Advertorial

Didukung BRI, Potensi Perputaran Ekonomi Pertandingan Indonesia vs Argentina Diproyeksi Tembus Rp 500 Miliar

Kompas.com - 09/06/2023, 11:38 WIB

KOMPAS.com – Juara Piala Dunia 2022, Argentina, akan melakoni pertandingan resmi FIFA melawan Tim Nasional (Timnas) Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Senin (19/6/2023).

Pertandingan timnas Indonesia dengan Lionel Messi dan kawan-kawan melawan tersebut diproyeksikan dapat mendulang perputaran uang sebesar Rp 500 miliar.

Tak hanya itu, pertandingan itu juga berpotensi meningkatkan perekonomian masyarakat. Utamanya, pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Ahmad Heri Firdaus mengatakan, perputaran uang tak hanya didapatkan dari segi penjualan tiket, tapi juga dari aspek-aspek lain.

“Dilihat dari berbagai aspek, seperti merchandise, hak siar, sponsorship, akomodasi, transportasi, serta pelaku industri makanan dan minuman, termasuk UMKM. Jadi, sampai menjelang hari-H, diperkirakan kegiatan ekonomi, mulai dari hulu hingga ke hilir, serta ke industri turunannya akan semakin ramai karena terdorong pertandingan ini”, ujar Ahmad dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (9/6/2023).

Sementara itu, Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir menjelaskan bahwa pertandingan antara Indonesia melawan Argentina tak hanya bermanfaat dari segi ekonomi, tetapi juga untuk membangun karakter sepak bola nasional.

“Membentuk timnas itu bukan hanya satu atau dua bulan, tapi butuh waktu panjang dan mesti dimulai sekarang. Pertandingan ini juga bukan hanya sekadar bermain, tapi juga untuk menaikkan mental dan moral para pemain Indonesia. Kita tunjukkan kalau Indonesia juga bisa,” kata Erick.

Menilik potensi perputaran ekonomi yang besar, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI pun turut memberikan dukungan untuk pertandingan yang menyedot perhatian masyarakat Indonesia itu.

Salah satu bentuk dukungan BRI dalam membantu serta menyukseskan pergelaran tersebut adalah dengan menjadi sponsor.

BRI dukung laga Indonesia vs Argentina dengan menjadi sponsor. Dok. BRI BRI dukung laga Indonesia vs Argentina dengan menjadi sponsor.

Selain itu, BRI juga memberikan keistimewaan bagi para nasabahnya, yakni dengan membuka pre-sale tiket pertandingan khusus nasabah BRI pada Senin (5/6/2023).

Pembelian tiket FIFA Matchday Indonesia vs Argentina khusus nasabah BRI dapat dilakukan menggunakan Kartu Kredit BRI, Debit Online BRI, hingga BRI Virtual Account (BRIVA).

Khusus transaksi melalui BRIVA, pembayaran dapat dilakukan melalui ATM BRI, AgenBRILink, dan superapp BRImo.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, keterlibatan BRI dalam pertandingan yang diselenggarakan di SUGBK itu merupakan bentuk dukungan terhadap sepak bola nasional agar dapat terus mencatatkan prestasi di kancah global.

“Pertandingan FIFA Match Day Indonesia vs Argentina ini akan memberikan peluang dan potensi yang baik untuk menggerakan perekonomian, termasuk untuk UMKM yang terlibat dalam pertandingan ini.” jelas Sunarso.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com