Advertorial

Telkomsel Kukuhkan Nuxcle sebagai Best Startup Program NextDev ke-8

Kompas.com - 09/06/2023, 17:38 WIB

KOMPAS.com – Telkomsel mengukuhkan perusahaan rintisan Nuxcle sebagai peraih “Best of The Best Startup Program NextDev Telkomsel” tahun ke-8.

Pengukuhan itu dilakukan dalam acara NextDev Final Pitching yang berlangsung berbarengan dengan kegiatan konferensi teknologi Nextdev Summit, Rabu (7/6/2023) dan Kamis (8/6/2023).

Sebagai informasi, NextDev merupakan program corporate social responsibility (CSR) Telkomsel yang bertujuan sebagai impact incubator untuk memperkuat fundamental bisnis dan dampak dari early-stage perusahaan rintisan di Indonesia.

Program tersebut juga menjadi realisasi komitmen dan kontribusi Telkomsel dalam mendukung pertumbuhan perusahaan rintisan Indonesia dan ekosistem pendukungnya.

Pelaksanaan Nextdev Telkomsel sendiri terdiri atas empat rangkaian acara, yakni NextDev Talent Scouting, NextDev Academy, NextDev Final Pitching, dan NextDev Summit.

Sejak berjalan pada 2015, lebih dari 5.000 perusahaan rintisan digital di seluruh Indonesia telah terlibat dengan kegiatan NextDev Talent Scouting, lebih dari 100 startup telah terbantu oleh para mentor ahli dan modul pengembangan startup NextDev Academy, serta konferensi tahunan NextDev Summit juga telah secara rutin terlaksana sejak 2018.

Gelaran NextDev tahun ke-8 dimulai sejak September 2022. Acara ini mengusung tema #SustainBeyondExpectation dan diikuti 233 startup digital potensial dari seluruh Indonesia dengan empat fokus trek, yaitu Game and Gaming Platform, Health and Education, Tourism and Creative Economy, Serta Green and Clean Tech.

Proses kurasi dan seleksi NexDevt dilakukan secara ketat. Dari 40 startup terpilih yang masuk fase NextDev Talent Scouting, hanya 12 startup yang mampu lolos ke tahapan program inkubasi NextDev Academy selama tiga bulan.

Pada fase tersebut, startup pilihan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti sesi Business Matching & Investors Meet Up bersama Telkomsel, institusi pemerintahan dan ekosistem Badan Usaha Milik Negara (BUMN), investor swasta, serta para pemodal ventura.

Berdasarkan penilaian para investor dari aspek business modelling, marketing, product development, investment pitch, serta team, people, dan finance, terpilih empat startup terbaik, yakni Hisa Games pada trek Game and Gaming Platform, Fisiohome pada trek Health and Education, Shieldtag pada trek Tourism and Creative Economy, serta Nuxcle pada trek Green and Clean Tech.

Keempat startup pilihan tersebut kemudian menjalani tahapan NextDev Final Pitching. Masing-masing berjuang memaparkan inovasi terbaik di hadapan para juri NextDev pada rangkaian akhir acara NextDev Summit.

Adapun panel juri diisi oleh Founder Jejak.in Arfan Arlanda, Chief Executive Officer (CEO) Telkomsel Mitra Inovasi Mia Melinda, Founding Partner Kinesys Group Yansen Kamto, Chief Technology Officer (CTO) INDICO Luthfi K Arif, dan Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki H Bramono.

Hasil akhirnya, NextDev edisi ke-8 dimenangkan oleh Nuxcle dan Hisa Games sebagai “Favorite Startup”.

Penobatan sebagai “Best of The Best Startup” membuat Nuxcle mendapatkan reward berupa dana hibah untuk pengembangan serta penguatan fundamental bisnis ke depan.

Adapun Nuxcle adalah perusahaan rintisan pengembang kendaraan listrik dalam bentuk skateboard listrik, electric bikes (prototipe), dan electric scooter (prototipe), serta membuka layanan konversi kendaraan listrik untuk kendaraan roda dua konvensional di Indonesia dengan menggunakan bahan daur ulang.

Dengan inovasi di bidang green and clean tech, Nuxcle membantu masyarakat Indonesia dalam menghemat biaya pembelian bahan bakar hingga lima kali lipat, serta memperlambat laju pemanasan global lewat penerapan konsep ekonomi sirkular, yakni reducing, reusing, dan recycling.

CEO Nuxcle Arif Fajar Saputra mengatakan, NextDev memiliki rekam jejak sangat baik dalam membimbing serta membuka akses koneksi dan networking potensial bagi perusahaan rintisan digital.

Menurutnya, seluruh rangkaian acara program NextDev sangat bermanfaat. Terlebih, bimbingan yang diberikan sepanjang kegiatan menghadirkan mentor ahli serta business matching. Alhasil, Nuxcle kini punya fokus bisnis.

“Melalui NextDev, kami mendapatkan banyak insight tentang industri dan business-to-business (B2B) sehingga fokus bisnis semakin tajam. Sebelumnya, kami tidak punya fokus dan tujuan tertentu karena ingin mengerjakan banyak hal,” ujar Arif dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (9/6/2023).

Selain itu, ia melanjutkan, program NextDev turut membuka peluang bagi Nuxcle untuk berkembang serta memberikan dampak lebih terhadap lingkungan ataupun sosial.

“Sebagai salah satu startup yang telah merasakan dampak luar biasa dari keikutsertaan di program NextDev, kami berharap, NextDev dan Telkomsel bisa membantu lebih banyak startup potensial dan membuka akses networking startup (yang luas) di Indonesia,” imbuhnya.

Harapan juga disampaikan Direktur Marketing Telkomsel Derrick Heng. Ia berharap, penyelenggaraan NextDev bisa memperkuat fundamental bisnis dan memberikan dampak positif berkelanjutan bagi early-stage digital startup di Indonesia.

Program NextDev juga akan terus didorong untuk menjadi impact incubator yang senantiasa memberikan dukungan yang sesuai kebutuhan serta tantangan startup Indonesia.

“NextDev diharapkan bisa menjadi pintu awal untuk dukungan pemberdayaan ekosistem startup digital dari Telkomsel melalui Telkomsel Mitra Inovasi (TMI), termasuk dari Program Tinc dan Indico sebagai wadah akselerator,” jelas Derrick.

Adapun TMI dan Indico merupakan anak usaha Telkomsel yang mendukung investasi strategis dan kolaborasi jangka panjang, serta membantu pertumbuhan bisnis lewat pembangunan portofolio bisnis digital vertikal.

Derrick menambahkan, pihaknya akan terus konsisten melakukan beragam inovasi yang dapat memberikan nilai tambah dan membuka peluang bagi kemajuan ekosistem digital di Tanah Air.

“Dengan fondasi startup yang sustainable, Telkomsel bersama ekosistem startup nasional ingin memberikan dampak signifikan bagi inklusi ekosistem digital lewat pemanfaatan teknologi terkini,” imbuhnya.

Informasi lebih lanjut mengenai program impact incubator NextDev Telkomsel untuk early-stage digital startup dapat diakses pada laman www.nextdev.co.id.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com