Advertorial

Dukung Bakamla RI Bangun Markas di Sulsel, Gubernur Andi Sudirman: Demi Keamanan dan Perlindungan Nelayan di Perairan Sulsel

Kompas.com - 09/06/2023, 13:17 WIB

KOMPAS.com - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman menerima kunjungan Kepala Kantor Zona Tengah Badan Keamanan Laut (Bakamla) Republik Indonesia (RI) Laksma Bakamla Octavianus Budi Santoso di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Kamis, (8/6/2023).

Andi mengatakan, Octavianus mengunjunginya untuk memberitahukan perihal pengangkatan dirinya sebagai Kepala Kantor Zona Tengah Bakamla RI yang baru.

Selain itu, kunjungan tersebut juga bertujuan untuk mengomunikasikan fungsi tugas Bakamla dalam melakukan patroli keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Indonesia, wilayah yurisdiksi Indonesia, dan sistem pertahanan nasional.

“Bakamla RI akan memperkuat posisi Sulsel sebagai daerah maritim sekaligus penghubung antara wilayah barat dan timur Indonesia. Di satu sisi, Bakamla juga hadir untuk membantu masyarakat, terutama terkait masalah keamanan dan perlindungan masyarakat nelayan di perairan Sulsel,” ujar Andi dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (9/6/2023).

Andi menambahkan, masalah yang terjadi di perairan Sulsel umumnya didominasi oleh permasalah illegal fishing.

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. Dok. Pemprov Sulsel Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

Oleh karena itu, Andi berharap, kehadiran Bakamla di wilayahnya dapat membantu mengatasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel untuk menghadapi masalah tersebut.

“Bakamla harus hadir di Sulsel, termasuk dalam membangun markas. Kami (Pemprov) Sulsel siap mendukung dan membantu Bakamla dalam membangun markas dengan menawarkan bantuan lahan. Kenapa harus di Sulsel? Karena (mereka harus hadir) untuk membantu masyarakat, terutama terkait (penyelesaian) masalah keamanan dan perlindungan di perairan Sulsel," kata Andi.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com