Advertorial

Pelindo Kumpulkan Ratusan Kilogram Sampah di Pantai Lampuuk Aceh Besar

Kompas.com - 10/06/2023, 17:14 WIB

KOMPAS.comSubholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Group, PT Pelindo Multi Terminal (SPMT), dan Pelindo Regional I bersama masyarakat menggelar aksi Bersih Pantai Lampuuk, Lhoknga, Aceh Besar, Sabtu (10/6/2023).

Kegiatan itu diikuti oleh jajaran direksi SPMT, perwakilan dari Pelindo Regional I, jajaran pemerintah kabupaten (pemkab) Aceh Besar, serta melibatkan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan ratusan masyarakat sekitar pantai.

Tak hanya mengumpulkan, para peserta juga memilah sampah berdasarkan jenisnya, yakni organik dan anorganik. Contohnya, plastik, logam, dan kaca masuk kategori sampah anorganik karena sulit terurai sehingga membahayakan lingkungan.

Dari aksi tersebut, setidaknya terkumpul total sampah seberat 331,5 kilogram (kg) yang terdiri dari sampah organik seberat 211 kg dan sampah non organik seberat 120,5 kg.

Direktur Utama SPMT Yon Irawan menuturkan, aksi tersebut merupakan bentuk partisipasi Pelindo dalam Gerakan Indonesia Coastal Clean Up yang diinisiasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), serta untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh setiap 5 Juni.

Keikutsertaan itu pun didasari komitmen yang dijunjung perseroan selama ini, yakni melindungi ekosistem pesisir Indonesia.

“Hal ini diwujudkan melalui upaya mengedukasi kesadaran masyarakat untuk bersama menjaga kebersihan pesisir dari sampah,” tuturnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu.

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata dan Olahraga Aceh Besar Abdullah yang mewakili Bupati Aceh Besar menuturkan, Pemkab Aceh Besar sangat mengapresiasi Pelindo yang telah memilih Pantai Lampuuk untuk kegiatan tersebut.

Itu mengingat, Pantai Lampuuk menjadi penopang hidup masyarakat Aceh Besar, terutama di sekitar pantai.

“Aceh Besar sendiri sudah banyak destinasi wisata yang sudah semakin bagus. Oleh karena itu, kami mengimbau seluruh masyarakat menjaga tempat wisata di Aceh Besar agar menjadi tempat pilihan bagi wisatawan dari luar Aceh,” ucap Abdullah.

Apresiasi untuk Pelindo juga datang dari Ketua Pengelolaan Pantai Lampuuk dan Lhoknga Anis Siregar. Apalagi, ia tak menyangka bahwa pihak Pelindo datang langsung ke Pantai Lampuuk.

“Saya mengucapkan terima kasih dan sangat mendukung atas partisipasi dan langkah yang dilakukan oleh pihak Pelindo. Semoga langkah yang dilakukan Pelindo menjadi modal besar untuk selalu melangkah ke arah yang lebih baik dan selalu menyadari akan kebersihan," ucap Anis.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com