Advertorial

Cuaca Panas Ekstrem? Yuk, Bisa Tetap Sehat dengan Hal Berikut Ini

Kompas.com - 09/06/2023, 14:30 WIB

KOMPAS.com – Cuaca panas ekstrem tengah melanda Asia, termasuk Indonesia, dalam beberapa bulan belakangan. Bahkan, beberapa wilayah di Asia Timur, seperti Jepang, memiliki lonjakan suhu hingga 40 derajat Celcius.

Kondisi tersebut pun kemudian digolongkan sebagai gelombang panas atau heat wave. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), cuaca panas ekstrem ini diperkirakan berlangsung hingga Agustus 2023.

Bagi sebagian orang, kondisi tersebut mengkhawatirkan lantaran bisa berdampak negatif pada kesehatan.

Dilansir dari laman resmi Kementerian Kesehatan, cuaca panas ekstrem bisa melemahkan fungsi imun serta menimbulkan gangguan kesehatan, seperti dehidrasi dan migrain.

Meskipun demikian, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar tubuh tetap sehat di tengah cuaca panas ekstrem. Berikut lima hal yang perlu Anda lakukan.

  1. Pakai tabir surya

Saat hendak beraktivitas baik di dalam maupun luar ruangan, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya. Ini adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisasi dampak kesehatan dari cuaca panas, terutama pada kulit.

Pakailah tabir surya dengan sun protection factor (SPF) minimal 30. Hal ini dapat membantu melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet (UV) yang dapat menyebabkan kulit terbakar dan memicu penuaan dini.

Oleskan setiap 2 jam sekali atau lebih sering jika kamu intens beraktivitas di bawah terik matahari.

  1. Jaga tubuh tetap terhidrasi

Salah satu dampak dari cuaca panas adalah hilangnya cairan tubuh dalam jumlah banyak. Jika terus dibiarkan, tubuh akan menjadi lemas karena mengalami dehidrasi.

Adapun minuman yang bisa mengembalikan cairan tubuh yang hilang adalah air kelapa.

Seperti diketahui, air kelapa memiliki beragam kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, seperti karbohidrat, mineral, protein, elektrolit (potasium, sodium, magnesium, serta kalsium), sitokinin, asam amino, vitamin B, dan antioksidan.

Selain itu, air kelapa juga punya kandungan elektrolit yang berfungsi untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang secara cepat. Adapun kadar kalium yang tinggi pada air kelapa juga berperan menjaga keseimbangan cairan tubuh dan membantu mengatur tekanan darah.

Tak hanya membantu menghidrasi tubuh, air kelapa juga dapat meningkatkan imunitas tubuh karena memiliki kandungan vitamin B6 atau folat. Kandungan ini berfungsi untuk membantu tubuh memproduksi serta memelihara sel-sel baru.

Tak sampai di situ, air kelapa juga memiliki kandungan vitamin C yang bersifat antioksidan. Berkat kandungan ini, minuman tersebut dapat membantu sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi yang diakibatkan oleh virus, bakteri, atau jamur.

  1. Makan lebih sering

Biasanya, seseorang yang tengah berada di tengah cuaca panas akan kehilangan nafsu makannya. Akibatnya, tubuh menjadi mudah lemas akibat kekurangan energi.

Adapun agar tetap berenergi, kamu bisa mengonsumsi makanan ringan dalam porsi kecil, tapi secara sering. Pastikan juga camilan yang kamu santap kaya akan protein dan nutrisi, seperti kuaci, hazelnut, walnut, atau kacang mete.

  1. Konsumsi vitamin

Mengonsumsi vitamin pada kondisi cuaca ekstrem penting dilakukan agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Dilansir dari laman unnes.ac.id, salah satu vitamin yang bisa dikonsumsi pada kondisi tersebut adalah vitamin C karena dapat berperan sebagai antioksidan dan dapat membantu menjaga imunitas tubuh.

Selain itu, perlu juga vitamin A yang dapat melindungi tubuh dari bakteri dan virus, serta mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kemudian, untuk membantu memperbaiki stamina tubuh di tengah cuaca panas, kamu juga bisa mengonsumsi vitamin B kompleks.

Untuk mengonsumsi semua sumber vitamin tersebut, kamu bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi sayuran, seperti brokoli, kangkung, bayam, dan wortel.

Kamu juga bisa mengonsumsi buah-buahan, seperti jeruk, mangga, pepaya, dan semangka.

  1. Gunakan pakaian tertutup

Selain mengoleskan tabir surya, kamu bisa menggunakan pakaian lengan panjang dan celana panjang untuk memberikan perlindungan tambahan.

Agar terhindar dari rasa gerah, kamu bisa menghindari pemilihan pakaian dengan warna gelap ataupun bahan yang terlalu tebal, serta tak menyerap keringat. Perlu diketahui, baju berwarna gelap dapat menyerap panas sehingga Anda berisiko semakin kepanasan.

Sebaliknya, pakaian dengan warna terang memiliki kemampuan yang lebih baik dalam memantulkan cahaya.

Untuk jenis bahan, kamu bisa menggunakan pakaian seperti poliester, rayon, dan katun. Bahan-bahan ini punya karakteristik yang lembut dan sejuk sehingga kamu lebih nyaman dalam beraktivitas.

Itulah lima cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan selama cuaca panas ekstrem. Pastikan kamu menerapkannya agar tetap sehat saat panas ekstrem melanda.

Jangan lupa, agar badan tetap segar, pastikan untuk selalu JAIM atau JAga IMun setiap hari dengan mengonsumsi air kelapa asli, seperti Hydro Coco.

Hydro Coco juga mengandung sejumlah nutrisi bermanfaat bagi tubuh, seperti vitamin C, B3, B5, dan B6, kalsium, magnesium, serta serat.

Selain itu, Hydro Coco juga dibuat tanpa bahan pengawet dan pemanis buatan sehingga aman untuk dikonsumsi setiap hari.

Hydro Coco tersedia dalam ukuran 250 mililiter (ml), 3.300 ml, 500 ml, dan 1 liter yang pas untuk keluarga.

Bagi yang ingin merasakan kesegaran air kelapa asli Hydro Coco dari KALBE, silakan kunjungi toko terdekat atau klik tautan berikut.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com