Advertorial

Telkomsel Hadirkan Layanan tSurvey.id untuk Optimalkan Pemasaran dan Penjualan UMKM

Kompas.com - 13/06/2023, 19:09 WIB

KOMPAS.com - PT Telekomunikasi Selular atau Telkomsel berupaya mewujudkan komitmen sebagai digital solutions enabler dengan menghadirkan program #PastiAdaSolusi.

Lewat upaya tersebut, Telkomsel terus berusaha untuk mendorong transformasi dan akselerasi pertumbuhan bisnis.

Salah satu upaya yang dilakukan Telkomsel untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan menghadirkan layanan tSurvey.id. Layanan ini dapat dikostumisasi serta diakses secara mudah oleh para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia.

Kehadiran layanan terbaru itu juga bertujuan untuk mendukung terciptanya pengambilan keputusan berbasis insight bagi sektor UMKM.

Vice President Data Solutions Telkomsel Alfian Manullang mengatakan, layanan tSurvey.id dari Telkomsel hadir untuk membantu pelaku UMKM beradaptasi dengan perkembangan zaman melalui pemanfaat teknologi digital.

Untuk diketahui, meski jadi salah satu sektor industri yang berkontribusi besar terhadap perekonomian Indonesia, masih banyak dari pelaku UMKM yang belum memanfaatkan kehadiran teknologi digital.

Berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) pada 2022, hanya 32 persen dari total 64 juta UMKM di Indonesia yang terdigitalisasi atau memanfaatkan teknologi digital.

Artinya, masih ada sekitar 68 persen UMKM yang belum memanfaatkan teknologi digital untuk mengakselerasi perkembangan bisnisnya.

Sementara itu, menurut data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) pada Maret 2021, kontribusi UMKM terhadap produk domestik bruto (PDB) mencapai 61,07 persen atau setara Rp 8.573,89 triliun. 

“Layanan tSurvey.id akan menangkap berbagai insight dari seluruh pelanggan di Indonesia, mulai dari aspek kebiasaan, opini, hingga persepsi responden terhadap sebuah produk secara tepat. Dengan begitu, layanan ini dapat membantu UMKM untuk mengoptimalkan pemasaran dan penjualan produknya,” ujar Alfian dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (13/6/2023).

Alfian menambahkan, tSurvey.id hadir dengan beragam fitur yang user-friendly, efisien, dan fleksibel untuk dapat dikerjakan serta digunakan sendiri, baik oleh pelaku UMKM maupun periset.

Selain itu, layanan tersebut juga memiliki harga yang terjangkau dan didukung oleh kapabilitas yang kaya akan data insight telco dengan sejumlah keunggulan, mulai dari jangkauan basis responden yang luas, fitur targeting dan profiling responden yang akurat, serta keluaran hasil yang lebih cepat.

Permudah tentukan strategi bisnis

Platform tSurvey.id dapat mempermudah pelaku UMKM dalam menentukan strategi bisnisnya agar lebih berorientasi pada prinsip customer-centric.

Hal tersebut terbukti saat Telkomsel membantu brand sepatu lokal ternama, Brodo, dalam melakukan riset dan menggali insight berbasis data yang akurat dan berkualitas.

Tak hanya itu, berdasarkan hasil survei yang dilakukan terhadap 500 responden di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) dan Jawa Barat, tSurvey.id menemukan insight terkait preferensi konsumen dalam berbelanja barang fesyen.

Dalam survei tersebut, sebanyak 84 persen responden memilih untuk berbelanja barang fesyen secara online dengan alasan yang bervariasi. Sebanyak 44 persen di antaranya karena lebih mudah dan efisien, 40 persen karena kemudahan dalam membandingkan harga dan promo, serta 9 persen karena ketersedian variasi produk yang banyak.

Layanan tSurvey.id dari Telkomsel. Dok. Telkomsel Layanan tSurvey.id dari Telkomsel.

Berdasarkan hasil survei lebih mendalam, 38 persen responden memilih platform e-commerce sebagai kanal pilihan utama untuk berbelanja online, 25 persen responden memilih platform media sosial (medsos), 21 persen responden melalui situs resmi, dan 16 persen responden memilih menghubungi penjualnya secara langsung.

“Platform e-commerce menjadi pilihan favorit konsumen karena kemudahan dalam membandingkan produk, banyaknya diskon dan promo yang ditawarkan, serta tersedianya ulasan dari pembeli sebelumnya,” kata Alfian.

Kehadiran layanan tSurvey.id, lanjut Alfian, diharapkan dapat membantu para UMKM untuk dapat meningkatkan performa dan memperkuat posisi mereka di segmen pasarnya dengan memahami perilaku, preferensi, dan masalah pelanggan dari perspektif responden.

“Telkomsel melalui tSurvey.id berkomitmen untuk menjadi mitra strategis terdepan bagi lintas sektor industri yang dapat membantu mendapatkan wawasan berharga dari pasar dan pelanggan,” jelas Alfian.

Bagi yang ingin mengetahui hasil lengkap dari survei preferensi konsumen dalam berbelanja barang fesyen, silakan akses tautan berikut. Sementara, untuk informasi lebih lengkap mengenai layanan tSurvey.id, silakan klik tautan ini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com