oleh karena itu, Kalbe Nutritionals melalui brand Entrasol ingin meningkatkan strata kesehatan lansia dan orang dewasa di Indonesia agar tetap aktif dan produktif. Hal ini dilakukan dengan meningkatkan massa dan kekuatan otot, tulang, serta jantung," tutur Rivanda di Greenbelt.

MURI menganugerahkan Entrasol Master Run 2023 sebagai ?Perlombaan Lari Pertama Khusus Kategori Master di Indonesia?. DOK. YOGARTA AWAWA PRABANING ARKA/KOMPAS.COM MURI menganugerahkan Entrasol Master Run 2023 sebagai ?Perlombaan Lari Pertama Khusus Kategori Master di Indonesia?.

“Kalbe Nutritionals memiliki solusi nutrisi lengkap untuk setiap fase kehidupan manusia. Hal ini merupakan bentuk komitmen Kalbe Nutritionals untuk memberikan solusi nutrisi untuk masyarakat Indonesia,” ujar Rivanda. 

Sementara itu, Director of Adult and Specialized Nutrition Kalbe Nutritionals Robertus Purba mengatakan bahwa produk Entrasol mendukung pola hidup aktif lansia. Pasalnya, Entrasol memiliki komposisi yang baik untuk pemenuhan kebutuhan gizi lansia, yakni protein, kalsium, dan minyak zaitun.

Ia bangga dapat menyelenggarakan event lomba lari pertama dengan kategori master (usia di atas 40 tahun) berskala nasional di Indonesia. Pelaksanaan acara ini merupakan bentuk dukungan Kalbe Nutritionals terhadap gaya hidup sehat di Indonesia. 

“Seiring bertambahnya usia, kita harus tetap aktif bergerak guna menjaga kekuatan otot, tulang, dan jantung. Hal ini juga harus ditunjang dengan asupan nutrisi yang tepat,” tutur Robertus.

Kebutuhan nutrisi saat bertambahnya usia 

Pada kesempatan yang sama, Dokter Spesialis Gizi Klinik dr Cut Hafiah, MGizi, SpGK, FINEM, AIFO-K mengatakan, saat menginjak usia di atas 40 tahun, tubuh manusia memerlukan perhatian khusus, terlebih asupan nutrisi makro dan mikro.

Adapun nutrisi makro yang dibutuhkan terdiri dari karbohidrat, tinggi protein, dan lemak baik. Sementara itu, nutrisi mikro yang dibutuhkan lansia, di antaranya vitamin, mineral, dan antioksidan. Kandungan ini penting untuk menjaga metabolisme tubuh tetap optimal serta mencegah penyakit degeneratif jangka panjang yang risikonya semakin meningkat seiring bertambahnya usia.

“Mengonsumsi nutrisi makro, mikro, serta antioksidan disertai olahraga yang cukup dapat meningkatkan kualitas hidup di kemudian hari,” ujar dr Cut.

dr Cut pun memberi tips asupan nutrisi untuk masyarakat berusia 40 tahun ke atas. Untuk memenuhi asupan antioksidan dan antiinflamasi, dapat mengonsumsi minyak zaitun. Minyak zaituni juga mengandung omega 3 dan 6 yang berperan dalam menjaga kesehatan jantung pada lansia.

Dari kiri ke kanan, Presiden Direktur PT Sanghiang Perkasa Rivanda Idiyanto, Director of Adult and Specialized Nutrition Kalbe Nutritionals Robertus Purba, Dokter Spesialis Gizi Klinik dr Cut Hafiah, serta Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga dr Andi Kurniawan. DOK. YOGARTA AWAWA PRABANING ARKA/KOMPAS.COM Dari kiri ke kanan, Presiden Direktur PT Sanghiang Perkasa Rivanda Idiyanto, Director of Adult and Specialized Nutrition Kalbe Nutritionals Robertus Purba, Dokter Spesialis Gizi Klinik dr Cut Hafiah, serta Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga dr Andi Kurniawan.

Selain itu, masyarakat juga harus memenuhi kebutuhan nutrisi makro, seperti karbohidrat, protein, serta lemak baik. Karbohidrat kompleks bisa didapatkan dari kentang, ubi, serta nasi merah.

Untuk protein, masyarakat dapat mengonsumsi makanan yang mengandung sumber protein tanpa lemak jenuh, seperti ikan dan ayam. Lemak tidak jenuh, seperti omega 3 dan 6, bisa didapat dengan mengonsumsi minyak zaitun.

“Orang-orang yang sudah berusia di atas 40 tahun harus menerapkani pola hidup sehat. Misalnya, kurangi mengonsumsi gorengan dan makanan bersantan karena mengandung lemak jenuh,” katanya.

Sementara itu, Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga dr Antonius Andi Kurniawan, Sp KO, mengatakan bahwa wanita lebih rentan mengalami osteoporosis dan sarkopenia ketimbang pria.

Kondisi itu terjadi karena wanita terlahir dengan ukuran tulang yang lebih tipis dibandingkan pria. Wanita juga akan mengalami menopause dan penurunan hormon estrogen.

“Satu dari tiga wanita di Indonesia beresiko osteoporosis. Untuk pria, perbandingannya satu dari lima,” ujar dr Andi.

dr Andi pun menyarankan olahraga yang baik untuk kesehatan orang yang berusia di atas 40 tahun bisa melakukan olahraga lari, karena baik untuk kesehatan tulang, otot, serta jantung. Agar lebih optimal, olahraga lari dapat dikombinasikan dengan latihan peregangan otot.

Menurutnya, tidak ada kata terlambat untuk mengikuti lari maraton. Adanya ajang Entrasol Master Run 2023 bisa membantu peserta mengetahui batas maksimal kemampuan lari maraton.

“Tidak ada kata terlambat untuk berolahraga. Asalkan, setiap orang mengetahui batas maksimalnya. Misalnya, jika sudah bisa mencapai jarak tiga kilometer (km), peserta dapat meningkatkannya latihan nya menjadi lima kilometer dan seterusnya. Yang penting, orang-orang yang sudah berusia di atas 40 tahun tahu kondisi tubuhnya dan rutin melakukan medical check up,” ujar dr Andi.

Pentingnya kombinasi nutrisi tepat dan aktivitas fisik untuk kesehatan

Selain mengonsumsi nutrisi yang optimal dan berolahraga, Anda dapat mengonsumsi nutrisi tambahan, seperti Entrasol Platinum. Entrasol merupakan nutrisi tinggi protein, tinggi kalsium dengan ekstrak buah zaitun.

Entrasol diformulasikan khusus untuk memenuhi nutrisi orang dewasa seiring bertambahnya usia. Nutrisi ini juga dilengkapi dengan tinggi serat, omega 3 dan 6, serta rendah laktosa. 

Entrasol Platinum mengandung dua jenis protein berkualitas tinggi, yakni whey dan casein. Kedua protein ini dapat menjadi sumber energi, menjaga serta meningkatkan massa otot dan imunitas tubuh, membantu memperbaiki sel atau jaringan yang rusak, serta mempercepat masa pemulihan.

Ekstrak buah zaitun mengandung zat aktif hydroxytyrosol. Zat ini merupakan antioksidan kuat yang mampu menangkal radikal bebas. Bahkan, antioksidannya empat kali lebih kuat ketimbang vitamin C.

Mengonsumsi Entrasol Platinum dua kali sehari dapat membantu menjaga kekuatan otot, tulang, dan jantung. Dengan demikian, Anda bisa tetap produktif dan aktif seiring bertambahnya usia.

Informasi lebih lanjut mengenai produk-produk Entrasol bisa didapatkan dengan mengunjungi tautan ini.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com