Advertorial

Tingkatkan Budaya K3, Pelindo Multi Terminal Gelar Sosialisasi Awareness K3 dan Bagikan APD kepada TKBM Pelabuhan Tanjung Perak

Kompas.com - 07/06/2023, 20:35 WIB

KOMPAS.com – PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) menggelar sosialisasi awareness budaya keselamatan kesehatan kerja (K3) untuk tenaga kerja bongkar muat (TKBM) di Gedung Barunawati Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur (Jatim), Rabu (7/6/2023).

Untuk diketahui, SPMT merupakan subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo yang mengelola segmen terminal nonpetikemas di Indonesia

Kegiatan yang digelar oleh SPMT Branch Terminal Jamrud Nilam Mirah (Jamila) Surabaya itu diikuti oleh 110 TKBM.

Pada kegiatan itu juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama TKBM Pelabuhan Tanjung Perak untuk menegakkan disiplin penerapan budaya K3 di lingkungan pelabuhan. Kemudian, SPMT juga membagikan alat pelindung diri (APD) kepada pekerja pelabuhan. APD ini diberikan secara simbolis oleh Branch Manager SPMT Terminal Jamrud Nilam Mirah Made Rusli.

Senior Vice President (SVP) Sekretariat Perusahaan SPMT Fiona Sari Utami mengatakan, sosialisasi tersebut merupakan bagian dari komitmen SPMT dalam menjunjung budaya keselamatan kerja di lingkungan pelabuhan, baik untuk internal maupun eksternal. Kegiatan ini juga menjadi salah satu aksi tanggung jawab sosial dan lingkungan SPMT.

“Semoga kegiatan itu dapat membuat seluruh peserta lebih peduli terhadap keselamatan dan kesehatan di area Pelabuhan yang dikelola SPMT," jelas Fiona dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu.

Kepala Seksi Fasilitas dan Pengawasan Operasional Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak Eka Cakrawala yang turut hadir juga menyambut baik kegiatan tersebut.

"Kegiatan itu penting untuk mendorong kesadaran semua pihak agar dapat berkontribusi dan berperan aktif dalam mengimplementasi budaya K3 di Pelabuhan Tanjung Perak," tutur Eka.

Hal senada juga disampaikan Ketua 1 Koperasi TKBM Tanjung Perak Akhmad Kholik.

“Semoga dengan sosialisasi berkelanjutan dari SPMT, pekerja pelabuhan di Terminal Jamrud Nilam Mirah dapat lebih memperhatikan keselamatan saat bekerja. Terlebih, mereka juga merupakan tumpuan keluarga,” kata Akhmad.

Sebagai informasi, pemaparan materi dalam sosialisasi budaya K3 itu dilakukan oleh Vice President Health, Safety, Security, and Environment (HSSE) SPMT Muhammad Haris, perwakilan Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak Captain Dewi Sartika, serta perwakilan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jatim Lili Sutanti.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com