Advertorial

Penerapan Respectful Workplace Policy Jadi Kunci BRI Ciptakan Iklim Kerja Produktif

Kompas.com - 12/06/2023, 14:46 WIB

KOMPAS.com – Kinerja cemerlang sebuah perusahaan tak lepas dari produktivitas para pekerjanya. Untuk meningkatkan produktivitas pekerja, perusahaan perlu membangun lingkungan kerja yang nyaman. Bila aspek tersebut tercipta dan terjaga, tak tertutup kemungkinan untuk perusahaan mencatatkan kinerja cemerlang.

Hal itulah yang diterapkan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI melalui Respectful Workplace Policy (RWP).

Adapun RWP adalah pedoman yang mengatur tentang keamanan lingkungan kerja dengan mengedepankan sikap saling menghargai, bebas diskriminasi, pengucilan, serta pembatasan.

Pedoman itu berhasil menciptakan dan menjaga kinerja berkelanjutan dari Insan BRILiaN—sebutan pekerja BRI—dan mendorong iklim kerja yang lebih produktif di dalam perusahaan.

Direktur Human Capital BRI Agus Winardono mengatakan, penerapan RWP diatur dalam surat perseroan S.48/DIR/HCS/09/2020 tentang Peraturan Disiplin. Dalam aturan tersebut, seseorang dengan karakter pemimpin (leader) memiliki peran penting untuk mewujudkan iklim kerja yang nyaman.

Ia melanjutkan, seluruh Insan BRILian pun pada dasarnya saling menghormati sehingga tercipta keharmonisan lingkungan kerja. Mereka juga saling melindungi harkat dan martabat, senantiasa menciptakan lingkungan kerja yang inklusif, kondusif, serta produktif.

“Lingkungan kerja juga harus bebas diskriminasi dan pelecehan. Lalu, perlindungan dari semua bentuk kekerasan yang menjunjung tinggi hak asasi manusia,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (12/6/2023).

Untuk mewujudkan nilai-nilai RWP, kata Agus, dibutuhkan aksi kepemimpinan yang baik. Sebab, segala kebijakan tanpa pimpinan dengan kapabilitas mumpuni tidak akan mampu mengeksekusi kebijakan dengan baik dan benar. Di sisi lain, pimpinan perlu konsisten memberikan contoh atau tabiat baik.

“Jadi, sekali lagi, leader sangat berperan penting. Perannya sangat diperlukan untuk menjaga lingkungan kerja dan pergaulan agar semuanya menjadi produktif. Hal ini penting untuk mencapai tujuan perusahaan, untuk mencapai visi dan misi perusahaan,” lanjut Agus.

Menurut Agus, mewujudkan RWP pun tak terlepas dari upaya serius perseroan dalam menghargai dan menjaga keberagaman (diversity) di lingkungan kerja. Hal ini terlihat dari proporsi Insan BRILiaN hingga Maret 2023. Berdasarkan data perseroan, secara gender, pekerja perempuan di BRI mencapai 31 persen.

Ia menilai, proporsi tersebut setiap tahun menunjukkan peningkatan dan sejalan dengan target yang diberikan oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Dari segi generasi, Insan BRILian didominasi milenial dan generasi Z. Jumlahnya mencapai 120.000 orang atau lebih dari 80 persen dari total karyawan.

“Karena sebagai komitmen direksi bahwa kita memang menghargai diversity dan di dalam tempat kerja kita, lingkungan kita, kita betul-betul harus respect,” imbuh Agus.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com